Sweetest-2-months part4: Trio Wek Wek

Ini adalah part yang paling aku tunggu-tunggu. Mungkin bakal jadi cerita yang panjaaang banget gak ada habisnya. Oiya, sebelum nulis blog ini aku bikin draft dulu mau nulis apa. Dan dalam pembuatan draft tersebut saya dibantu oleh rekan saya Wulan Satiti. Oke langsung aja mulai cerita.

Jadi, Trio Wek Wek ini tercetus karena kami bertiga adalah orang yang paling betah di pondokan. Bukan paling betah sih, itu gue doang. Tapi yang mau enggak mau, karna terpaksa, karna kondisi yang tidak memungkinkan, kami bertiga jadi orang yang jarang pulang ke jogja. Alhasil terbentuklah bonding dan kepercayaan diantara kami bertiga. Kami bisa saling cerita apaaa aja, bahkan yang paling dirahasiakan sekalipun (lebay sih, hehe). Kami adalaaaah... Sat, Mbak Gab, dan Yupil.


Kalo ceritanya lompat sana lompat sini harap maklum ya...

Kami mungkin punya beberapa kesamaan. Salah satu kesamaan kami adalah sama-sama penakut! Jadi, konon ceritanya di rumah pondokan kami yang baruu.. (Iya, kami punya 2 rumah pondokan. Yang pertama di RW 1, yang kedua di RW 2. Sebulan pertama di RW 1 bersama Bapak dan Ibu Syamsuri. Teruus, karena alasan tertentu kita pindah ke RW 2 di rumah kosong punya mertuanya Pak Nugroho). Di rumah pondokan kami yang baru, karna itu rumah kosong, dan rumah tua, emang nyeremin sih. Dan kayak yang aku ceritain di part sebelumnya, di rumah itu banyak "itu"nya. Itulah pokoknya ngerti kan ya enggak usah dijelasin. Nah, kami tu takuuut banget pindah ke rumah kosong itu. Aku sama Mbak Gab sampe mengutarakan apa yang pernah Pak Adam sampein ke kita,
Aku: "Itu, di RT 6 ada Pak Adam yang pernah nawarin kita buat tinggal di sana".
Tapi, kata Pak Syamsuri, istrinya Pak Adam galak. Dan aku merasakan nya sih, tatapan istrinya Pak Adam rada menyeremkan, hehe.
Tapi aku gak berhenti sampe di situ, aku mengide lagi,
Aku: "Gimana kalo kita tinggal di rumah Pak Nugroho aja (rumahnya bagus ciin). Kita rela pak jadi pembantu di sana. Bapak bisa dapet 5 pembantu, ditambah 2 tukang kebun atau supir Pak".
Cara kedua ini juga enggak berhasil. Wkwk, yaiyalah. Alhasil, kita pun akhirnya tetep pindah di rumah kosong itu.

Kita tu takuut banget ke kamar mandi di rumah yang baru. Kita punya beberapa rules seperti, enggak mandi kalo udah sore diatas jam 16.00 WIB dan yang pasti kalo satu mau ke kamar mandi, semuanya ikut ke kamar mandi. Entah itu mau hasrat ingin vivis, panggilan alam, ganti baju, cuci muka, cuci tangan, cuci kaki (kek anak kecil aja), atau sikat gigi di malam hari. Biasanya adegannya gini,
Mbak Gab: "Aku mau pipis..."
Aku: "Ikuuuut..."
Sat: "Aku juga ikuuut..."
Begitu seterusnya. Pertemanan kami ini berasaskan solidaritas Man. Satu ke kamar mandi, semua ke kamar mandi.

Nah, selain penakut, aku sama Gabby punya banyak kesamaan lainnya (maaf ya kali ini Sat gak include, hehe), yaitu:
1. Duo ansos. Kita jadi duo ansos karena kuota sosial kita terbatas. Ada kalanya dimana kuota sosial kita habis. Jadi, kita bakal milih menghindari segala macam bentuk sosialisasi dengan orang lain. Misalnya, dulu pas di pondokan lama, aku sama Gabby sering banget mau njemur handuk enggak jadi karena di sana ada Pak Syam. Kita nunggu Pak Syam pindah baru njemur handuk. Kenapa? Soalnya kalo ketemu Pak Syam pasti diajak ngobrol sementara kuota sosial kita udah habis.
2. Duo kolesterol. Huahahaha, ini kocak banget. Kita, anak kedokteran, tiap hari keliling ke rumah warga nge-cek-in gula darah, asam urat, sama kolesterol. Habis itu edukasi warga buat menjaga pola makan sehat seimbang. Eh, gak taunya pas kita cek kolesterol, kita berdua kolesterolnya tinggi di atas 200. Aku sih yang paling tinggi, hiks hiks. Eh tapi kita gak sendiri, karna ternyata Adhi juga kolesterolnya di atas 200, wkwk.
3. Duo anti anak kecil. Kita berdua gak terlalu suka sama anak kecil. Apalagi kalo pas kuota sosialnya habis. Pernah suatu siang, di rumah cuma ada aku, Gabby, Habibah, sama Abida. Kita waktu itu masih di Pondokan lama. Kita berempat semua ada di basecamp kita sekaligus kamar cowok, sekaligus tempat bimbel. Habibah lagi tidur siang. Aku sama Gabby lagi tiduran-tiduran sambil ngobrol habis dari keliling rumah warga. Terus, tiba-tiba kita mendengar suara anak kecil,
Anaknya Pak Wardoyo: "Mbak K K N........ Mbak K K N....."
Terus aku langsung panik.
Aku: "Gab! Anak kecil gab! Gimana ini?? Apa yang harus kita lakukan??"
Gabby: "Pura-pura mati!!"
Aku: "Mantap gab, pura-pura mati".
Kita berdua langsung pura-pura tidur siang nyusulin Habibah. Kita bener-bener gak berkutik. Wkwkwkwk.
4. Duo HP Oppo. Kita berdua hp-nya sama-sama Oppo.
5. Duo enggak bisa minum tablet ataupun kapsul. Aku sama Gabby sama-sama gak bisa nelen tablet ataupun kapsul. Kata Gabby, sampe dia kembung kebanyakan minum air, tablet yang dia minum berlum berhasil ditelan juga. Aku juga gitu. Kalo minum tablet, biasanya aku kunyah biar jadi kecil-kecil dan bisa kutelan. Kalo minum kapsul, aku buka bungkusnya terus jadi puyer. Hehe.

Nah, kalo Wulan kebalikannya kita. Dia itu suka banget sama anak kecil. Suka sama irvan, Ita, apalagi Amira (anaknya Bu Ambar dan Pak Bas). Wulan juga suka banget sama Galang (anaknya Bu Yami). Pokoknya kalo ada anak kecil digendong-gendong ama Wulan. Sumpah Wulan seneng banget sama anak kecil. Dia sampe pernah pasang profile picture pas gendong anak kecil. Gegara ini Wulan sampe digosipin guru-guru SD 01 Soropaten.
"Mbak Wulan udah punya anak ya"
"Mbak Wulan udah pengen nikah ya"
WKWKWK, hayoloh digosipin guru SD.

Sekarang, gantian kita ngomongin Wulan Satiti. Wulan Satiti ini, atau yang akrab dipanggil Sat, kadang tidak sesuai dengan namanya. Maksudnya? Jadi, namanya kan Satiti, tapi Wulan ini suka ceroboh dan lupa naruh barang dimana. Lupa naruh charger sudah biasa. Lupa naruh hp dimana sudah biasa. Lupa naruh jam tangan, lupa naruh fotokopian KK, lupa naruh laptop, dst, dst. Pernah suatu hari, Wulan lupa naruh tas di salah satu rumah warga. Kok bisa?
Jadi, ceritanya Wulan lagi ikut Choo buat keliling di rumah warga RT 6 buat pemeriksaan kesehatan sekalian mintain fotokopi KK atau akte kelahiran. Karena rumah di RT 6 itu banyaaak bangeeet mungkin Choo sama Wulan kelelahan dan kurang aqua (Ada aqua? Malah iklan). Alhasil, Wulan kurang konsentrasi dan ini bikin tas nya ketinggalan di salah satu rumah warga. Karena capek, Wulan pulang ke rumah. Tapi, Choo, sang gentleman kita yang meskipun sudah lelah-letih-lemah-lesu nyariin tas nya Wulan sampe ketemu. Dan akhirnya beneran ketemu. Emang terbaeeek lah Choo ini.
Berkat tragedi tas ilang ini, mereka langsung terkenal seantero RT 6. Tiap ketemu Ibu-ibu,
Ibu-ibu 1: "Mbak, tasnya ketemu?"
Ibu-ibu 2: "Mbak, tasnya yang kemarin hilang ketemu?"
Ibu-ibu 3: "Mbak, kemarin tas nya ketemu di rumah siapa?"
Wkwkwk. Pokoknya, tiap ketemu Ibu-ibu pasti yang ditanya langsung perkara tas hilang, wkwk. Jadi makin terkenal deh Choo, artis Pandanan kita.

Kesamaan kita yang lainnya adalah, kita suka micin!!! Hahaha. Pernah suatu hari Wulan pulang ke Jogja, terus dia nawarin kita mau dibawain apa dari Jogja.
Wulan: "Guys, kalian mau dibawain apa?"
Gabby: "Miciiin!!"
Aku: "Bawain serbet Wul.." (wkwk, di kkn ini aku luamayan ada peningkatan lho dalam hal pekerjaan rumah. Walopun pas pulang dari kkn, balik lagi jadi pemalas, wkwk)
Akhirnya, balik ke pondokan Wulan bawain kita suplai micin tingkat dewa, yaitu Chitato!! Hahahaha. entah kenapa, wangi micin nya Chitato itu, yampun, micin biangeett. Katanya Wulan, Gabby suka banget Chitato, kecuali yang rasa keju.

Nah, gegara kita suka makan micin, kita sering melakukan kegloblokan nomor sekian-sekian. Maaf ya agak kasar bahasanya. Hehe. Pertama, kita jadi sering kalah main UNO (kita? itu gue aja sih). Tapi, Gabby juga ding. Dia tuh seriiiing banget pas main UNO, kartunya dia tinggal satu, terus dia sering lupa bilang UNO (tapi untungnya kita lawan mainnya gak ada yang sadar), atau kartunya dia kan tinggal 1, terus dengan pede-nya dikeluarin lah tu kartu. Terus Gabby seolah-olah menang. Padahal, kartu yang dia keluarin itu udah warnanya beda, angkanya juga beda. Jadi dia enggak jadi menang. WKWKWK. Atau, waktu itu kita pernah main UNO perdana di Pitados, Klaten. Kita main UNO pake peraturan baru yaitu kalo nyebutin angka kita harus ambil kartu sebanyak angka yang kita sebutkan. Waktu itu, yang paling sering nyebutin angka itu Adhi. Hahahaha. Dia agak kalahan waktu main UNO di Pitados. YES!! Terus, suatu ketika, Gabby dengan polosnya nanya,
Gabby: "Ini jam berapa ya?"
Aku: "Jam setengah sepuluh"
Lhaaah. Kan aku jadi nyebut angka. Wkwk, Tapi ini Gabby bukan mau menjebak, tapi beneran tanya jam. Tapi, ya mau gimana lagi terlanjur nyebut angka.
Wulan juga pernah nih, kalah waktu main UNO. Waktu itu yang main UNO kalo gak salah aku, Gabby, Wulan, sama Habibah. Waktu itu udah ada aturan baru lagi. Kalo kamu ngeluarin kartu nol, kartu nya geser ke temen sebelahmu kayak kalo pas lagi mau neliti kertas ulangan. Nah, pas nerima kartu, kayaknya kartunya Wulan bagus-bagus gitu deh. Terus Wulan nanyi,
"Kemenangan adalah milik, orang-orang yang berjuang yang berjuang"
Eh, habis selesai nyanyi itu, ada yang ngeluarin kartu nol. Hahaha, jadinya kartunya diputer dan Wulan dapet buanyaak banget kartu dari sebelah. Batal menang deh. Makanya, peraturan pertama selama main kartu adalah: Tidak boleh sombong.

Masiih banyak lagi kegoblokan nomer sekian sekian. Salah satunya ada yang baru terjadi di akhir-akhir kkn, jadi aku masih inget banget.
Waktu itu, aku lagi sibuk ngerjain video pemaparan program buat malam perpisahan kkn kita sedangkan Wulan sama Gabby sibuk latihan nari Lesung Jumengglung buat pentas di malam perpisahan. Jadi, pada hari itu, Wulan dan Gabby pergi berdua naik motor. Adhi dah hilang entah kemana. Tinggalah aku sendirian di rumah. Sendiri :"
Kalo lagi sendiri di rumah, aku nyetel tv, nyalain musik dari hp (walopun playlistku cuma 4, jadi mau gak mau lagu yang diputer ituu terus: Cake by te ocean, Amnesia, Almost is Never Enough, sama Sucker for Pain. Random ya lagunya), dan nayalain kipas angin. Kalo kata Rizki, Like a Boss.
Nah, agendanya Wulan sama Gabby di pagi itu adalah nganter undangan malam perpisahan buat Pak RW 3. Datanglah mereka ke rumah Pak RW. Di sana mereka ketemu Bapak-bapak bertopi.
Wulan: "Nyuwun sewu Pak, badhe tanglet (maaf Pak, mau nanya). Pak RW teng pundi nggih Pak? (pak RW dimana ya Pak?)."
Bapak-bapak bertopi: "Lha pripun to Mbak? (Lha bagaimana Mbak?)."
___ silent moment ___ (Wulan dan Gabby saling berpandangan)
Bapak-bapak bertopi: "Lhooo, pangling po Mbak sama saya?" (Kata Bapak-bapak tadi sambil buka topinya).
LHAAAH, ternyata orang yang mereka ajak omong dari tadi tu Pak RW!!! Padahal Gabby tu dah berkali-kali kesini ketemu Pak RW, wkwk. Alhasil Gabby ngeles,
Gabby: "Oiya Pak, pangling lha Bapak pake topiii." (sambil nunjuk topinya)
Asli kejadian ini tu lucuuu banget. Ngelesnya Gabby tu lho, Lha itu soalnya Bapak pake topi. Wkwkwk.

Kegoblokan nomer sekian sekian yang lain yaitu pas kita lagi hectic-hectic nya ngerjain laporan kkn. Ada laporan rencana kegiatan, laporan pelaksanaan kegiatan, kartu I-1, dsb. Selama kkn, flashdisk yang dibawa sama anak-anak se subunit jadi milik bersama. Mana flashdisknya sama semua lagi, Toshiba warna putih. Waktu itu aku habis pinjem flashdisknya seseorang. Terus habis itu, flashdisknya dipake Gabby buat ngumpulin laporan dia ke laptop Adhi. Pas Gabby nyolokin flashdisknya ke laptop,
Gabby: "Kok lama ya gak masuk-masuk flashdisknya".
Aku: "Eh, masa sih Gab, tadi tak pake fine-fine aja. Yang ini bukan sih".
Adhi: "Bukan, ini punya ku".
Aku: "Lhol, lhoh, kok gak adaa??"
Terus kita panik.
Terus Gabby ngecek flashdisknya lagi.
Tiba-tiba,
Gabby: "Bodoh, ini bukan port USB. Wuahahahahaha".
Walaaah. Huahahahahaha. Yaiyalah pantesan gak masuk orang flashdisknya salah colok. Wkwkwk. Kegoblokan nomer sekian sekian.

Sudah cukup kegoblokan nomer sekian sekian nya. Sekarang, mari kita kenali anggota trio wek wek satu per satu.

Yupil. Aku di kkn, sama aku di rumah itu bedaaaa banget. Di rumah aku tidurnya cepet banget. Habis makan malam biasanya aku dah ngantuk berat. Bahkan aku pernah ketiduran tepat setelah makan malam. Tidurnya dalam posisi duduk, tanganku masih megang piring, wkwk. Terus di rumah aku bangunnya siang, dan jarang banget mau ngelakuin pekerjaan rumah.

Tapi, di kkn aku lumayan rajin dan gak pelor-pelor amat. Pelorku baru muncul pas udah minggu-minggu akhir kkn. Tapi, sekalinya pelorku muncul, pelornya paraaaah banget ampe temen-temen sepondokan kezel. Pelor yang parah banget tu pas H-1 kepulangan kita dari kkn. Waktu itu siang mau sore, aku dah habis beres-beres pondokan. Tapi aku cuma beres-beres sebentar. Habisnya anak-anak yang lain masih pada sibuk dan turun hujan. Yaudah, aku berhenti beres-beresnya yang baru sedikit, terus tiduran. Ya aku ketiduran lah pasti. Aku udah dibangunin berkali-kali sama Wulan, Habibah, dll enggak bangun-bangun. Bahkan aku sampe gak Sholat Ashar karna pas bangun udah Maghrib.Parah bgt. Katanya saking aku gak bisa dibangunin, katanya Adhi udah mau narik kasurnya aja soalnya mau diberesin. Dan parahnya lagi, ketika aku banguun, udah ada pacarnya Habibah yang mau jemput Habibah pulang. Huaaa, kan malu banget. Dan yang lebih lebih parah lagi adalah ketika aku bangun, pondokan udah bersih sebersih bersihnya. Udah kelar diberesin seberes beresnya. Astagaa, aku merasa bersalah buanget. Ketika yang lain pada sibuk beres-beres, aku dengan enaknya tidur dan gak bisa dibangunin :"
That's my power of "pelor".

Habis bangun tidur aku langsung mandi, trus pas aku mandi Habibah pulang, jadi gak sempat cipika cipiki, trus habis itu Sholat Ashar dan Maghrib, terus habis itu lanjut silaturahmi ke rumah Pak Nugroho (Papaaaa), Pak Arno, Bu Lurah dan Pak Dukuh.

Cerita tentang pelornya Yupil bukan itu aja. Pernah suatu malam, si Wulan ini kebelet pipis dan pengen ke kamar mandi. Yaiyalah, masa kebelet pipis pengen ke taman impian jaya Ancol -___-
Terus kami yang lain udah pada tidur semua. Berdasarkan asas solidaritas, kalo satu ke kamar mandi, yang lain juga ikut nemenin. Jadinya Wulan mencoba untuk membangunkanku buat nemenin dia. Percobaan pertama mbangunin yufi, gagal. Percobaan kedua, gagal. Percobaan ketiga, gagal. Begitu seterusnya sampe Wulan putus asa. Akhirnya dia ganti mbangunin Gabby. Percobaan pertama, ga...gak gagal alias berhasil. Mereka berdua langsung ke kamar mandi setelah Gabby bangun. Wkwkwk. Maapin aku ya Wul. Wulan juga mbangunin nya terlalu lembut. Kayanya kalo mau mbangunin aku harus brutal, misalnya narik kasur (?) wkwk.

Dan cerita pelor yang terakhir adalah ketika main UNO. Waktu itu para cewek-cewek lagi main UNO, karena kayaknya kok jam belum terlalu malem. Jadi kita memutuskan untuk menghabiskan waktu dengan main UNO. Kita enggak berani tidur awal, takut kalo nanti malemnya kebangun, sendirian, dan gak bisa tidur lagi karena dah enggak ngantuk. Pemain UNO pada malam hari itu adalah Habibah, Wulan, Gabby, dan aku. Kita main seperti biasa, dan seperti biasa juga aku kalahan! Huft. Kenapa kalo main UNO malem-malem aku pasti kalahaaaaan??? Enggak adil!!
Untungnya, hukuman bagi yang kalah malam itu hanyalah "Truth or truth". Bukan dipasang jepitan jemuran atau mukanya dicoret-coret pake lipstick Gabby. Dari 5 ronde permainan, aku kalah 2 kali, Habibah kalah 2 kali, terus yang satu lagi aku lupa antara Wulan atau Gabby yang kalah. Saking seringnya aku kalah (gak cuma malem ini aja), temen-temen ampe dah bosen dan gatau lagi mau nanya apa pas "Truth or truth" wkwk. Salah satu momen yang tidak terlupakan dari permainan UNO malam itu adalah aku ketiduran pas main UNO!! Wkwk. Ya malem itu aku emang dah ngantuk sih. Dan posisi main UNO itu kan duduk, diem, pegang kartu, keluarin kartu. Gitu-gitu aja kan. Alhasil aku ketiduran pas main UNO. Waktu giliran ku ngeluarin kartu, posisi tanganku tu masih kayak pemain UNO yang terjaga. Katanya aku keliatan kayak udah mau ngeluarin kartu. Tapi kok lama, yufi nya gak jalan-jalan. Lhah, akhirnya yang lain pada sadar kalo aku ketiduran. Wkwk. Tapi habis itu aku kebangun kok karna ada yang bangunin. Dan permainan pun berlanjut setelah kita ketawaaa.. Hahahaha.

Aku kalo main UNO nya sore-sore aman lho, gak pernah kalah. Tapi kok kalo main UNO malem-malem, aku sering apes banget. Kalahnya gak cuma sekali, tapi berkali-kali. Padahal waktu sore main UNO, dengan hukuman dipasang jepit jemuran aku gak pernah kalah, walopun gak menang juga. Terus waktu sore-sore ada Theo main ke pondokan, itu aku juga gak kalah. Yang kalah justru Theo terus atau Doni. Tapiii, pernah suatu malam kita main UNO (Adhi, Doni, Wulan, Gabby, Abida, aku). Hukumannya dicoret pake lipstick Gabby warna keunguan. Apes biyanget akuu. Dari 3 ronde, aku kalah 2 kali!!! Untungnya yang terakhir kalah si Adhi, bukan aku semua yang kalah. Hiks. Padahal yang ronde ketiga itu yang terakhir main adalah aku sama Adhi. Kan berabe banget kalo semua ronde aku yang kalah. Padahal waktu itu aku bisa aja kalah lho. Mungkin Adhi kasian sama aku, terus ngalah kali ya. Tapi sumpah yaaa, karena aku kalah yang pertama kali, semuanya ketawa ngakak. Apalagi musuh bebuyutan Adhi dan Doni. Gila, ketawanya puas banget, sampe bawa-bawa postingan di instagramku yang caption nya: "Aku seneng kkn, meskipun punya musuh dan dibully". Malem itu aku dibully habis-habisan.

Apalagi pas tau kalo aku kalah untuk yang kedua kalinya. Tapi sekarang yang cewek ngakaknya justru gak selepas yang tadi. Mereka ketawa sekaligus kasian juga sama aku. Jadi mereka gak jahat lah. Mereka juga coret-coret mukaku nya manusiawi, dan minta maaf dulu sebelum nyoret. Beda sama musuh bebuyutan yang ketawanya makin lepas, kayaknya BUAHAGIA BIYANGET lah mereka. Nah setelah aku kalah 2 kali, mereka berdiskusi kalo sampe aku lagi yang kalah, hukumannya diganti apa. Si musuh bebuyutan ini pake usul buat posting foto muka ku yang udah mereka corat coret ke instagram. ENAK AJA! Instagram udah kuisi poto-poto bagus, foodies, (mencoba) artsy gitu, mau dirusak pake foto aib. Follower yang udah susah payah aku kumpulkan, mau dikasih liat foto aib. Big no no! Untungnya yang kalah ketiga bukan aku, tapi Adhi. Hehe. Karna namanya juga balas dendam, aku coret mukanya Adhi sekali. Sekali sih, tapi dari ujung kanan ampe kiri. Puanjang bgt garisnya gak putus-putus, wkwkwk.



Cukup ceritanya tentang UNO nya. Sekarang aku mau cerita tentang Bapak dan Ibu Syamsuri. Sebenernya lebih ke Ibu Syamsuri sih. Bu Syam ini sering memanggilku dengan kata-kata:
"Mbak Yufiiii, Mbak Yufi. Anteeeng, pendiaam, rajiin"
Wkwkwk. Bukan sombong yaa, tapi kenyataannya Bu Syam sering bilang gitu. Kalo pendiam emang bener sih aku pendiam. Tapi kalo rajin dipertanyakan sih. Pencitraan nya doang yang rajin, aslinya mah ya gitu deh. Nah setelah kita pindah dari pondokan yang lama ke pondokan baru, temen-temen se subunit seriing banget niruin kata-kata di atas dengan nada yang sama. Udah jadi trademark-ku banget lah kata-kata di atas.

Terus, aku punya kebiasaan yang aku lakuin di pagi hari. Kalo di pondokan lama, kebiasaan yang aku lakuin yaitu ngaca di jendela depan rumah/di teras. Soalnya di dalem rumah gak ada cermin. Sebelum ngaca, biasanya aku tengok-tengok dulu. Kalo sepi, barulah aku ngaca. Pernah ketauan ngaca sekali sama Doni, trus dia langsung komentar, "Emang di dalem gak ada kaca apa?". Emang gak ada. Nah, kalo di pondokan yang baru, kebiasaan pagi hariku adalah meditasi di teras. Entah cuma duduk sambil dengerin musik yang playlistnya cuma 4 lagu, atau sambil ngerjain presentasi penyuluhan, atau leaflet, atau sambil minum susu or makan Biskuat. Pokoknya di teras sendiri, sambil menghirup udara segar pagi hari di saat yang lainnya mungkin masih tidur atau scroll hp sambil tiduran. Kadang-kadang pas meditasi di teras aku sambil iseng bikin instagram stories. Yang isinya cuma foto teras, ditambah Biskuat or susu sambil bilang good morning atau ceritain my current mood pagi itu.



Oke, sekarang kita move ngomongin Mbak Gab a.k.a. Gabby. Gabby ituuu suka banget lagu pop. Dia juga suka banget Westlife. Dia ngikutin Westlife dari awal banget sampe akhir banget. Tapi, kita-kita enggak catch up sama lagu-lagunya Gabby. Alhasil, kita gatau itu lagu apa kalo playlistnya Gabby yang diputer. Jadi, dia muter playlist sendiri, nyanyi nyanyi sendiri. Wkwk. Tapi sekarang aku dah tau beberapa lagu Gabby:
Jojo_Too Little Too Late
David Archuleta_Crush
David Archuleta_Too Little Not Over You

Terus Gabby ini terkenal dengan galak nya. Saking galaknya Gabby, Gabby enggak bisa digombalin baik sama Adhi, Habibah, atau Danang-Darto di acara The Comment, hehe. Kalo kata Adhi, Gabby tu kurang interaktif (emangnya kuis?). Wulan bahkan pernah digalakin Gabby waktu dia curhat ampe nangis-nangis. Wkwk. Wulan emang sedih, tapi kita yakin kok kalo maksudnya Gabby tu baik, biar kita kuat dan gak lemah :"

Tapii, walopun galak gitu, Gabby tetep takut sama gondes. Wkwk. Ceritanya udah diceritain di part sebelumnya yaa.

Nah, terus, Gabby ini kan rambutnya tergerai, dan dia gak pake poni. Dulu pake poni, tapi sekarang udah enggak. Gabby kadang suka bingung sendiri ngerapihin rambutnya. Nah, aku yang bahkan sisiran aja enggak, gak bisa banyak bantu Gabby. Aku paling cuma komen, gaya rambut ini bagus, gaya rambut itu aneh, dll. Pas pentas tari di malam perpisahan juga. Kalo yang lain kan pake kerudung ya, jadi enggak bingung. Lha kalo Gabby, kita bingung gimana caranya nyanggul rambut Gabby secara manual dan tanpa Hairspray. Mana rambutnya Gabby tu lembut dan haluuus banget. Jadi susah mau digelungnya. Kita sampai menyerah dan putus asa. Wkwk

Kalo aku punya kebiasaan meditasi di pagi hari, Gabby juga punya kebiasaan unik. Gabby suka banget sama nutrisari dan telur asin. Tiap pagi, siang, sore, sehabis makan Gabby gak pernah lupa buat minum nutrisari. Dan lucunya, biasanya Gabby tu minumnya setengah nutrisari, terus setengahnya lagi disimpen buat nanti. Pokoknya Gabby tu setia banget sama nutrisari. Gak pernah seharipun Gabby gak minum nutrisari (apa iya?). Dan Gabby suka banget sama telur asin. Tiap ada telur asin di menu sarapan kita, matanya langsung berbinar-binar. Telur asin kita sebagian besar dimakan sama Gabby. Aku gak masalah sih, soalnya kita emang kadang kebanyakan lauk pauk. Terus suatu pagi aku pernah sarapan sama Wulan dan Adhi. Di meja makan masih ada 1 telur asin. Terus aku bilang sama Adhi, "Telur asin nya jangan dimakan, itu punya Mbak Gab". Eeeh, setelah aku bilang gitu, Adhi langsung pergi nyari spidol, terus dia tulis di telur asin nya.
"Ini punya Gabby" or something like that lah. Pokoknya telur asin nya ditandai "Punya Gabby, jangan dimakan". Wkwk.

Oiya, Gabby ini waktu di minggu pertama kkn sempat tumbang. Gabby sakit perut, diare,dan muntah-muntah pas minggu pertama. Dia jadi enggak ikut acara kirab yang sangat dielu-elukan di desa soropaten. Waktu sakit Gabby lemeees banget. Gabby lemes, dan lebih banyak diem aja. Kita pergi kemana, Gabby istirahat di rumah. Pak Syam sama Bu Syam sampe rutin nanya ke aku, "Itu Gabby kenapa kok diem aja? Apa ada masalah sama keluarga? Atau ada masalah sama teman?". Dan aku cuma bisa bilang, "Enggak ada masalah kok Pak, Bu, cuma ya lemes karena sakit".
Kasian Gabby waktu itu. Makan energen gak habis, makan indomie gak habis. Gak nafsu makan, kalo makan muntah, dll. Eits, tapii, pas udah sembuh, kerjaan Gabby makaan terus. Makannya banyak dan hobinya ngunyaaah mulu, terutama mencerna micin, wkwk.

Dan lagi, Gabby tu terkenal dengan naik motornya yang lambat kek siput. Lambaaat banget. Sampe Wulan kadang gak sabar dan akhirnya dia yang bawa motor buat boncengin Gabby, biar mereka enggak ketinggalan rombongan Adhi sama Choo yang sukanya ngebut.

Wulan. Nah, Wulan ini sebenernya mirip-mirip kek aku. Kalo gak lagi kkn, Wulan juga biasanya tidur awal. Habis Sholat Isya trus tidur. Biasanya jam 8-9 udah tidur. Terus kalo lagi rame-rame di grup kuliah atau grup apa malem-malem, cuma bisa bales pagi harinya: "Maap ya semalem dah tidur". Sebenernya ada 1 lagi anggota tidur awal, yaitu Yusti! Tapi kita jarang main sama Yusti karna Yusti ada di subunit 1. Yusti juga kalo main ke pondokan kita, dia sering dibully juga tu sama Doni dan Adhi. Mereka berdua emang tukang cari musuh, dasar.

Nah, tapi kalo di kkn, Wulan justru menderita insomnia. Gak tau kenapa kalo di kkn dia bisa-bisanya insomnia. Dulu kita berspekulasi karna kamar yang terlalu sempit, bikin anak-anaknya pada stres. Gabby stres terus sakit, Abida stres trus sempat sering cemas, Wulan stres trus jadi insomnia, Habibah stres jadi makin insomnia dan sempat sakit juga. Yufi? Yufi mah gak usah ditanya, dalam kondisi apapun yufi masih bisa tidur dengan nyenyak. Paling cuma kalo pagi-pagi bangun kedinginan aja. Wulan sama Habibah tu pasti baru bisa tidur diatas jam 12. Mereka berdua tu orang yang paling akhir tidur. Karena mereka sering menghabiskan malam berdua, mereka jadi lebih sering cerita dari hati ke hati, wkwk. Mereka jadi semakin akrab dan terbentuk bonding diantara mereka.

Bonding antara Wulan sama Habibah juga terbentuk karena paha atau bokong. Kenapa? Soalnya Wulan suka tiduran di paha or bokong Habibah, wkwk. Begitu juga sebaliknya. Terus Gabby suka ikutan join. Habibah jadi bantalnya Wulan, Wulan jadi bantalnya Gabby. Pernah juga paha kanan ku jadi bantalnya Gabby, paha kiri bantalnya Wulan. Wkwk. Terus aku harus bersandar pada siapa? Wkwkwk. Kalo bonding antara aku dan Habibah, terbentuk karena kentut. Hahaha, Habibah adalah orang pertama yang mendengar kentutku. Setelah itu, kita bisa kentut sesuka hati tanpa harus malu.

Wulan ini juga anaknya penakut. Dia jadi penakut karna pernah melihat sesuatu yang seharusnya kasat mata, hihihihi. Wulan takuuut banget pas kita pindah pondokan. Kayaknya rasa takutku tu karna ketularan Wulan deh. Tapi, selain takut, Wulan tu juga bisa merasakan energi-energi yang frekuensinya gak sama kayak kita. Jadi ya wajar sih kalo dia takut. Penakutnya Wulan ini sering dijadiin bahan buat ngebully Wulan. Tapi biasanya pelakunya Doni. Kalo Adhi gangguin Wulan, paling sebatas bahas gebetan Wulan yang notabene si "mas-mas" atau Adhi suka niruin gayanya Wulan yang kayak anak-anak. Misalnya pas ngomentari foto yang bagus,
"Baguuuus" --> sayang ya gak bisa dikasih nada. Pokoknya nadanya kayak anak kecil gitu deh. Terus diulang-ulang sama Adhi. Bikin kesel. Malah aku yang lebih kesel. Berisik sih.

Oiya, mumpung tiba-tiba inget. Kayaknya pas hari terakhir, yang aku tidur gak bisa dibangunin, yang bangun2 dah Maghrib itu. Aku jadi irritable banget. Waktu itu aku lupa lagi ngapain, entah nyiapin baju atau apa. Tapi, anak-anak tu lagi pada ngobrol, terus suaranya keras. Gatau aku ngerasanya mereka lagi cerewet banget sampe aku gak tahan. Aku tutup telingan sambil bilang "Berisiiik". Wkwk. Dan aku gak tau temen-temen pada sadar gak aku sempat kayak gitu. Aku kadang emang terusik kalo ada yang berisik-berisik disaat aku butuh sedikit ketenangan.

Nah Doni ni suka nakut-nakutin Wulan. Mungkin karena Wulan terlalu unyu, dia makin seneng nakut-nakutin Wulan. Kalo aku atau Gabby yang ditakut-takutin paling langsung kita galakin trus kapok. Wkwk. Selain takut sama hantu, Wulan juga takut sama orang. Dia tu bapeeeer banget anaknya. Takut salah omong, takut menyakiti perasaan orang, takut gak enakan sama orang. Kalo mau ngomong atau melakukan sesuatu pasti dipikiiir lama ama Wulan. Ditimbang baik buruknya. The best lah ni anak. Baik banget emang. Gak kayak uwe ang cueknya minta ampun. Tapi ya itu, sayangnya bapernya Wulan bikin dia kadang repot sendiri mikirin sesuatu yang menurutku "yaudah gapapa, gak usah dipikir, biarin aja." Begituuu..

Wulan ini karena baper juga jadi mudah mewek, hehe. Wulan pernah ngambek sama Adhi, sampe dia nangis di Bentungan sambil curhat ke temen nya lewat telpon. Wkwk. Terus, pas kita mau penarikan, kita kan pamitan ke Bentungan. Pamitan ke Pak Basuki, Bu Ambar, sama Bu Nini. Itu juga dia nangis. Ampe dibercandain sama Bu Ambar, "Sana ambilin ember, ambilin ember, kalo gak nanti banjir". Ehh, tapi Wulannya makin mewek. Wkwk. Aku cuma bisa senyum-senyum, hehe. Habis itu kita dikasih nasi goreng, karna Wulan pengen nasi goreng. Ehh, Wulan nya nangis lagi saking terharunya. Tapi aku ngefans sama Pak Bas yang bisa cool banget meskipun liat Wulan nangis. Pak Bas cuma nyuruh aku bawa nasi goreng nya ke dalem terus makan di dalem. Wulan kekenyangan, gak bisa habisin nasi gorengnya. Aku deh yang habisin. Wkwk. Kalo doyan bilang aja yup.

Nah, saking baiknya Wulan, Wulan adalah orang yang susah nolak permintaan orang, termasuk Pak Dukuh. Wulan jadi seriiing banget dapat tugas tambahan dari Pak Dukuh karena Wulan gak bisa nolak kalo diminta buat ngerjain tugas. Padahal temen sefakultasnya Wulan, yaitu Hanifa dan Ritho gak pernah mau buat dapet tugas tambahan itu. Tapi, setelah Wulan ngerjain tugasnya ia akan ditraktir oleh Pak Dukuh. Wulan ini anak kesayangan Pak Dukuh. Sering ke kelurahan karena tugas negara, bahkan di kelurahan Wulan punya kursi yang sengaja dikosongin khusus buat dia. Perangkat lain bahkan gak boleh duduk disitu. Yang boleh duduk di situ cuma Wulan semata. Wkwk. Lama-lama Wulan bisa jadi Bu Dukuh. Karena jadi anak kesayangan, Wulan juga sering ditraktir sama Pak Dukuh. Kadang aku kecripatan enaknya juga sih... Lumayan, rezeki anak Sholehah.

Tapiii, Wulan ni kadang suka kayak anak kecil. Kadang nyebelin. Pernah suatu malam, aku lupa kenapa dia ngambek. Pokoknya dia tu pengen ke rumah Bentungan, ketemu Bu Ambar. Tapi, Adhi gak gek ndang ke Bentungan atau gimanaa gitu. Di Bentungan Bu Ambar sama Bu Nini udah nyiapin mie ayam buat anak se unit. Terus gatau kenapa kita kok gak gek ndang kesana gitu. Terus akhirnya Adhi sama Gabby boncengan ke Bentungan naik motornya Gabby. Terus Adhi ngasih kunci motornya ke aku kalo-kalo Wulan mau nyusul ke Bentungan. Tapi, Wulan malah ngambek habis dia Sholat. Wulan ngambek, tidur di kasur, terus krukupan (boso endi iki) selimut. Dipanggil panggil Adhi gak nyaut. Sumpah ini ngambeknya kayak anak kecil.

Terus aku yang bilang ke Wulan, "Ini Wul, kunci motornya Adhi." Terus Wulan pake gak mau ke Bentungan lagi. Terus aku bujuk-bujuk lagi, akhirnya Wulan berangkat juga. Habis mereka bertiga sampe di Bentungan dan makan mie ayam, hujan turun deres banget. Perfect ya! Mereka bertiga enak-enakan makan mie ayam anget di Bentungan, aku-Abida-Habibah ditinggal di rumah. Hujan, banyak yang bocor, harus makan makan malam yang udah dikasih Bu Sumini (mereka bertiga gak makan di rumah, Habibah nunggu mie ayam, Abida gak makan malam, yang bikin sisa makanan malam itu jadi buanyak biyanget). Terus tiba-tiba Abida dijemput ortunya pulang. Habis itu tinggal aku sama Habibah di rumah. Hujan, berdua, kenyang/laper, dingin, sepi, di rumah pondokan yang serem.

Setelah hujan dah agak reda, mereka pulang juga. Mereka pulang, masuk ke rumah, Wulan sama Gabby langsung minta maaf dan aku langsung marah-marah. Pokoknya malam itu aku marah,
"Wulan nih yha, ngapain coba tadi pake ngambek, krukupan selimut. Dikasih kunci motor pake gak mau ke Bentungan lagi. Ngambek. Kayak anak kecil. Udah gitu tadi pas udah pergi semua, turun hujan, kalian gak bisa pulang. Perfect banget. Dan kalian tau, tadi ortunya Abida kesini buat jemput dia. Terus ini rumah pada bocor. Terus ini siapa yang habisin makan malam. Aku sebeeeeeeeeeel."
Tapi setelah aku marah-marah, yaudah selesai. Aku cuma mau marah, dan aku udah marah. Habis itu selesai. Tapi jujur, aku KZL pake banget sih waktu itu, hehe.
Aku makan mie ayam dingin, pake bon cabe biar aku kuat habisin nya. Selama di kkn aku jadi banyak banget makan. Bisa makan malam 2 kali, makan siang 2 kali, dst.

Ngomong-ngomong soal makanan, Wulan itu satu-satunya anak pondokan yang gak bisa makan pedes. Aku, Gabby, Choo, sama Adhi suka pedes. Abida suka pedes banget. Habibah suka pedes super duper pedes pangkat tiga. Wulan beneran gak bisa makan pedes. Pedes sedikit Wulan langsung nangis, wkwk. Wulan sama aku punya kesamaan yaitu gak apal jalan. Pernah kita waktu awal-awal ke Jatinom berdua aja nyasar-nyasar. Wkwkwk, dasar cewek.

Sekarang kita ceritain Gabby lagi ya, biar gak emosi, wkwkwkwk.
Karena, Gabby tu kocaaaaaak banget. Walopun mukanya galak, tapi kelakuannya kocaaaaak buanget. Gabby tu yang paling sering keramas. Habis keramas, dia pake handuk di kepalanya. Tapi, caranya pake handuk di kepala tu lhoo, gak kayak orang pada umumnya. Style-nya gabby pake handuk di kepala tu bikin dia mirip Ibunya Malin Kundang or Tuanku Imam Bonjol, wkwkwk. Asli kocak parah. Tapi gak ada evidence nya. Mungkin suatu hari kita harus minta Gabby selfie habis keramas sebelum pake hair dryer kali ya.

Selain kebiasaan pake handuknya yang gak biasa itu, Gabby juga aku beri predikat sebagai miss double tape! Kenapa? Soalnya Gabby tu suka menggunakan double tape untuk sesuatu yang (lagi-lagi) gak biasa. Dia sering nempel-nempelin double tape di bajunya, hehehehehe.

Oiya, kalo di tempat kkn kita kan rutin ada Yasinan tiap minggu. Gabby pernah ikut beberapa kali. Kalo ikut Yasinan, Gabby pasti pinjem baju Wulan or Abida or aku, trus pake jilbab juga.



Sekarang cerita Wulan lagi. (Maap ye, loncat sana loncat sini).
Sepertinya aku tau salah satu alasan kenapa Wulan selalu tidur malem banget. Karena Wulan rajin tidur siang. Eh, mungkin dia rajin tidur siang karena semalem tidurnya kurang kali ya. Wkwkwk, jadi muter deh hubungan sebab-akibatnya. Gak jelas mana yang sebab, mana yang akibat. Oke gak penting. Haha.

Kalo Wulan, aku kasih predikat bayi besar. Kenapa? Ya itu, karena Wulan hobi tidur siang (tiap hari tidur siang), dan kalo ngambek kayak anak kecil. Bayi besaaaar.

Wulan sama aku pernah melakukan hal konyol. Kalo Wulan inget, kita pernah karaoke nyanyi lagu Mie sedap white curry by Princess Syahrini sepulang dari rumah Pak Nugroho. Kita nyanyiin itu di pinggir jalan, pas pulang dari rumah Pak Nugroho ke pondokan.
"Ada kelezatan baru, mie sedaaap white curry,
mie sedap, mie sedaaap, mie sedap white curry.
Membuat lidah menari-narii..
Gurihnya, creaminya,
Lezatnya mie sedap white curry..."

Wkwkwkwk.

Kalo si Wulan itu bayi besar, aku paling anti jadi anak kecil. Kalo diumpamain kopi, kata seseorang aku tu kopi dingin yang pahit. Sedih sih, tapi emang itu fakta juga. Oiya tiba-tiba inget. Aku sama Habibah sama Gabby punya satu kesamaan yang fundamental. Kita sama-sama emotionally constipated. Itu istilah dari Habibah. Intinya kita jarang mengekspresikan emosi kita. Jadi kita tipe orang yang enggak sweet. Yaudahlah. TAPI, aku pernah jadi anak kecil juga waktu kkn. Yaituuuu, pas aku sama Wulan lagi di Bangsal, habis keliling cagar budaya buat nge-plot koordinat sama ambil foto buat dipajang di peta cagar budaya buatan Wulan. Nah, pas di bangsal, ada bapak-bapak yang jualan jajan. Bapak itu dikerubungi anak-anak. Terus aku liatin dari kejauhan apa sih yang dijual bapak itu. Aku liat bapaknya ngeluarin gelas plastik, terus sama bapaknya diisi burjo alias bubur kacang ijo. Habis itu ada yang beli lagi, bapaknya buka wadah yang satunya. Pas dituang, ternyata bapaknya selain jual burjo juga jual JENANG MUTIARA!!!

Huaaaa, aku mau jenang mutiara, tapi aku baru inget aku gak bawa dompet. Aku langsung histeris sambil menepuk kepala ku.
"Aku mau mutiaaaara, tapi aku gak bawa uaaaang!"
Ini kayak anak kecil banget, sampe Wulan dan Pak Arno (yang nganterin kita keliling cagar budaya) kaget. Mereka heran ni anak kenapa. Eh gatau nya cuma pengen Mutiara.
Kata Wulan. "Yaudah sih sini pake uangku dulu".
Yee, akhirnya aku pinjem 10ribu dari Wulan terus beli 5 mutiara. Murah banget gak sih, cuma 2ribu coba per cup nya. 5 jenang mutiara tadi dimakan aku, Wulan, Gabby, Habibah, sama Adhi (yang lagi sakit).

<< panjang ya ceritanya >>

Sekarang aku mau loncat cerita waktu kita ngadain program pengecatan naga di bangsal. Karena keterbatasan alat, selama nge cat kita rada-rada gabut dan disana kondisinya berdebu. Gegara gabut, Wulan sampe sempet bikin video clip. WKWKWK. Terus karena berdebu, kita berdua bertransformasi jadi Aisyah nya Ayat-Ayat Cinta.


Teruuus ada lagi yang kocak. Saking galaknya Gabby, pas ngecat naga aja, Gabby tu galakin naganya. Naganya salah apaa.. wkwkwk.


Teruuus ada cerita kocak lagi. Waktu itu lagi siang hari, kita habis dari kecamatan pemaparan program kkn di kecamatan. Pas pemaparan program itu ada juga semacam anak kkn dari pariwisata Bandung yang mengabdi di Ponggok. Mereka bikin video,terus lagu nya yang dipake di video itu catchy banget. Siangnya, aku-Wulan-Abida Sholat Dzuhur berjamaah, kebetulan aku imamnya. Enggak terjadi apa-apa sampe suatu saat Gabby nyetel lagu yang tadi dipake di video Ponggok. Beberapa saat kemudian, aku salam karena Sholatnya udah selesai.
"Assalamu'alaikum, Assalamu'alaikum" Salam kanan, salam kiri.
Terus tiba-tiba,
Wulan: "Bid, kita tadi sholat berapa rakaat ya?"
Abida: "Baru 3 rakaat gak sih?"
Aku: "HUAAA, RAKAATNYA SALAH YA".
Wulan dan Abida: "IYAA, SALAH YUPP, BARU TIGA!!"
Wkwkwk. Aku gak konsen pas denger lagu ost nya video Ponggok, ampe lupa rakaat sholat. Wkwk.

Hmmm... Sepertinya cukup sampai disini ya cerita part4 nya. to be continued  di part5, okay? Aku belum nulis tentang kormasit of the year ni. Bakalan panjang juga kayaknya. Dan menguras emosi, wkwk (padahal kemarin dah halal bi halal).

Terima kasih untuk yang sudah sabar membaca :))

NB. Untuk nama-nama yang tercantum di atas, terutama Gabby dan Wulan, kalo ada tulisan yang kurang berkenan silakan bilang ya, dan mohon maaf sebelumnya...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa