Boleh Tanya Gak?

Lamaaa banget ya enggak nulis blog. Sekarang, aku, yufi, lagi jadi dokter internsip yang mengikuti PIDI (Program Internsip Dokter Indonesia) di RSUD Madiun periode 2018-2019. Internsip yang 1 tahun ini udah tinggal 3 minggu lagi. Time flies.......

Nah, aku belum pernah cerita soal internsip ini. Tapi, cerita internsip pasti akan sangat panjang, jadi akan aku tulis lain waktu, hehe. Sekarang mau #curhat #curhat #gajelas seperti biasa, wkwk.

Internsip tu kan dibagi 3 ya, ada yang di bangsal/poli, puskesmas, sama UGD. Aku sekarang lagi di UGD. Ini adalah cerita tentang suatu malam, dimana aku jaga shift malam dengan seorang dokter organik (dokter umum yang emang kerja di sana) yang namanya tidak boleh disebut, hehe. Kenapa? Gatau kenapa, ada 2 temen internsip yang bareng sama aku di UGD tu takut sama beliau. Bisa panik-panik sendiri gitu kalo ketemu, wkwk.

Aku pun sebenernya agak takut basa-basi sama beliau, soalnya pernah kejadian waktu pertama kali jaga, aku jaga sama beliau. Aku kan mesti basa basi ya untuk mencairkan suasana. Kata dokter yang sebelumnya, dokter ini tu habis jaga di rumah sakit lain, jadi datengnya agak telat. Yaudah, aku pake lah untuk membuka pembicaraan:

Yufi: Dok, habis jaga di RS itu ya?
Dokter: (muka bingung) Tahu darimana?
Yufi: Kata dokter yang sebelumnya dok, hehe.
-end of conversation-

Yak, baiklah. Lalu 3 hari berikutnya aku jaga sama beliau terus. Enggak ada kejadian serupa sih, yang ada:
1. Dikasi wejangan dalam bahasa inggris, untuk tidak melakukan fraud. Karena kalo fraud, itu bisa menimbulkan kerugian bagi rumah sakit. Kalau misal mau bantu pasien, dalam artian "kurang mampu", bantulah pake dompetmu sendiri, bukan pake dompet orang lain. (Masih inget banget aku kata-katanya).
2. Ditentir tentang triase pasien baru dan diagnosis banding pasien sesak dengan wheezing. Ditentirnya sambil ditanya-tanya, macam koas lagi jaga sama residen. Tapi gapapalah aku mah seneng ditentir.

Nah, setelah 3 hari berturut-turut ini, aku kayaknya hampir gak pernah jaga bareng lagi sampe akhirnya aku jara bareng dimana dalam seminggu, 4 kali sama beliau, wkwk. 2 kali pas jaga sore, 2 kali pas jaga malam berturut-turut. Kalo jaga sama beliau, aku usahain sempet baca-baca materi dulu sebelumnya, biar gak bodo-bodo banget. (Jadi keinget kayak kalo mau masuk kamar operasi bedah orto pas koas stase bedah di Cilacap. Operasi besok apa, langsung buka atlas anatomi lagi ngapalin otot-ototnya. Bener, pas operasi ditanya ini otot apa, dan dengan bangga bisa menjawab. Hahaha, seseneng itu. Padahal cuma ditanya 1 otot, wkwk).

Oiya, pernah juga ada kejadian, aku jaga sama beliau tapi cuma sekali. Waktu itu ada pasien hiponatremia. Terus aku tanyalah kalo koreksi hiponatremia itu gimana. Terus beliau jawab, agak rumit harus liat status hidrasi dulu bla bla bla. Nah, udah tuh. Beberapa hari kemudian, aku ketemu beliau, tapi gak jaga bareng. Eh, ditanya dong..

Dokter: Udah baca tentang hiponatremia?
Yufi: Udah dok, sedikit, hehehe (nyengir, padahal realita belom baca).

Oke, udah cukup introduksinya, mari kembali ke topik utama. (wkwk, selalu ya intro lebih panjang daripada inti cerita). Suatu minggu, aku dapet jatah jaga 6x, dimana 4x aku jaga sama beliau. Di hari pertama dan kedua, ga terjadi sesuatu yang aneh. Nah pas hari ketiga, malem, lagi ga ada pasien tuh dan belum jam 12 malem (jadi belum saatnya tidur).

Dokter: Boleh tanya gak?
Yufi: (buset kenapa mau tanya gue pake izin duluu) Boleh dok.
Dokter: Kamu rencana mau kerja berapa tahun?
Yufi (alamak, jawab apa aku) Mmmm...
Dokter: Emang pertanyaan nya susah ya. Yaudah. Anggap usia harapan hidup sampe sekitar 65 tahun. Umurmu sekarang 25-an. Dalam 40 tahun ke depan, kamu mau ngapain aja?
Yufi: (What??) Mmmm... (sambil liat atas siapa tau ada ilham). Berkerja, liburan, berkeluarga (jawab ragu-ragu dan pelan)
Dokter: Enggak, yang buat kamu sendiri..
Yufi: Mmmm..
Dokter: Kalo mau gak dijawab juga gapapa, itu kan privasi.
Yufi: (aduh) Yauda nanya yang lain aja dok.
Dokter: Kamu percaya keberuntungan?
Yufi: ........ per ca ya..........
Dokter: Kenapa?
Yufi: ...mmm... Ya misal dok, lulus ujian osce. Ada 2 orang, belajar materi yang sama, durasi belajarnya sama, tapi pengujinya beda. Yang 1 lulus, yang 1 nya ga lulus.
Dokter: Ah, tapi kan universitas memang akan cenderung meluluskan mahasiswa nya. Karena kalo enggak, nanti reputasinya turun. Enggak make sense itu.
Yufi: ... yauda, misalnya pemilihan internsip ini dok. Ada 2 orang yang pengen di sini. Milihnya udah di waktu yang sama, di tempat yang sama. Eh yang 1 nya dapet, yang 1 nya enggak....

hening

Yufi: Eh, itu beruntung apa emang udah nasib ya.
Dokter: NAAAH (semangat nih doi). Kamu percaya nasib?
Yufi: (lah, salah ngomong gue) ...errr.... per ca ya.
Dokter: Kenapa?
Yufi: ....mmm..... ya percaya aja dok.
Dokter: Kalo aku, aku percaya keberuntungan. Karena, aku ga hidup di negara perang.
Yufi: Oo, iya, bener-bener.
Dokter: Tapi aku ga percaya nasib. Berarti kamu percaya maktub ya?
Yufi: Maktub itu apa dok?
Dokter: Yaudah, cari dulu...

Dokter: Dah jam 12, silakan kalo mau tidur.
Yufi: Dokter duluan aja yang tidur.
Dokter: Aku sik? Yowis (jalan, masuk ke kamar).

Seorang perawat dateng,

Mas Alga: Gimana kuisnya?
Yufi: Gagal total mas..

Sumpah ya gagal total man. Ini kalo wawancara kerja atau wawancara calon mantu dah dicoret aku dari daftar. Wkwkwkwk.

Yah, mohon maap ya dok. Ni anak emang masih ngglinding-ngglinding aja, belum punya plan dan target masa depan yang jelas. Masih bluuuuuur :'''

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa