Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

Perjalanan masih panjang, ini baru part 2. Entah sampai part berapa aku bisa bertahan nulis cerita tentang KKN. Karena kadang aku pengen nulis tentang sesuatu, tapi enggak aku terusin di tengah jalan. Semoga cerita KKN ini kelar yak.

Kalau misal ada anak unit KKN ku yang baca, percayalah pada awalnya aku gak suka KKN. Aku sedih banget waktu Ayahku pulang ke Jogja dan aku harus tinggal di Soropaten (ini nama desa lokasi KKN ku). Aku sedih banget dapet pondokan di Pandanan (ini dukuh wilayah subunitku). Aku sedih banget engga satu rumah sama Hasna dan Gedy. Aku sediiih bangeeet. Pandanan itu dukuh paling jauuuuh. Aku mau ngapain kalo bosen di Pandanan??? Mau main ke pondokan Hasna atau Gedi jauuh :((

Percayalah, waktu tau temen-temen satu sub unit aku bingung mau temenan sama siapa. Yang anak kedokteran, ada Gaby sama Abida. Mereka berdua asdos anatomi, which means, mereka berdua mungkin akan jadi satu paket. Tinggal Choo. But, Choo? Mungkin aku bakal susah akrab sama Choo. Habibah? Kayaknya susah juga buat dideketin. Adhi dan Wulan Satiti, kayaknya bakal jadi satu paket juga.

Omg, minggu pertama di pondokan tuh rasanya beraaaaat banget. Kalo kamu tanda tangan di absensi, rasanya liat banyak banget kolom yang masih kosong tuh. Astagaaaa, kalau mau countdown juga masih 58, 57, 56, 55, hari lagi, dst, dst. Sedih banget. Homesick. Ampe kalo tiap Sholat Subuh, sering nangis sendiri TT____TT

Udah gitu belum akrab sama siapa-siapa. Terus program belum jelas. Jadi banyak gabut di pondokan yang bikin makin sedih. Tiap pagi, pada bantuin Ibunya masak. Ya aku paksain juga buat bantuin masak meskipun gak bisa bantu banyak. Awal-awal masih risih sama kamar mandinya. Aargh.... Terus habis masak, atau sebelum masak, bantuin nyapu. Tidak lupa mencuci baju. Ini bukan gue banget.

Pokoknyaa, aku seneeeng banget kalo misal kita ada rapat di rumah Bu Lurah. Aku seneeeng banget sempat main di rumah Gedi waktu siang-siang sama Abida. Kita ketawa haha-hihi sambal liat Instagram @d_kadoor (kalo gak salah ya). Aku seneeng banget kalo main ke rumah Hasna. Dulu aku sering main ke pondokan lain sama Abida. 

Siang itu kita main ke rumah Hasna. And you know they do? Sumpah aku gak habis pikir ini ide siapa. Mereka gabut banget. Saking gabutnya, mereka di dalem pondokan main gelembung udara yang pake sabun. Mainnya bukannya diluar, tapi di dalem pondokan. Udah gitu mereka mager banget. Kenapa mager? Karna saking magernya niup air sabun, mereka bikin gelembung udara pake kipas angin. Bayangkan! Banyangkaan!! Udah gitu gelembung udaranya buat hiasan foto-foto. Wkwkwk. Habis dari rumah Hasna, terus ke Pustu nganter surat. Habis itu ada tawaran beli bahan-bahan program sama Bu Lurah. Untungnya lagi di Bentungan. Aku sama Abida langsung cus jalan kaki ke rumah Bu Lurah. Kita akhirnya jalan-jalan belanja beli senter sama bibit tanaman naik mobil Bu Lurah. Sumpah itu rasanya seneeeeeeeng buangeeeet. Bisa keluar dari desa dan halan-halan naik mobil. Aku juga sempet jajan cappuccino cincau sama Abida buat menu buka puasa.




Aku juga seneng banget waktu kita ada acara konvoi naik motor. Soalnya yaa kita bisa jalan-jalan. Waktu itu aku nebeng Kak Jack. Yeee, Kak Jack is the most “baik” guy in our unit. Terus ada program bikin Menara tugu waseso. Aku juga seneng bangeeet ngerjain program ini. Soalnya ngerjain nya di rumah Hasna. Jadi bisa ketemu Hasna, dan Gedi juga, dan Rizki juga. Jadi bisa ketawa haha-hihi disana. Pokoknya aku seneng banget kalo main keluar dan bukannya ngendon gak ada kerjaan di pondokan.

Oiya, waktu awal-awal banget, kita pernah nyebar undangan ke 6 RT. Aku-Habibah-Choo satu tim. Wulan-Gaby-Abida satu tim. Mereka nyebar ke RT 1-3, tim kita nyebar ke RT 4-6. Ada kejadian lucu waktu nyebar undangan. Choo, pernah ngetuk pintu dan memberi salam,
Choo:”Nyuwun sewuuuu...”
Aku:”Lhoh, lhoh, Choo.. Bukan nyuwun sewu, tapi kulo nuwuuuun...”
Hahahahaha. Mana nadanya Choo kalo ngomong Bahasa Jawa tu naik, bukan turun atau datar atau gimana. Tapi nadanya naik aja. Khas lah pokoknya. Apalagi kalo pas ngomong: “injih Buuuuu...” Hahahahaha.

Enaknya pas nganter undangan ini tu pas ke rumah Pak Arno dan dibikinin minum teh. Jadi, walopun nanti yang paling akrab sama Pak Arno tidak lain tidak bukan adalah Adhi dan Wulan, orang yang pertama kali ketemu sama Pak Arno, Bu Asih, dan Pandu adalah Choo-Habibah-dan aku. Hahahahaha. Kita dibantuin nganter undangan di RT 5 sama Pandu. Syukurlaaah... Terus yang aku inget banget juga, pas nganter undangan di RT 6, Gaby bantuin kita. Dan Gaby menyesal ikut kita Karena capeeeeek banget nyebar undangan ke RT 6 yg rumahnya banyaaaak banget. Di RT 6, kita ketemu keluarga pak Yayat yang asalnya dari Sunda. Jadi nyambung ngomong sunda sama Habibah. Terus, aku sama gaby ketemu Pak Adam. Dimana, Pak Adam nawarin kita ber-7 untuk tinggal di sana.
Pak Adam:”Sini mbak, KKN nya nginep di tempat saya saja”. Dan, rumahnya Pak Adam baguuus.
Aku sama Gaby dalam hati:”Mauuuu Paaaak....” :((
Oiya, siangnya, pas nganter undangan ke RT 4, kita bertiga ketemu Pak Mubasir. Pak Mubasir adalah Pak RT 4, Bapak RT pertama yang kita temui.

Oiya, pas ngerjain tugu waseso itu kayaknya aku udah mulai happy. Soalnya ada Rizki. Dan Rizki selalu berhasil bikin ketawa ngakak dengan joke-joke nya. Terus aku, Gedi, Nikko, sama Rizki juga sering bikin vlog-vlog geje pas awal-awal KKN. Di rumah Hasna juga ada Doni, ni anak kocak-kocak nyebelin sih. Pokoknya Doni paling nyebelin waktu malem-malem sehabis ada sosialisasi program di Bangsal (kaya aula pertemuan dusun gitu deh). Dia pake ngode-ngode minta dibikinin minum kopi. Dan aku pikir, “Ngapaiiin gitu lho. Lagian itu rumah bukan rumah gue, ngapain dia minta dibikinin kopi. Lagian kita sama-sama anak kkn, ngapain dia minta dibikinin kopi. Heran gue. Di rumah aja gue gak pernah bikini kopi kecuali ada tamu Pakde or Bude yang request minta kopi instead of tea. Gak ngerti lah gue.” Tapi akhirnya kita bikinin milo, karna gue gak punya kopi.

Oiya, habis sosialisasi juga kita kan cuci piring. Jadi waktu itu kalo gak salah yang cuci piring, aku-April-Wulan Satiti-Doni. Ini juga ngeselin moment. Dan entah kenapa, April adalah anak cewek yang sukanya ikutan nge bully, bukan nya ngebelain. Aku yakin banget jam tanganku sama April samaan, tapi liat apa yang terjadi.
Waktu cuci piring, aku ngeliatin jam tanganku yang kayaknya basah kena air.
Doni: “Kamu yuf. Tadi dikasih kerjaan kering malah marani banyu. Sekarang, jam tangan nya kena air. Awas rusak jam tangannya.”
Aku: “Eh Pril, btw, jam tangan kita samaan lho!”
April: “Aku lagi gak pake jam tangan tu yuf.”
Doni dan April: “Hahahahahahaha”
Huaaaaa kesel -________-

Maaf ya kalo ceritanya sungguh tidak beraturan. Loncat kesana kemari. Karna tetiba suka inget sesuatu dan langsung aku tulis dan aku sambung-sambungin aja. Hehe.

Sejak saat ituuu, keadaan mulai mencair. Kesedihan mulai pudar. Ceileh. Suatu malam, kita lagi kumpul. Ada aku, Habibah, Abida, Choo, sama Adhi. Kayaknya Gaby lagi pulang Karena sakit, Wulan Satiti juga pas lagi pulang nginep Jogja.

Adhi: “Yuf, Choo mau ngomong sesuatu sama kamu.”
Aku: “Apa Choo?”
Dengan sedikit saling lempar siapa yang mau ngomong, akhirnya Choo angkat bicara,
Choo: “Yufi, kamu expressionless.”
HUAHAHAHAHAHA. YA EMANG CHOO. KAMU GAK TAU ANDAN BILANG AKU POKER FACE. IZZA JUGA BILANG AKU DATAR. AND I KNOW THAT. ME MEMANG DATAR ALIAS POKER FACE.

Hahahahaha. Terus setelah itu, entah kenapa kita jadi main truth or truth. Terus Adhi ngejekin, katanya waktu perpisahan aku disuruh stand up comedy.
Adhi: “Yuf, besok perpisahan kamu stand up comedy.”
Hahahahahaha. Terus sejak itu, apapun yang aku ceritain, aku ngomong apa pun, Abida pasti ketawa ngakak. Aku lupa yang lainnya ketawa juga apa enggak.
Terus pas truth or truth, ada pertanyaan, apa yang paling kamu sukai dari dirimu? Terus aku jawab bulu mata. Terus Adhi foto aku close-up, terus di-zoom matanya. Ncen nyebai banget. Terus ditanya juga kenapa kamu milih fakultas mu sekarang. Terus aku jawab soalnya banyak cowok ganteng. Terus pada ketawa lagi. Terus jawabannya Adhi,
Adhi: “Soalnya aku terpukau liat mesin-mesin di pelabuhan, chipnya (?) sebesar paha Habibah” à cen ngawur Adhi ki.
Hahahahaha, ketawa lagi. Terus ditanya, apa yang kamu suka dan kamu gak suka dari anak-anak yang ada disini.
Habibah: “Yang aku gak suka dari Yufi, ya itu tadi. Soalnya dia datar. Jadi, kalo kita dah ngomong panjang lebar menggebu-gebu, dia tetep aja datar. Jadi kan kita bingung dia ni excited enggak sih sama apa yang kita omongin.” à hehe, aku dengerin kok, dan aku excited. Tapi ya maapin kalo mukanya datar yak.
 Trus aku bilang ke Adhi,
Aku: “Yang aku gak suka dari Adhi, kalo bercanda jayus, ketawanya nyebelin, senyumnya nyebelin, kalo ngomong nyebelin, pokoknya semuanya nyebelin. Yang aku suka, Adhi ndeso, jadi bisa gampang berbaur sama yang lain”.
Huahahahahaha, terus pada ngakak. Mereka mungkin telah sadar, ada sisi jahat dalam diriku. Aku bukan pure anak pendiam, aku punya sisi yang lain guys.
Terus aku lupa pertanyaannya apa, tapi aku inget sebuah jawaban yang juga bikin ketawa,
Adhi: “Aku suka main sepak bola, diliatin kembang desa.”
BUSEEEET, apa apaan. Bener kan ndesooo...
Terus Abida cerita tentang medical fun fact.
Abida: "Aku ada medical fun fact yang aku suka. Jadi, waktu kita ada di rahim, kita minum pipis kita sendiri lhoh."
Habis itu, aku ditanya Habibah: "Medical fun fact mu apa yuf?"
Aku: "Mmmmmm...." silent moment.
Dan pembicaraan pun berlanjut hingga larut malam.

Hahahahahaha. Mungkin ini malam penuh tawa pertama yang kita punya. Ketawaaaaaa terus isinya, apalagi Abida. Aku ngomong apa, Abida ketawa. Aku cerita apa, Abida ketawa. Tapi sementara ini aku lupa pembicaraan lain apa yang bikin kita ketawa malam itu.


To be continued dulu yhaa.. dan malem bgt e. Sampe NET tv dah gak ada siaran lagi. Bye bye, see you on the next chapter.

NB. Untuk nama-nama yang tercantum di atas, kalo ada tulisan yang kurang berkenan silakan bilang ya, dan mohon maaf sebelumnya...

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

99 Naga di Langit Eropa