One Day Before My First Tentamen

Posting blog dulu lah, buat refreshing. Hari ini, Jum'at 12 Oktober 2012 ada yang namanya tentamen. Buat yang asing sama istilah ini, tentamen itu semacam ujian praktik anatomi yang metodenya ada 60 soal yang harus dijawab, dengan waktu tiap soal 30 detik. Kamu yang menghampiri soal satu per satu, karena soalnya itu bentuknya tulang dan cadaver yang sudah diberi pertanyaan di dekatnya. Terus kalo udah 30 detik, bakal ada alarm jadi kamu harus segera pindah. Sulitnya lagi, tidak boleh ada coretan alias kalo dicoret otomatis salah.

Hahahahaha. Mungkin kalo aku pasang alarm yang bunyinya sama kayak pas tentamen, aku bisa langsung melek kali.

Tentamen aku di blok 1.1 kurang memuaskan soalnya aku remidi. Walopun aku gak nyangka aku bakal dapet 47,75. Aku dah terpukau banget tuh sama nilaiku. Kirain nilaiku gak bakal nyampe segitu. Soalnya, pas aku liat cadaver-cadavernya tuh. Omo, ini apa, ini apa,  aku gak tauu... Parah banget lah.

Ini gara-garanya aku kurang belajar. Di kuliah ini berat banget ya harus belajar terus. Padahal, menurut orang tua dan pakde ku juga, mereka gak pernah liat aku belajar, dan mereka bilang:
"lagi saiki ndelok kw sinau".
Haduh, bagaimana ini nasibku.

Tapi, ada yang lucu dari sehari sebelum tentamen pertamaku. Mulai darimana ya? Aku masih inget gak ya, udah lama banget sih.

Jadi gini. Sehari sebelum tentamen itu kalo gak salah jadwalnya cuma tutorial, dan tutorial itu biasanya jam 10 pagi. Tapi, jam 7.30 pagi aku udah nyampe FK. Pas itu aku lagi sibuk-sibuknya nyiapin yang namanya proposal PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Jam 7.30 aku janjian sama dr. Arta buat minta tanda tangan di Gedung RP lantai 6. Cus naik lift.

Aku sih janjian ama Hasna dan Rendi (secara mereka temen sekelompok). Tapi tapi tapi, mereka belum ada yang nyampe. Dan hari ini aku juga bawa-bawa kardus bekas kertas A4 yang isinya tulang belulang buat belajar anatomi guna menghadapi tentamen keesokan harinya. Sesampainya di lantai 6, di ruangannya dr. Arta, udah ada yang ngantri aja. Terus aku ngehubungin hasna ma rendi, minta ditemenin minta tanda tangannya. Kemarin aku udah ketemu ama dokternya sendirian, ampe aku mbolos kuliah. Haha, pengalaman pertama. Padahal, kuliahnya itu di dalam kelas kecil alias cuma ber-10 (satu kelompok tutorial). Yah, jadi keliatan banget aku lagi bolos. Dan ternyata, dosen atau dokternya ini tu salah satu dokter yang cukup ditakutin ama mahasiswa lain, walaupun dokternya cowok dan masih muda (Hahaha, asik banget deh kalo dosen-dosennya cowok dan masih muda.). Untungnya aku gak dapat masalah. Dan dosennya tu malah dengan ikhlas ngasih coklat ke kelompok tutorialku. Asik banget gak sih, dosen yang terkenal serem malah baik banget di kelompok ku.

Back to topic.
Akhirnya, temen-temen ku itu dateng juga. Pas kita mau minta tanda tangan, dokternya bilang:
"Maaf ya dek, ternyata saya sudah tidak bisa jadi dosen pembimbing proposal PKM kalian. Coba dr. Sunarti ya. Ini saya hubungi dr. Sunarti."
Udah dihubungin, untungnya dosennya bersedia. Fiuuh..

Habis dari lantai 6, langsung turun lagi ke lantai 1 buat belajar bersama asdos menjelang tentamen. Asdos anatomi kita yang satu ini namanya Mas Lingga. Kata orang-orang, dari luar Mas Lingga itu yang kayak anak nakal lah, yang sangar lah, dll, tapi kalo udah tentamen, beeeuuuh. Jagooo abiiiis. Keren bangeeet dah mas nya. Terus, ternyata mas nya itu juga udah punya pacar. Dan waktu itu aku sempet nguping mereka lagi ngomong-ngomong, gitu. Bukan lagi nggombal loh ya. Ini lebih bikin melting daripada gombalan yang bikin pengen ngelempar orang yang nggombal pake lemari. Bukan percakapan yang spesial ato apa sih, cuman Mas Lingga lagi nawarin ceweknya mau makan apa, terus beliin dia makanannya itu. Tapi, cara ngomongnya. Mas Lingga ngomongnya lembut bangeeet. Asli deh. Aku yang nguping cuma bisa bilang:
"Aaaah, iri banget punya pacar kayak Mas Lingga. Udah jago anatomi, baik, lembut lagi ngomongnya."

Jadi inget, waktu pertama kali aku praktikum anatomi di dunia perkuliahan ini, aku waktu pre test INHAL. Alias, nilai pretest ku gak nyampe 50% dari nilai tertinggi waktu itu. Karena itu praktikum pertama, rasanya gimana ya, momental banget lah. Praktikum pertama inhal.

Tiap inget suatu momen, aku jadi inget momen yang lain.

Jadi gini. Aku punya temen namanya Fredy. Dia dari Bali, namanya aja I Putu Gde Fredy Gunawan. Nah, dia waktu itu beruntung banget sekelompok sama aku pas acara Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK). Hehehe, bercanda. Yang ada mungkin dia sedih, nangis meronta-ronta begitu tau ada aku di daftar nama temen sekelompoknya.

So, waktu itu aku aku sama temen sekelompok LDK lagi ngerjain tugas buat outbond LDK. Fredy pas hari itu udah praktikum anatomi, dan dia inhal. Tapi, dia inhalnya karena dia salah belajar. Dia kira materinya ini, tapi malah itu. Eh, terus dia malah curhat. Galau gitu dia. Baru kali ini aku nemu orang baru kenal, udah curhat aja, mana curhatnya ke temen sekelompok lagi. Tapi seru, asik ada temen kayak gini.

Intinya aku cuma mau bilang, setelah tau kalo aku inhal,  pas ketemu Fredy aku langsung lapor:
"Fredy, aku inhal anatomi"
"Gakpapaa..."
Seru kan, bisa laporan. Hahaha, tapi  kejadian ini cuman terjadi sekali seumur-umur. Setelah momen LDK berakhir, aku ya jarang ketemu ama Fredy. Ohya, waktu outbond, Fredy malah sakit. Dia mabuk naik truk gara-garanya dia gak sarapan. Kasian banget, mukanya pucet gitu padahal biasanya riang gembira. Hehe, untungnya aku udah sarapan waktu itu, walopun hasilnya aku jadi telat.

Nah, pas praktikum anatomi pertama yang aku inhal itu, asdosnya Mas Lingga. Mas Lingga ngejelasin semua nya dengan jelas. Lucunya, tiap habis njelasin sesuatu, masnya liat aku, terus bilang gini:
"Jelas kan dek?"
"Ada yang masih bingung?"
"Ngerti kan?"
Hahaha, apa muka ku segitu blank nya ya, ampe ditanya gitu terus. Hahaha, mas nya tau banget kalo aku habis inhal.

Nah, di Sesi BELAJAR BERSAMA ASDOS MENJELANG TENTAMEN ini, Mas Lingga njelasin lagi beberapa materi yang mungkin keluar pas tentamen. Tapi, modelnya kayak tanya jawab gitu.
NAH LOOO, alhasil aku cuma diam seribu bahasa karena belum belajar. Hasna ama Rendi mukanya juga kayak agak bingung gitu.Ngeliat kita yang kayak udah gak punya harapan lagi, Mas nya tanya:
"Tentamen beneran besok dek?"
"Tentamen beneran besok?"
"Besok?"
"Masih ada 24 jam lagi kok. Semangat ya dek".

Mungkin Mas nya dalam hati heran. Ada nih mahasiswa sehari sebelum ujian tentamen, yang paling gampang kayak beginian aja gak bisa. Makan apa sih mereka.

Yah, begitulah Sesi BELAJAR BERSAMA ASDOS MENJELANG TENTAMEN berlangsung. Habis sesi ini, seharusnya tutorial. Tapi, tau apa yang terjadi? TUTORIAL DIUNDUR jadi siangan jam 1. ALHAMDULILLAAAH...

Alloh selalu tahu apa yang sedang diperlukan umatnya. Pemunduran jadwal merupakan berkah. Jadwal yang diundur selalu bisa jadi penyelamat nyawa yang ada di ujung tanduk. Alloh selalu memberi bantuan hingga ke hal-hal kecil seperti memundurkan jadwal ketika diperlukan.

Sesi BELAJAR BERSAMA ASDOS MENJELANG TENTAMEN berakhir ketika waktu menunjukkan pukul 10 kurang. Padahal aku ma Hasna ama Rendi janjian ketemu dr. Sunarti jam 11. Yaudah deh, seperti biasa, kita cus makan di IKM  (nama kantin).

Kita tuh hobi banget makan. Kalo yang lain kumpul-kumpul sambil belajar, kita bertiga malah kongkow di IKM. Kalo yang lain ditanya "semalem belajar apa", mereka bakal jawab "aku belajar ini bla bla bla". Kalo yang ditanya aku ma Rendi, jawabannya udah ketauan banget:
"Semalem aku ketiduran".
Yah, beginilah mahasiswa-mahasiswa sibuk macam aku. Sibuk makan tidur main makan tidur main.

Yaudah deh, kita makan di IKM. Aku lupa makannya apa. Tapi, menu favorit kita tuh nasi goreng, nasi kuning, ama nasi pecel. Terus kalo Rendi ama sup buah. Jadi, dia bisa habis 10 ribu sendiri buat makan. Aku sih ya mentok-mentoknya 6 ribu. Kalo gak pake telur, tapi pake mendoan, jadi 5 ribu. Dan, mendoan is the best!

Kita makan minum as usual, sambil ngobrol-ngobrol juga. Habis selesai, bayar, kita balik lagi ke gedung RP. Sambil jalan ke RP, kita mampir fotokopian. Tapi, aku lupa fotokopi apa. Ohya, waktu itu tuh Hasna juga lagi ngurusin proposal PKM nya dia yang satu lagi. Proposal PKM yang satunya ini syarat wajib buat daftar salah satu organisasi di Fakultas Kedokteran, yang namanya MSC. Aku juga ada proposal yang wajib ini, dua malah. Terus, dia juga lagi bingung ngurusin tanda tangan dosen pembimbing proposalnya. Dia satu kelompok sama Macho (Aaaa, Macho, dia tu pinter banget. Dia anak Pawitikra Jaya! Tapi, SMA nya dia ambil aksel, sekarang dia jadi kakak angkatan deh. Waktu ospek juga dia salah satu panitia. Dan waktu ospek, pas bagian halal bi halal, dia manggil namaku "eh, yufii..". Aaa, seneng dia masih inget aku --> yaiyalah, kan aku juga pake co-card yang ada namanya.).

Pokoknya, urusan tanda tangan ini sangat memusingkan, menyita waktu, dan menghabiskan tenaga.

Balik ke fotokopian.
Di fotokopian, yang fotokopi Hasna. Aku ama Rendi nunggu di luar. Tiba-tiba Rendi ngeliatin masjid di sebrang lapangan parkir. Tiba-tiba dia bilang:
"Astaghfirulloh, yuf. Aku lupa kalo aku PUASA!"
"PUASA REN? DAN KAMU UDAH HABIS GADO-GADO SEPIRING AMA SUP BUAH SATU GELAS" --> tiba-tiba aku inget dulu kita makan gado-gado.

Aku langsung ketawa nguakaaaaaaaaaak gak bisa berhenti-henti ampe aku nagis satu ember. Aku ketawa terus ampe gak kuat berdiri, ndeprok di lantai sambil megangin perut --> aku lagi ketawa apa lagi nahan kentut sih. Ini anak rada keterlaluan. Ckckck.

Habis itu, aku langsung lapor Hasna, lapor ke temen-temen setutorial yang lain. Tapi, gak ada yang responnya sama kayak aku. Emang respon ku berlebihan ya? Tapi beneran deh. Tau ada orang yang lupa kalo dia lagi puasa habis makan satu piring gado-gado+satu gelas sup buah tu ABSURD bgt.

Habis itu aku ketemu ama temen sekelompok PKM ku yang satunya buat minta kertas yang harus ditanda tanganin. Terus kita akhirnya ke RP dan berjuang kembali mencari tanda tangan. Aku ama Rendi, dengan tingkat ke sok tahuan yang tinggi, ngeprint di ruang kerja nya dr. Sunarti. Akhirnya, dapet juga tanda tangan.

Kayaknya bahis itu tutorial. Habis tutorial, aku sama Hasna sama Rendi ke KPTU buat ngumpulin lembar pengesahan yang udah ditanda tanganin karena batas pengumpulan adalah HARI ITU. Eh, ternyata pas sampe KPTU, gak bisa dikumpulin di sana. Ngumpulinnya sekalian pas workshop, yaitu pukul 15.00 di ruang kuliah lantai 5!

Ohya, sebelum nya, habis tutorial, si Agung minta tulang belulang yang aku bawa tadi. Yaudah, jadinya aku kasihin aja.

Nah, pas keluar KPTU, di belakang kita ada Mas Guntur. Mas nya pernah jadi MC suatu acara. Eh, tiba-tiba aku inget Agung yang tadi bawa semua tulangnya. Aku jadi mikir, gimana nanti aku belajarnyaaa. Aku jadi refleks nepuk dahi keras, sambil bilang dengan suran yang cukup keras:
"ADUH, GUNTUR".
Yaampun, padahal aku tuh mau ngomong "ADUH, AGUNG". Eh, yang keluar dari mulut malah Guntur.
Aduh, gila langsung panik. Semogaaaa, Mas nya gak denger, atau Mas nya gak ngeh.

Setelah dari KPTU, Rendi pulang soalnya belajar anatomi, dan mau BUKA PUASA. Aku sama Hasna, masih berjuang mengumpulkan lembar pengesahan di ruang kuliah lantai 5. Kita naik ke atas, pake lift sampe lantai 3 (soalnya lift nya cuma sampe situ). Terus kita lanjut naik tangga. Kita absen dan ambil snack. Ternyata, snack nya HOLLAND. WUIIIIIH ASIIIK BGT. Kebeneran lagi laper gini. Aku langsung sms Rendi: "Rendiii, kita dapet snack HOLLAND lhoo, enak banget sumpah Ren!".

Yah, beberapa saat kita di sana sampe masalahnya kelar dan lembar pengesahan udah bisa dikumpulin sehingga berpindah tangan, aku sama Hasna pun akhirnya bisa pulang. Yah, mungkin waktu itu udah sekitar jam 5 an.

Di saat sehari sebelum tentamen, di mana temen-temen yang lain lagi SIBUK BELAJAR. Aku justru mengalami hal-hal yang sudah diceritakan di atas. Versi aslinya lebih crowded, ampe stres mikirin tanda tangan, bolak-balik kesana kemari. Asli capeknya. Daaaaan, belum belajar anatomi!!! Hahaha.

Akhirnya, malemnya aku nginep di asrama Hasna, biar aku bisabelajar tanpa ketiduran. Tapi, nyatanya aku tetep ketiduran. PELOR BANGET deh emang ya. Alhasil, udah dibela-belain ngungsi di tempat Hasna, ternyata cuma pindah tidur doang.

Comments

  1. Hahaha! Yang rendi lupa puasa itu aku juga ngakak kok yuf bacanya XD

    ReplyDelete
  2. ahaha, gela hahaha xD
    udah expired yuf masalah PKM sama tentamen 1.1, cerita ttg 1.2 dooong :3

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa