WfH in this year Holy month, 2020

WfH a.k.a. work from home in this Ramadhan is not a good combination, at least, for me. I cannot adapt. It is soooo hard to do my work at home while fasting. And at the end, i got burnout :"

I know it seem easy. You are a-26-years old moeslim, how can fasting bothers your work? I know, but I just cannot. T_T

Haha, enough for the english section. First, sejak minggu terakhir bulan Maret aku mulai WfH. Dan hari ini adalah hari terakhir di bulan Mei. Jadi udah 2 bulan lebih seminggu lah WfH dan #stayathome atau #dirumahaja. Di sisi lain, ini adalah bulan ke-6 aku kerja jadi aspen atau asisten peneliti atau data manager kalo sesuai jobdesc-nya. Kontrak awal sih 1 tahun, tapi aku juga gatau apa bakal kerja sampe 1 tahun di sini, atau lebih, atau kurang.

Mau flashback bentar ah, wkwk. Hari pertama masuk kerja is soooooo awkward. Just yufi being yufi yang sangat2 awkward. Sehari sebelumnya, hari Minggu aku puas-puasin main sama Ipeh walaupun sebenernya gak dikasih izin sama ortu gara2 adek lagi ujian. Tapi mau gimana lagi, kalo ga keluar sama Ipeh gatau deh. Seminggu sebelum masuk kerja, pas tau kalo bulan Desember ini udah masuk aku langsung cemas. Cemas karna mau masuk lingkungan baru, cemas karna harus beradaptasi di lingkungan baru, kenal orang-orang baru, dan dapat tanggung jawab baru. Inget ini aja bikin cemas. Jadi, aku harus melakukan sesuatu untuk mengurangi cemasku. Jalan lah aku sama Ipeh. Udah, bahagia banget hari itu: nonton bioskop (nonton Kim Ji Young, sambil nangis2 di bioskop sama Ipeh), karaoke (selalu puas karaoke sama Ipeh karena selera lagunya sama), makan enak (sama-sama suka jajan, luv Ipeh. Btw, waktu itu kita makan Ichiban sushi), dan pulang dengan perasaan bersalah karna pergi tanpa izin tapi juga lega. Lega karna paling enggak, sehari sebelum masuk kerja aku gak cemas.

Bulan Desember ini isinya adaptasi dan perkenalan. Masuk dari Senin sampai Jum'at, berkutat dengan ms Excel. That's all. Oiya, di bulan Desember ini sempat main ke Surabaya di acara seminar jantung karna posternya lolos seleksi. Tapi cuma Poster Exhibition aja sih. Trus sore nya gila sih. Ngejar kereta dan sampe nya nyaris last minute. Awalnya dianter sama Chan sama dr. Evelyn naik mobil, tapi macet parah. Ini kalo tetep naik mobil aku ketinggalan kereta. Akhirnya pesen grab di tengah jalan, dah gak pake promo-promo-an karna panik. Untungnya ga telat sampe stasiun. Pulang deh. Literally besoknya, aku jadi panitia seminar jantung di Jogja yang diadain sama mer-c, wkwk. Kadang, once in a while, hidupku yang santuy ini bisa hectic juga. Btw, kenapa bisa ikut panitia mer-c? Tidak lain tidak bukan adalah karena Acil, wkwk.

Bulan Januari, mulai ada sesuatu yang baru, disuruh jadi LO tamu dari Leeds. OMG. Bahkan aku aja gatau Leeds itu dimana, wkwk. Tapi aku seneng banget sih bisa dikasi kepercayaan ini, bisa banyak belajar dan aku akhirnya melakukan sesuatu yang baru untuk pertama kalinya. Di bulan Januari ini adalah persiapan nya, eksekusinya bulan Februari. Di bulan Januari ini juga sempat ke Bandung, ke nikahan mas Danang dan teteh. Reuni lagi sama anak2 internsip, sambil kulineran dan menghamburkan uang, wkwk. Waktu itu aku berangkat sama Yafi, tapi pas udah di Bandung kita jalan masing2, trus janjian lagi Minggu sore nya waktu mau pulang ke Jogja. Di Bandung, nginep di apartemen bareng Chan, Ilmi, sama Henny. Traveling, apalagi ke Bandung, selalu super duper menyenangkan (dan mengenyangkan) :))

Bulan Februari, salah satu minggu di bulan Februari ini, once in a while yufi gets busy again. Minggu pertama Februari ada acara World Cancer Day a.k.a. WCD 2020. Acaranya 2 hari, hari Sabtu sama hari Selasa. Yang hari Selasa ini, buset aku rasanya capek banget, pegel, wkwk. Udah gitu pulangnya kehujanan. Huffty. Minggu kedua, tibalah acara penerimaan tamu dari Leeds. Mulai dari Selasa malem jemput di Bandara terus nganter ke hotel. Deg-deg-an pas pertama kali mau ketemu tamunya. Hari pertama ada workshop. Lumayan melelahkan karna jadi LO merangkap dokum. Pulangnya kehujanan lagi, gerimis sih. Hari kedua, nemenin tamu dari Leeds rapat sana-sini, wkwk. Terus di sela-sela rapat ada jam kosong kita nongki di coffeeshop. Aku ajak ke coffeeshop yg ala2 kebun gitu banyak pepohonan, tapi this is definitely a wrong decision! I regret it soooo much. Di sana ga ada AC, dan humid. Bukannya tempatnya buruk, tapi gak tepat buat bule yang sebenernya pengen nongki di tempat yang adem sambil nyruput Ice Latte. Hari terakhir, bertepatan dgn hari Valentine, jadwal mereka padet bgt. Paginya liat kegiatan senam di poli, terus ada guest lecture, press conference, trus terakhir rapat. Nih ya, press conference nya kan di restoran Thyme. Aku di sana dari Sholat Dzuhur, Ashar, sampe Maghrib belum balik-balik. Rapatnya lamaaaa bgt sampe hampir jam 8 malem. Wkwk. Tapi akhirnya pulang juga, nganter para tamu ke hotel. Dan pake drama ada yg salah tiket (harusnya buat Minggu tp buat Senin). Doi nelponin pihak Leeds terus, sambil kesel. Baru kali ini liat marahnya, walopun tetep ganteng! (Ganteng buanget seh, tp dah punya anak). Oya, tamunya ini cuma ada 2 sih, cewek sama cowok. Tamu yg cewek baru pertama kali ke Indonesia, kalo yg cowok udah 4 kali ini ke Jogja. Tamu yg cewek ngasih aku coklat coba (walopun belinya on the spot di hotel, wkwk). Yaampun terharu dapet coklat pas valentine :"""

Bulan Maret, bulan yang spesial.... Hahaha, if you know why. Bulan ini dapet tugas baru, merencanakan pilot study. Pertama kali bikin budget plan. Belajar hal baru lagi. Terus bulan ini ada 2 sahabat yg nikah, sahabat SMP sama sahabat kuliah. Awal bulan depan, ada temen internsip nikah. Alhasil harus ke Informa sama Ace beli 3 kado sekaligus, wkwk. Terus beli tiket kereta buat bulan depan ke nikahan di Surabaya. Semua rencana berjalan lancar, sampai negara api menyerang. Boom! Ada pandemi corona. Jadinya tetep dateng ke nikahan yg di bulan Maret, tapi sambil was-was dan tidak berlama-lama. Terus rencana ke Surabaya batal. Aku batalin tiket hari Sabtu, teruuus...hari Senin-nya ada pengumuman kalo tiket mulai Senin pembatalan nya akan digratiskan. Hm, ingin berkata kasar tapi yaudahlah ya, belum rezekinya. Masih untung hotel bisa free cancelation. Rencana pilot study juga mundur semua, entah sampai kapan. :(

Bulan April-Mei. Gak banyak yang bisa dikenang. Dua bulan ini mayoritas ngerjain penelitian netropenia sih, sampe burnout. Ini sih yang aslinya mau diceritain di postingan kali ini. Tapi intronya panjang banget yak, wkwk.

WfH itu....dari yang awalnya WfH sambil nyoba2 masak ini itu, sampe akhirnya dah jarang masak lagi. Sempet sih bikin hash brown, mashed potato, sandwich ala ala streetfood korea, ayam goreng korea, dll. Terus jadi banyak belanja online, dari beli kaos sama celana rumah di websitenya Matahari, beli sereal, sampo, sampe bumbu masak: gochujang, minyak wijen, soy sauce, bubuk cabe di JD.ID. Oh, ini ada ding hikmah atau sesuatu yg baru pertama kali lakukan: belanja di beberapa platform belanja online berbeda.

Nah, terus kenapa WfH sama Ramadhan is not a good combination for me?
Jadi, selama di rumah ini susah banget buat produktif. Terlalu banyak distraksi, dari kelamaan buka yutub, instagram, gofood, grabfood (yg cuma diliatin doang), bangun siang, tidur siang, rebahan, ngantuk, dll dll. Jadi, aku siasatin dengan kerja lagi malem harinya, begadang buat memenuhi jam kerja harian. Dan biasanya aku kerja sambil ngopi biar gak ngantuk dan lebih fokus.

Tapi, kalo pas puasa, paginya kan gabisa ngopi. Terus malemnya ada tarawih dan gabisa begadang sampe malem karna takut ga bangun sahur. Jadii, diriku ini gagal beradaptasi dan menyebabkan pekerjaan menumpuk di akhir, terus akhirnya burnout. Gara2 kerjaan numpuk, sampe lebaran pun masih ngerjain tugas. Hari kedua lebaran juga masih ngerjain. Tapi karna kayaknya dah stres banget, begitu jam 10 pagi kelar ngerjain, langsung kirim email, trus habis itu maraton drama sambil makan mie sedap korea for keeping me sane.

Dah, segitu aja. cerita ini semata-mata karna pengen curcol aja. Thanks for reading kalo ada yang baca sampe akhir, hehehe.

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa