Triple Broke Asian

Kan.. kan.. sulit banget mau rutin nulis blog. Sebenernya ada banyak draft yang belum berhasil ditulis. Cuma nampang terus di to-do-list tapi ga dicentang-centang karna belum dikerjain, wkwk. Tapi malem ini lagi pengen nulis, jadi yaudah nulis aja. Draft lainnya ditulis kapan-kapan (dasar wacana).

Sudah 2 minggu akhirnya aku bisa kerja jadi aspen juga. Akhirnya punya nametag lagi. Akhirnya ke ICM buat baca dan ngerekap rekam medis. Sekarang kan bulan September. Padahal nih ya, aku wawancara buat job ini udah dari kapan tau. Mungkin bulan Juni. Lama kan? Hehehehe. Perjalanan untuk jadi aspen ini cukup panjang, ceilah. Pertama, dimulai dari daftar jadi pengajar bimbelnya kedokteran. Ini tu wawancara pertamaku. Parah parah, grogi biyanget waktu wawancara. Aduh memalukan banget aslii.. Setelah gagal jadi pengajar bimbel aku coba daftar jadi asisten museum FK. Wkwkwk. Nah, buat daftar jadi asisten museum ini, salah satu syaratnya itu fotokopi kartu NPWP. Karna aku ga punya, sebelum deadline pengumpulan berkas aku bikinlah NPWP. Aku bolak-balik kantor pajak 3 kali. Pertama, buat nanya gimana caranya, kedua ngumpulin berkas, ketiga ngambil kartu. Waktu wawancara kali ini aku udah ga terlalu grogi. Aku lebih prepare, ga kayak sebelumnya. Ku sudah merencanakan kalau ditanya ini bakal jawab apa, kalau ditanya itu bakal jawab apa. Aku mendadak excited waktu lagi merancang jawaban ini. Aku bayangin desain museumnya bakal kayak apa. Museum yang terang, dindingnya kaca, lantai kayu, cahaya matahari bisa masuk ke museum.. Pengen museumnya jadi museum yang modern. Udah gitu tatanan nya juga yang artsy, jadi bisa ada banyak spot-spot foto yang instagramable. Bukan berarti ga serius ya. Kan dari banyaknya orang yang tertarik datang buat foto, mau gak mau dia bakal liat-liat museumnya, jadi bakal banyak yg tau. Cerdas banget ga sih? Cuman kayaknya pas wawancara gue kurang detail dalam mendeliver ide ini, makanya gue ditolak lagi. Wkwkwk. Bukan cuma 2 kali ini aku gagal. Sebelumnya, aku ditawarin Acil jadi asisten bedah plastik gantiin mas Adit yang mau ambil S2 di UK. Tapi harusnya aku tau lah ya ini tu too good to be true gitu loh. Lama ga ada kabar, ternyata yg dicari asisten cowok, pupus lg deh.. Berikutnya, akhirnya aku coba lagi daftar jadi aspen di IPD. Wawancaranya udah ga grogi lagi, trus dah nyiapin jawaban juga (ngubek ubek kertas skripsi lagi, kalo2 ditanya tentang skripsi. Dan beneran ditanya, untung dah bikin contekan dulu). Tadinya dari 4 yang daftar cuma diambil 2, dan aku dah pesimis tu karna ga punya background bikin penelitian data sekunder. Beberapa bulan kemudian..... (lama broo) Akhirnya dikabarin kalo semuanya keterima, huehuehue.

Oiya, selama menunggu pengumuman aspen ini, aku iseng lg daftar aspen residen IPD. Aku daftar pas lagi perjalanan pulang dari Madiun, liburan post lebaran. Nah, ini malah kebalikannya. Kita wawancara Senin malem. Trus Selasa paginya aku ke Klaten, ke tempat KKN sama Wulan. Dan di sana tu susah sinyal. Eh, gataunya Selasa siang aku dah masuk grup WA aspen residen IPD dan dah dapet tugas dooong. Tapi ya mau gimana lagi. Udah bacanya telat, lagi di Klaten pula. Yaudah, untungnya sih gapapa.. Lumayan sih dapet kerjaan aspen ini. Aku mulai kerja akhir Juni. Jadi pas akhir Juli sumpah dokter, beberapa hari kemudian aku gajian. Horeee. Padahal aku gabut parah parah parah. Bulan berikutnya aku ga dibayar, wkwkwk. Cuma dikasih fee bikin poster ilmiah. Yasudah, tak apa..

Nah, awal bulan September kan akhirnya masuk ya sebagai aspen IPD beneran. Eh, tapi gataunya baru bisa ambil data di ICM mulai tanggal 14 Spetember. Wkwkwkwk. Yaudah, nganggur lagi... Penuh penantian bgt ga sih.. Untungnya, selama menunggu tanggal 14 ini, tiba-tiba Timor (foundernya Sahabat Residen) bikin story:"ada yang minat kerja di sahabat residen?". Aku jawablah aku mau. Aku seneng banget sih. Dapet beberapa kerjaan dari Timor. Ga terlalu banyak dan ga gabut. Tiap weekend dapet kerja, seringnya weekend, aku malah jadi enak bagi waktunya. Semogalah kerja sama ini bisa berlangsung lama.. Aamiin.

Oiya, ada 1 lagi yg aku kerjakan untuk mencari uang. Nyetrika? Bukan! Jualan kaos Dicteeonary. Kayaknya jualan udah mendarah daging di aku. Nenek dari Papa ataupun Mama jualan semua. Papa jualan juga. Aku juga jualan, dari kecil. Pas SD jualan stiker lah, hiasan dari alam lah, sampe lukisan. Semuanya padahal laku lho, tapi uangnya dah gatau dimana. Pasti langsung buat beli macem-macem. Huft, tau gini dulu gue tabung. Harus rajin menabung ya sodara-sodara. Ga cuma pas SD aja, pas SMA juga jualan lagi (pas SMP kayaknya engga). Jualan roti, jualan spaghetti, jualan makan siang lah pokoknya. Ini juga uangnya dah ga ada bekasnya. Wkwkwkwk. Kalo cerita ttg kaos mungkin bisa jadi 1 judul sendiri, jadi diskip aja deh.

Ini baru intro lo, tapi dah puanjang banget. Akhirnya aku berhenti nulis di sini, trus ganti judul. Niatnya mau cerita A malah bikin cerita B. Wkwkwkwk, sudah biasa.

Kenapa sih judulnya Triple Broke Asian? Karna ini cerita ttg kami bertiga, dan sekarang lagi hype banget: Crazy Rich Asian yg diplesetin jadi Crazy Broke Asian oleh para netizen yg berbahagia. Oiya, data yang kami ambil juga data triple negative breast cancer. Nah, ada kata-kata triple-nya kan!

Kalian pasti tau lah ya, aku orangnya gimana (yaelah siapa yang peduli sih, wkwk). Aku kan pendiem ya guys, sulit banget basa basi sama orang, tapi Alhamdulillah betah di aspen ini. Malah aku lebih berisik daripada kalo di kelompok koas. Kayaknya semakin sedikit orangnya, semakin berisik lah aku. Karna kalo orangnya berbanyak, udah deh pasti aku ga kedengeran, Sebenernya di aspen ini ga cuma 3, tapi ada 5 orang. Aku, Yayas, Kak Disto, Acar, sama Nikko. Tapi, Yayas dan kak Disto lg sibuk jadi yang stay ya biasanya aku, Acar, Nikko.

Mungkin ini berawal dari Nikko yang ingin mencairkan suasana, atau emang bawaan dari lahir, GARING. Ni anak trying to ngelawak terus men.. Tapi setengah-setengah. Kalo dipikir garingnya ga berhasil, pasti nyerah. Tapi sering juga bikin ketawa ngakak sampe mo nangis. Udah gitu, dia playing victim lagi. Mentang-mentang lg jomblo, sok galau. Duh, gue tu sebel sebenernya sama orang kayak gini, Dia tu gatau perasaan gue yg jomblo dari lahir. Pernah pada suatu chat,

A: Yuk besok malem, jalan. Siapa aja yg bisa dateng aja..
Y: Iya, trus nanti ga ada yg dateng, akhirnya Nikko sendiri.
N: np: Kunto Aji-Terlalu Lama Sendiri
Y: Lebay.

Sensi amat ya gue ya. Ya abis, kalo dibandingin ama gue, siapa coba yang lebih lama sendiri? Tapi kayaknya gue kelewat sensi ampe Acar bilang "Yufi lagi sensitif", wkwkwk. Kayaknya "Yufi lg sensitif" cuma ada di 2 momen deh. Ya akhir2 ini sama waktu Clinical Updates (Yufi nya lagi senggol bacok, wkwk). Yaudah karna ada yang garing aku bales garing juga, aku jadi yufi yg lebih berisik dari biasanya.

Tapi ada sih lawakan yg lucu. Ini terjadi waktu kita lagi mau daftar workshop. Contact person nya namanya Lilin. Trus masa Nikko bilang gini, kasian ya kalau pas lagi ulang taun:
Tiup lilin nya, tiup lilin nya, tiup lilin nya sekarang juga
Terus nanti orang-orang yang dateng pada niup dia. Aaa, ini gue ketawa sampe nangis coba. Gue malah bayangin kalo dinyanyiin gitu dia meniup diri sendiri, haha, ga lucu, haha.

Dan kayaknya, gara-gara ikut workshop, kita bertiga bareng terus 3 hari ini. Workshopnya mantaaap, pembicaranya dari Thailand men, aku jadi pengen nitip salam buat Thanaerng, Jayler, Peatr, Bank, James, Ter, Nonkul, dan Mas Sunny!! Hahahaha. Snack dan makanannya mantap, apalagi hari kedua. Bisa-bisanya dapet 2 box snack dan makan siang. Syukur Alhamdulillah...

Waktu itu, aku lagi kesel sama seseorang. Sebenernya pengen curhat, tapi setelah denger cerita dari Acar yang tiba tiba curhat sambil makan nasi box workshop, aku ga jadi curhat. Yaelah masalah gue kecil banget ga ada apa-apanya, jadi gue diem aja. Gara-gara nasi box jadi cerita banyak. Mostly gosip sih. Tapi dari gosip sering juga random nyangkutin ke hal-hal lain. Macem-macem lah pokoknya. Absurd pun tetep diladeni.

Contohnya hari ini. Grup ini hampir jadi grup wacana karna dari minggu lalu katanya mau main tapi gagal mulu. Akhirnya hari ini berhasil jalan. Kita bertiga (lagi) jalan ke Amplaz. Di perjalanan, aku yang duduk di belakang, sibuk bersihin minyak pake face paper. Hehehe. Trus, pas di lampu merah pertigaan movie box (ini naik mobilnya Acar. Nikko yg nyetir, Acar di samping, aku di belakang. Kirain di bagasi, hahaha, ga lucu lagi) Acar liat mobil yg plat nomornya sama kayak plat nomor dia (maksudnya daerahnya). Trus dia bilang,
A: Wah, ada tetanggaku tuh.
Pas mobil nya akhirnya jejeran, si Nikko buka jendela doong, astaga alay bgt. Trus si Acarnya panik dan minta jendelanya buruan ditutup.
A: Tutup jendelanya, tutup.
N: Katanya mau bilang Halo sama tetangga.. Lagian ngapain panik sih, kan kamu pake masker juga.
A: Oiya ya.
Y: Kan yang dibuka jendelanya Nikko ya, kan jadinya yang malu dia.
A: Oiya ya. Aku tu panik aku, maluu...
Hahaha, Random#1.

Setelah itu, sampailah kita di Amplaz. Mana parkirnya ngawur lagi gara-gara ngelawan arus, wkwk. Terus kita gatau Hokben di mana. Seingetku di deket foodcourt, eh ternyata dah pindah. Si Nikko tadinya mau nanya satpam Hokben dimana setelah isi gopay di ATM. Tapi, pas balik dari ATM pak satpamnya dah ga ada. Eh dianya ide,
N: Nanya ke mbak-mbak korea aja yuk.
Y: (mbak mbak korea ki sopoo)
Jalanlah tu anak ke SPG make up di centro.
N: Mbak, hokben dimana ya?
Aseli ini pengalaman pertama sih. Dan aku baru sadar pas nulis ini, Nikko nya lebih pendek dibanding mbak-mbak make up yang dia tanyain. Wkwkwk, mon maap mon maap. Random#2.

Berkat arahan dari mbak-mbak korea (jelas jelas mbak-mbak indonesia), dan mbak-mbak konter casing dan aksesoris HP yg ditanyain Hokben dimana (sekarang giliran Acar yg nanya. Kok mau sih car disuruh nanya), sampailah kita di Hokben.

Setelah makan kenyang di Hokben, kita Sholat Ashar. Terus si Nikko minta ke Gramed. Duh, gue dah lama bgt ga baca buku, gatau di Gramed mau liat-liat apa (ku kira cuma aku yang gini, tapi ternyata Acar juga, wkwk). Aku dah ga pernah baca buku selain buku catetanku atau fotokopian materi materi kuliah. Ckckck. Tapi aku nemu buku yg bagus di gramed lagi. Bukunya isinya puisi, yg sepertinya ditulis setelah dia patah hati.
After a broken heart, my wound bleed poetry
Kurang lebih seperti itu karna aku lupa tepat dan benarnya seperti apa. Dalem ga sih cuy.

Setelah dari Gramed dan membeli oleh-oleh untuk adiknya Acar, kita pun pulang. Sebelum pulang sempet ketemu Ipeh. Kangen ipeh... Luckiest girl in the world.

Di perjalanan pulang, banyak banget yang diomongin. Daaan... di suatu persimpangan yang sangat macet, ada bapak-bapak yang bantuin ngurusin lalu lintas. Trus si Nikko mau lewat, dah buka jendela biar bisa ngasih uang ke bapaknya. Tapi karna macet, mobilnya tidak kunjung jalan (duh aku masih ketawa kalo inget ini). Tiba-tiba,
N: Duh, mambu kelek.
Lalu doi menutup kaca jendela.
A, Y: TUTUP DULU KACANYA BARU NGOMONG..!!
M: Gapapa, bapaknya juga ga denger.
Haduh, Random#3 karna setelah itu kita ngomongin bau ketek.
Terus lewat Seblak Asgar kita ngomongin Seblak.
Y: Yah, tau kalian suka seblak, ada menu baru di seblak asgar, mukbang 80.000 buat ber-4.
A: Aku kapan ya terkahir makan seblak?
N: Aku kapan ya terakhir makan seblak?
Y: Terkahir makan seblak sama siapa hayoo..
Hahahaha, itulah titik kelemahannya yang bakal kita pake terus menerus buat ngebully doi.
Terus ngomongin bisnis kaosku. He he he (ketawanya harus gitu ya, he he he). Terus dapet petuah dari Acar yang bijaksana. Terus ngomongin lagunya Escapes band. Terus ngomongin Jonghyun. Terus ngomongin vokalis Linkin Park. Terus kita diem.
N: Woy, jangan jadi galau woy, tenang.. tenang..
Y: Menenangkan diri sendiri ya..

Tamat.
Sekian dulu cerita kali ini. Masih banyak kerjaan yang belum selesai malah nulis blog. He he he (harus gitu ketawanya).

Comments

  1. ngalor ngidul tapi lucu kok yuf wkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, bahagia dikomen Nida'... kalo baca ini aku masih ketawa sendirii :"

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa