Sweetest-2-months part1: Pra KKN

Inhale, exhale.....
Inhale, exhale.....
Inhale, exhale.....

Ini akan jadi salah satu posting terpanjang dan terbaper yang pernah ada. So, aku nulisnya langsung di laptop, gak di hp kayak biasanya. Dan aku harus mengumpulkan kekuatan mental dulu untuk nulis ini. Alih-alih aku bakal nangis di tengah-tengah :"

Kalau misalnya sekarang aku lagi kalah main Uno, dan ditanya truth or truth,
"Apa salah satu momen paling membahagiakan dalam hidupmu?" "KKN"
"Apa salah satu momen paling bersejarah dalam hidupmu?" "KKN"
"Apa salah satu momen paling menyedihkan dalam hidupmu?" "Kelar KKN".

Yak, aku bakal cerita tentang KKN, Kuliah Kerja Nyata. Pertama-tama, sesungguhnya aku enggak setuju sama apa yang disebut KKN. Bahkan salah satu alasan aku kuliah di FK karena dulu aku sempat denger kalau di FK enggak ada KKN. Emang bener sih di S1 nya FK enggak KKN, tapi KKN-nya pas koas. -________- (aku tertipu, aku terjebak, aku terperangkap muslihatmu, hehe :p)

Aku ceritain dari awal banget ya. Jadi informasi tentang KKN selama koas ini serba mendadak. Bahkan, pemilihan tempat mau KKN dimana pun mendadak. Aku ceritanya baru mau makan siang, lagi koas stase mata. Terus Nadila bilang, "Yuf udah bisa milih tempat KKN lho, online". Sontak aku kaget, "Apaaa??". Karena milih tempat KKN pasti mirip-mirip kayak portal combat. Dan di Sarjito tuh yaa, aku susah sinyal. Sinyal paling bagus di kantin. Yaudah deh sekalian makan, aku sekalian login KKN di kantin.

Sebelum beranjak, aku survey dulu pada milih KKN dimana. Nadila milih Purbalingga, karena deket sama Purwokerto, Aldo sama Iik juga Purbalingga. Anis, Dira, Laras, Vita, Nida, Husni milih di Wonosobo, karena tempatnya adem. Purbalingga sama Wonosobo itu masuk golongan tempat K2, jadi kamu bisa milih mau Purbalingga atau Wonosobo, atau bahkan Jambi, atau Kalimantan Utara (which is BIG NO for me). Nah, yang satunya lagi ada golongan K1. Isinya Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, sama Klaten. Tapi kita gak bisa milih tempatnya, cuma bisa milih K1 habis itu tinggal berdoa bakan ditempatin dimana.

Aku langsung deh telpon ortuku, nanya mending Purbalingga apa Wonosobo. Trus Ibu ku bingung gak bisa jawab, Ayahku lagi Jum'atan. Trus aku survey ke temen-temen yang lain. Pokoknya siang itu jadi salah satu siang ter-hectic yang pernah ada. Aku telpon Hasna, dia juga masih bingung mau kemana. Aku telpon Ipeh, dia pilih K1. Aku telpon Ardhani, dia pilih K1 juga. Aku chat lagi si Hasna, dia akhirnya pilih K1. Trus Ayahku akhirnya nelpon, aku lupa beliau menyarankan Purbalingga atau Wonosobo. Yang pasti, habis itu aku telpon balik Ayah sama Ibuku, aku bilang kalau aku pilih K1 aja. Pertimbangan nya karena pas di tengah-tengah KKN nanti aku bakal progress test sama ada nikahan nya Mba Wika. Jadi, aku pilih K1 aja yang deket biar bisa pulang.

Masalah pemilihan tempat pun beres.

Nah, lalu 3 minggu kemudian, penempatan pun diumumkan. Lagi-lagi diumumin nya hari Jum'at, tepat di hari ujian koas stase mata. Asem. Aku dah berniat enggak mau buka pengumuman itu sampe selesai ujian mata. Pokoknya fokus ujian mata dulu. Tapi, temen-temen yang lain dah pada buka. Aku tetep teguh enggak buka pengumuman. Sampe akhirnya, Gedi nge-chat aku.
"YUPIL, KITA SATU KELOMPOK KKN"

Dan aku langsung "Apaaaa??? Alhamdulillaaaaah, yaampun aku seneng banget ged. Ada siapa aja di kelompok kita?".


Dan Gedi pun mengirimkan screenshot daftar namanya ke aku. Dan aku menemukan nama Hasna Mardhiah. Aaaa, sama Hasna jugaaa, sama Apriiil... Dan dapet di Klaten sesuai sama keinginanku. Waaaah bahagianyaaaa. Aku bisa ujian mata dengan tenang kalau gini. :))

Setelah diumumin kelompok dan lokasi KKN, prosesi menuju KKN pun berlanjut. Pertemuan kami pertama kali yaitu pada hari Sabtu siang, dengan agenda Bakti Kampus dan ketemu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Yang aku inget banget dari pertemuan pertama kita adalah.... Siang itu hujan! Hujan banget, dan itu hari Sabtu. Rasanya mageeeer banget mau berangkat dan gak tau gimana musti berangkat biar enggak basah kehujanan. Jadwalnya kan jam 1. Mendekati jam 1 tuh hujan nya deress banget. Akhirnya aku nge-line Hasna, minta berangkat bareng Karena hujan. Aku tunggu Hasna, 10 menit, 15 menit, setengah jam, tidak kunjung tiba sampai hujan pun hampir reda. Alhasil aku sama Hasna jadi 2 orang yang dating paling akhir di kelompok KKN kita.

Untungnya, Bapak DPL kita enggak dateng, dan enggak jadi bakti kampus juga. Padahal aku udah bawa kanebo sama sikat kecil warna pink (detail banget dah). Pertemuan pertama kami berlangsung sangat AWKWARD! Hahaha, beneran tapi. Nih ya, bayangkan di aula Gedung Pusat, berkumpul semua anak KKN periode Oktober-November yang jumlahnya bejibun. Udah gitu masih ada sisa-sisa suara hujan. Kita yang so awkward mau ngomong apa juga gak kedengeran. Akhirnya kita kenalan satu persatu. Kesan pertama ku sama kelompok ini sebenernya yaa, biasa aja. Enggak bikin semangat, hehe. Udah kelar kenalan nya, kita bingung lagi. Mana enggak ada yang mau jadi Kormanit pula (Koordinator Unit). Lalu, satu per satu dari kita mulai liat hp. Oiya, liat hp nya karna lagi nerima invite-an grup KKN. Terus Karena terlalu berisik, kita komunikasinya lewat Line. Hahaha, padahal ya kita tu lagi kumpul, tapi semuanya pegang HP.

Enggak ada yang terlalu berkesan dari pertemuan itu. Hehe. Yang aku inget adalah hari itu aku sama Hasna dateng telat 1 jam, terus Choo yang dateng pake celana pendek dan kaos u can see terus dia balik duluan karna ma uke airport, dan Habibah yang anaknya full make up. Hehe. Oh, ada satu lagi. Pas kumpul itu, aku pake sandal crocs warna ungu (pasti KW UNY) yang dulu aku beli buat jaga-jaga kalo hujan. Nah, pada pertengahan kumpul2 itu, sandal putus! Putus yg kanan, yg kiri ikut putus juga. Alhasil pas pulang, semua sandalku dah putus. Aku jalan dari gedung pusat ke parkiran motor dengan susah payah. Diem-diem juga biar gak ada yg liat dan tau. Kan tensin. Haduuh, parah banget dah sendalnya pake putus segala.

Habis itu pertemuan kami yang kedua terlaksana di Pondok Cabe, disponsori oleh Bapak DPL. OIya, beliau tidak lain tidak bukan adalah Dr. Y. Trimastoyo, M.Hum. DPL SUPER BAIK!! Lagi-lagi pas kumpul ini aku telat. Kayaknya bukan yang terakhir dateng, tapi hampir terakhir. Terus aku dapet tempat duduk tepat di samping Pak Tri. Terus sebelahku satunya lagi si Adhi. Di pertemuan ini, kita dibagi jadi 3 subunit.
Subunit 1: Nikko, Andry, Geraldine, Rizki, Ritho, Yusti
Subunit 2: Doni, Hasna, April, Theo, Ko Jack, Wulan Hanifa, Wahyuni
Subunit 3: Adhi, Wulan Satiti, Habibah, Yufi, Gaby, Abida, Choo. (Yg bold itu Kormasit/Koordinator subunit)

Respon ku pertama kali:
“HUAAAA, APA APAAN INI??? KENAPA AKU GAK ADA SEKELOMPOK SAMA HASNA ATAU GEDY???”
Terus Nikko bilang: “Ada yang mau diganti?”
Aku dalam hati: “Ya kali Nik. Gak enak lah bilangnya kalo minta ganti. Apa kata dunia?”
HUft. Ya udahlah, mau gimana lagi. Orang aku juga gak berani minta ganti, yaudah terima konsekuensinya.

Ketemuan di Pondok Cabe ini kan siang, lah terus sorenya kita kumpul lagi sama unit KKN lain yang juga lokasinya sama-sama di Kecamatan Karanganom, Cuma beda desa aja. Dan dulu, waktu awal-awal KKN, aku gak hapal-hapal nama desa KKN kita. Hahaha, kalo ditanya KKN dimana? Cuma bisa jawab, di Klaten. Hehe. Dan sorenya ini yang ikut kumpul adalah aku, Nikko, Adhi, Doni. Aku ikut gegara jadi bendahara unit.

Kesanku ikut pertemuan sore itu adalaaaah, ya ampun DPL kelompok lain galak bener. Untuk dapetnya Pak  Tri yang bak malaikat 0:)

Dan waktu itu, temenku baru Nikko seorang. Belum banyak ngobrol sama Doni ataupun Adhi. Dan keesokan harinya, aku sama Nikko, Adhi, Doni, dll, bakal survey ke desa KKN untuk yang pertama kalinya. Demi apa aku yang males KKN ini kenapa jadi bendahara dan mesti ikutan survey? Tapi entah waktu itu aku ya fine-fine aja dan oke-oke aja ikut survey. Asalkan nebeng, hahahaha.
Tetoteeet. Sampailah kita pada hari dimana kita survey ke desa KKN.

Sebelum survey, aku sama Nikko ke DPP sama LPPM dulu. Sebelumnya, kita sarapan bareng pake bubur ayam yang dibeliin sama ayahku. Terus kita ke DPP, ngambil KTM ku yang baru, hehe. Katanya ngambil KTM gak bisa langsung, dan diambil 1 atau 2 kali 24 jam. Tapi ternyata pas aku ke DPP, KTM nya langsung jadi. Pas di DPP, kita sempet ketemu sama mahasiswa lain yang juga mau ambil KTM, namanya kalo gak salah Alfa. Cowok niiih, hahaha. Dia kayaknya ngambil KTM S2. Gile enggak tuh. Padahal kayak masih seumuran. Tapi dia udah S2 dan S2 nya itu juga udah mau kelar. Andaikan kamu jomblo dan kita bertemu lagiii :(( Ganteng soalnya, hihihi.

Terus habis dari DPP kita ke LPPM. Enggak ada yang special. Terus kita langsung ke perpus pusat Karena kita janjian sama anak-anak KKN yang lain di sana. Ternyata, yg ikut survey ada Wulan Hanifa sama Wahyuni juga. Daaaaan, pas itu kan Adhi-Doni-Ritho(Ritho ikut gak sih?)-Wulan duduk-duduk di luar perpus. Terus Nikko mau ambil minum dari dalam pancuran perpus. Doni sempat bilang sih: Kayaknya Wahyu ada di dalem. Nah, pada waktu itu, aku belum apal Wahyu tu yang mana, cowok apa cewek.

Aku sama Nikko pun masuk ke perpus. Nikko ngisi amunisi air putih di botol aqua 1,5 liter dan aku duduk nungguin Nikko. Aku duduk di samping anak cewek yang kayaknya familiar. Tapi aku dak ngomong apa pun sama dia, Nikko juga, dan dia juga. Selesai Nikko ngisi air, kita keluar lagi.
Di luar, Doni nanya: “Ketemu gak sama Wahyu?”
Aku: “Wahyu? Apa jangan-jangan yang tadi itu Wahyu Nik?”
Hehe, parah banget ya aku waktu itu. Dan beberapa saat kemudian, Wahyu keluar. Yang tadi duduk di sebelahku beneran Wahyu. Dan aku duduk di sampingnya, ninggalin dia, tanpa bicara sepatah katapun.

Survey nya biasa aja sih. Aku nebeng Nikko. Paling awal-awal kita nyasar-nyasar gitu deh. Terus sampe di Kelurahan, kita gak terlalu banyak dapet informasi soalnya serba dadakan. Terus kita diajak jalan-jalan sama Pak Syamsuri, sepertinya tokoh masyrakat. Dan sebenernya impresi awalku sama beliau gak terlalu bagus. Soalnya beliau ceritaaaaa terus. Dan rada galak gimanaa gitu. Beliau ceritaaaaa terus padahal aku dah lapeeeer banget. Udah siang banget soalnya, jam 14.00 dan belum makan siang dan Cuma sarapan bubur ayam.

Akhirnya, kita bisa makan siang di warung “Pinarak”. Kayaknya waktu itu aku pesen nasi goreng. Terus kita ngobrol-ngobrol dikit. Waktu itu Wahyuni cerita kalo dia KKN tanpa restu dari temen-temen nya. Jadi selama KKN dia bakal bolak-balik buat kuliah atau ujian. Dan kita gak boleh nge-tag Wahyuni di Instagram kalo kita post foto-foto tentang KKN. Pokoknya kita harus ikut merahasiakan kalo Wahyuni lagi KKN. Jadi Wahyuni KKN nya diam-diam (kek Backstreet aja dah).

Habis itu kita pulang.. Aku sama Nikko kepisah dari rombongan. Yang lain lewat kota, eh Nikko malah belok kiri lewat jalan by pass. Jalan nya truk truk besar. Wkwkwk. Serem uga sih lewat sana. Dan yang pasti berasap! Perjalanan pulang yang cukup panjang... Dan kita terus berdoa semoga gak hujan. Kalian tau?? Survey ini sumpah bikin bokong puegeeeel buangeeet. Asli bokongnya pegel banget. Ampe pas aku mau turun dari motor Nikko pas udah sampe rumah, aku turunnya pelan-pelan soalnya bokongnya sakit. WKWKWK.

Habis survey, kita masih sempat rapat sekali lagi di perpus pusat. Lagi-lagi aku telat. Hehe. Tapi aku telat, karena aku ke dokter dulu.. Aku mesti nyetok obat buat sebulan ke depan. Di rapat ini gak terlalu banyak yang bisa diceritain. Aku dapet tugas buat ngeprint absen, borang, tanda pondokan, sama co card.

Nah, aku emang sering ngeprint poster di Mangrove. Jadi, aku oke-oke aja dengan tugas itu. Aku inget aku ngprint nya siang-siang sekitar jam 2-an. Terus yang absen dan borang, Karena diprint di kertas A2, baru jadi jam 5. Akhirnya, jam 3 sore aku nyebrang ke CONO GELATERIA!!! YEEEEAY!!! Sumpah aku dah lamaaaaa banget pengen kesini tapi belum kesampaian.

HUAAA, AKU JATUH CINTA SAMA CONO GELATERIA. Aku suka banget soalnya tempatnya masih sepi. Terus aku boleh nyobain semuaa es krimnya sebelum aku beli. Terus, yang jual oppa-oppa (hehe). Terus, tempatnya artsy, ambiance nya oke banget. Terus, playlistnya lagu2 korea. Terus es krimnya enak. Terus jam 5 kita bisa beli KEBUN ROTI. Huaaah aku seneng banget sore itu. Aku beli es krim raw avocado sama coklat meksiko something. Endeess. Enak, sehat, tanpa essen!! Genuine, genius!! Sumpah, gak lebay. Hahaha.

Aku nongki di sana, sendirian as usual, dari jam 3 sampe jam 5 sekalian beli kebun roti. Aku nunggu jam 5 sambil nonton “Miss You Already”.

Habis itu, kelompok KKN kita ada kumpul sekali lagi buat loading barang. Sebelum berangkat loading barang, aku sempat ke Luxury dulu buat ngopy buanyaaaak banget film dan drama. Buat bekal KKN. Untungnya enggak antri, bisa langsung masuk. Jadi aku enggak telat. Sebelumnya aku pernah ke Luxury siang-siang, Udah antrinya lama, eeh, pas mau masuk lampunya mati. Kan KZL.
Loading barang itu hari MInggu. Terus hari Senin nya kita berangkat KKN. Huaaaa, ini aku sedih banget. Aku paling sedih ketika udah sampe Kecamatan, terus sampe Kelurahan, terus nurun-nurunin barang di rumah bu Lurah, terus Ayahku pulang ke Jogja sementara aku tinggal di sana. Itu salah satu momen paling menyedihkan :((



Sub unit 3 (Adhi, Gaby, Abida, Wulan Satiti, Habibah, Yufi, Choo)

To be continued yhaaa...

NB. Sambil nulis postingan ini, malem ini aku udah ke WC 2 kali soalnya mules. Kayaknya ini gegara makan siang pake samyang. Biasanya kalo makan samyang aku makannya pake nasi, dan samyangnya setengah porsi soalnya paroan sama Yafi. Nah karna tadi siang tak ado nasi, aku makan samyang 1 porsi. Pas masak, aku udah berniat buat gak make semua bumbu biar gak kepedesan. Tapi kok ya pas nuang, aku refleks nuang semua bumbu. Wkwk. Anehnya, pas makan rasanya udah gak sepedes dulu. Apa treshold pedesku dah naik ya? Aku makan tanpa bibir terasa panas. Meskipun selesai makan, keringet udah bercucuran kemana-mana. Dan, ternyata efeknya efek jangka panjang, yaitu mules malem-malem. Untung gak jadi samyang challenge di KKN, bisa berabe ntar. Dan pesan saya, makanlah samyang hanya di hari libur, jangan pas koas.

NB. Untuk nama-nama yang tercantum di atas, kalo ada tulisan yang kurang berkenan silakan bilang ya, dan mohon maaf sebelumnya...

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa