Poker Face

Hari ini hari Selasa, 8 April 2014, sehari sebelum pemilu. Weeeits, aku bukan mau ngomongin pemilu kok, kayak ngerti aja mau ngomongin pemilu. Aku cuma mau share cerita yang lagi pengen kuceritain. Hehe. Sekarang tepatnya aku lagi nunggu jam 5, lagi nunggu rapat komite merger (opo kuwi? Ya gitu lah pokoknya).

Aku mau cerita dampak menjadi seorang yang datar.

Ya. Aku emang ekspresinya datar. Dataaaar banget. Waktu SMA, kan aku suka maen sama Epul tuh. Naaaah, Epul tuh sering banget sebel karena kalo dia cerita sesuatu, aku suka datar. Udah gitu, yang paling nyebelinnya lagi, aku suka komat-kamit sendiri, apalagi kalo pas ngerjain soal sama jalan pas pulang. Daripada kesambet, aku biasanya ngomong sendiri. Tapi, kebiasaan itu ternyata menjengkelkan bagi teman-temanku.

Itu jaman SMA. Sekarang, pas udah kuliah semester 4 akuuu... tetep datar! Wkwkwk. Padahal, aku sahabatan sama Hasna Mardhiah. Dan Hasna ituuu, orangnya ekspresif banget. Kamu harus liat sendiri segimana ekspresifnya dia pas cerita kalo macaron itu enaaaak banget. Sumpah, katanya macaron itu surga nya dunia.

Ekspresifnya Hasna itu mirip kayak Caca. Caca tu cowok lho. Dia perawakannya tinggiii banget, dan cukup besar. Tapi dia putih. Ini orang apa beruang kutub? Terus dia pake kaca mata, anaknya eksis, dan pacarnya mungil imut-imut.

Cerita tentang Caca ini tepatnya pas mau ujian. Aku, Astri, Gandes, sama Caca belajar bareng di rumah pacarnya Caca. Nah, waktu itu aku bawain snack SPONGEbob squarepants (baca yang di capslock aja ya), yang rasa coklat. Aku, Astri, Gandes, sama pacarnya Caca tau kalo sponge coklat itu emang ENAAAK banget. Aseli enak banget. Cuma sayang, isinya kurang banyak. Tapi ternyata, Caca baru pertama kali liat jajanan sponge coklat. Dicobain lah sama Caca. Habis makan sepotong sponge,
Caca: ini enak, ini enek, ini enak banget. (Sambil nunjuk-nunjuk bungkus sponge)

Ekspresinya tu bener-bener meyakinkan. Sumpah! Asli ini gak boong. Aku kayak liat iklan aja. Caca makan sponge, terus ekspresinya berubah jadi bahagia, kayak beruang kutub yang ketemu winnie the pooh terus makan madu bareng-bareng. (#gak nyambung ya? Gak kebayang juga sih sebenernya. Jangan-jangan beruang kutub benci lagi sama winnie the pooh. Soalnya dia terkenal, sedangkan beruang kutub kan kurang eksis gitu).

Nanti kalo sponge mau bikin iklan komersial, mending Caca ikut casting deh. Ekspresinya meyakinkan banget kalo sponge itu enaknya bikin gak tahan. Pesenku, jangan lupa traktir ya Ca, kalo udah terkenal jadi bintang iklan sponge. Tetep ramah, jangan sombong, jangan lupa menabung. Yang paling penting jangan lupakan aku. Aku kan orang yang pertama kali ngenalin sponge ke kamu. Wkwkwk. Kalo enggak nraktir, kasih aku kenalan dong Ca. Hehehe #jomblo nya keluar -_-.

Selain temen-temen yang udah aku sebutin di atas, di kuliah ini, aku juga ada temen namanya izza. Sebenernya aku sama izza satu SMA sih, waktu dulu aku juga kenal kok sama izza. Tapi mungkin emang gak sedeket ini. Izza itu, orangnya bisa dibilang histrionic. Bener gak ya namanya histrionic? Intinya, dia juga amat sangat ekspresif. Bedanya sama Hasna, izza kalo udah ngomong semangat banget, menggebu-gebu, ekspresinya maksimal, terus semua anggota badannya gerak. Kalo Hasna itu lebih ke ekspresifnya. Dan, Hasna sering ngulang pertanyaan ampe 3 kali. Berarti Hasna ganteng. Soalnya orang ganteng kalo ngomong harus diulang 3 kali. Soalnya orang ganteng kalo ngomong harus diulang 3 kali. Soalnya orang ganteng kalo ngomong harus diulang 3 kali. Soalnya orang ganteng kalo ngomong harus diulang 3 kali. (Loh kok 4 kali? Iya, aku kan gak ganteng. Aku cantik. Orang cantik kalo ngomong diulang 4 kali. Hehe)

Misalnya nih, aku sama Hasna lagi jajan. Terus Hasna nanya ini harganya berapa. Mungkin di benaknya Hasna makanan ini harganya 5000. Begitu dia tanya, ternyata harganya cuma 3000. Terus dia nanya,
Hasna: ini 3000 bu?
Ibu yang jualan: iya.
Hasna: 3000 ribu bu?
Ibu yang jualan: iya.
Hasna: 3000?
Ibu yang jualan: -_-

Maap ya has. Ekspresif itu jauh lebih baik kok daripada datar. Tunggu bentar lagi deh.

Balik lagi ke izza. Izza pernah 2 kali ngakak gara-gara aku. Izza emang hobi ketawa siih, tapi 2 kejadian ini tu memorable banget. Hehe.

Pertama, waktu itu aku sama izza lagi mau sholat di mushola histologi. Eeh, pas mau wudhu, ternyata air nya habis. Akhirnya kita gak jadi sholat di histo deh. Aku sama Izza siap-siap pake sepatu deh nyari mushola yang lain.

Nah, pas pake sepatu, Yuli dateng. Yuli itu anak kelas sebelah. Aku sama Izza enggak ada yang kenal sih, tapi aku tau namanya.

Ternyata Yuli mau Sholat di mushola histo juga. Dia udah lepas sepatu dan siap-siap ke tempat wudhu. Sebelum dia ke tempat wudhu, aku bilang,

Aku: yuli, airnya habis. (Muka datar)

Eh, ternyata Yuli gak denger. Dia terus nyelonong aja ke tempat wudhu. Terus aku ngomong lagi,

Aku: eh, Yuli gak denger. (Muka datar)

Terus, aku liat Izza. Ia udah nahan ketawa.

Izza: HUAHAHAHAHA!!!!! Muka mu tu lo yuuuuuuf. DATAR. HAHAHAHAHA.

Puas banget Izza ketawanya. Tapi kayaknya emang waktu itu muka ku yang gak nguatin sih. Dikacangin orang, terus datar lagi. Pasti ndembik banget.

Cerita yang kedua, lagi-lagi di histologi. Waktu itu, aku sama Izza lagi ikut seleksi calon asdos histologi. Tapi, kita berdua gak ada yang keterima. Huhuhu. Yaudah lah ya, mungkin emang bukan jalannya.

Seleksi asdosnya itu ada seleksi preparat sama seleksi presentasi. Seleksi preparat kelar. Aku payah banget. Aku gak bisa ngerjain coba. Soal yang harusnya jawabannya scala media malah aku jawab rima media. Padahal, itu soal yang lumayan mudah untuk dijawab. Aku tau itu media, tapi aku lupa nama depannya apa. Haduuuh.

Habis seleksi preparat, seleksi presentasi. Ini nih, yang paling bikin deg-deg-an. Izza sama aku kebetulan satu ruangan presentasi. Izza dapet jatah presentasi kedua, sementara aku yang ketiga. Izza bisa presentasi dengan lancar, udah gitu power point nya bagus lagi. Habis Izza selesai presentasi, sekarang giliran aku.

Aku mulai memegang laptop yang udah di sediain. Aku cari file ku, terus aku buka.

JGER! File ku gak bisa dibuka!

Iki piyeeee.. aku yang gugup jadi tambah panik.

Gara-gara file yang gak bisa dibuka ini, akhirnya giliran ku presentasi diloncatin deh. Yang dapet jatah presentasi ke-empat maju duluan, sementara gue harus mundur dari jabatan (#emang pensiun?).

Aaaah, aku gak suka menunggu giliran. Ini tu cuma bikin aku makin deg-deg-an.

Setelah kontestan ke-empat selesai mempertontonkan aksinya, akhirnya aku maju juga. Sebelumnya udah ada Bapak-bapak yang mbawain file ku. Sekarang aku bener-bener bisa menunjukkan bakatku.

Aku presentasi dengan kunci G (#iki presentasi opo paduan suara). Aku cukup seneng dan bangga sama diriku sendiri. Meskipun gak bagus, tapi peforma ku gak jelek-jelek amat kok. Mmmm, menurut gue sih..

Nah, begitu aku mundur dari jabatan untuk yang kedua kalinya, aku langsung ngomong gini sama Izza,

Aku: Za, life reduced ten years. (Muka datar)

Buat yang gak tau, kalimat ini tu sering diucapin sama Yoo Jae Suk kalo ia baru aja selamet dari kejaran Kim Jong Kook.

Gara-gara ngomong ini, Izza ketawa ngakaaaaak lagi. HAHAHAHA.

Yap, itulah 2 cerita ku yang memorable. Gak penting ya? Setelah dibaca-baca, emang gak penting sih. Tapi, yo wis lah. Udah kadung ditulis juga. Siapa tau Izza baca. Kan dia bisa ketawa kalo baca ini. Lumayaaan, nambah pahala dikit-dikit. Tapi kalo Hasna yang baca, dia ketawa gak ya? Jangan-jangan dia marah gara-gara di awal-awal tadi aku ngomongin dia. Kalo gini, dapet dosa dong gue. Kalo mereka berdua baca, impas deh 0-0, skor kacamata alias seri.

Nah, selain 2 cerita di atas, aku mau cerita kalo aku sama Izza punya banyak kesamaan. Izza itu sahabat, Hasna juga. Bedanya, aku sama Hasna tu bertolak belakang. Aku suka korea sama running man, Hasna anti korea. Kita sering banget beda pendapat. Aku sama Hasna bakal punya 1 pendapat kalo kita lagi berhadapan sama shopping dan garage sale! Ahahaha, emang dasar cewek. Tapi gakpapa. Justru karena kita berbeda, kita saling melengkapi. Jari-jari kita aja ada selanya. Biar tanganku dan tanganmu bisa saling menggenggam erat :3. #setdaaaah.

Sahabatan sama yang orang yang punya banyak kesamaan sama kita juga gak kalah asiknya. Kita masih bisa saling melengkapi, saling melengkapi episode running man sama drama korea. Hehehehe.

Tapi bener deh, temenan ama Hasna ama Izza itu asyik banget. Mereka itu melengkapi kekurangan ku. Aku kan datar, mereka ekspresif. Wkwkwk.

Kesamaan ku sama Izza sekarang udah bertambah. Bukan lagi sebatas korea dan running man, tapi juga merambah dunia per-sinetron-an Indonesia. Bukan berarti kita sama-sama lolos casting ya. Ya kalik, aku bakal dapet peran apaan coba. Jadi cameo orang nanya alamat tapi gak ada yang jawab kali ya? Sedih banget.

Aku sama Izza, lagi demen banget nonton sinetron. Kita suka nonton sinetron Tiba-Tiba Cinta yang tayang setelah sinetron Diam-Diam Suka. Kenapa kita suka nonton Tiba-Tiba Cinta? Karena di sana pemain nya guanteng-guanteng biyaaangeeet. Ganteng Fix Maksimaaaal!!! Daan, salah satu favorit kita Azof Rangga. Azof itu cakep banget. Azof itu CAKEP banget. Azof itu CAKEP banget. Azof itu CAKEP banget! #biasa, orang cantik ngomongnya harus diulang 4 kali.

Kita ngikutin sinetron Tiba-Tiba Cinta sampe sinetron nya tamat. Habis tamat, diganti sama sinetron Detak Cinta. Dan di Detak Cinta, Azof main lagiii !!! Gimana kita gak klepek-klepek alias melting? Pokoknya, semenjak bertemu dengan Azof, aku bertransformasi jadi mahasiswi ngale (red. nyantai) yang sepulang kuliah, di saat temen-temen yang lain belajar, kerjaan nya stand by di depan tv, nonton sinetron. Ahaha. Biar. Aku kan anti mainstream. Jadi, di saat yang lain benci, gak suka, dan menganggap sinetron itu gak patut ditonton, aku menjadi mahasiswi yang setiap harinya mantengin tv gak mau ketinggalan nonton sinetron.

Tapi jangan salah lho ya. Ini bukan karena selera kita yang jelek, norak, atau kampungan. Tapi beneran deh, sinetron yang kita tonton itu bagus, pemain nya keren-keren dan aktingnya bangus. Beneran deh. Sinetron nya bukan kayak yang ada naga-naga terbang sambil nggendok nenek ripmal (red. coba bacanya dibalik). Bukan juga sinetron yang nyeritain orang kembar, padahal pemain aslinya bukan orang kembar. Bukan juga sinetron yang episodenya nyampe kayak halaman kamus bahasa Inggris-Indonesia dan Indonesia-Inggris. Beratus-ratus, bahkan bisa tembus ribuan kali ya.

Sinetron yang kita tonotn, terutama Detak Cinta, justru episodenya terlalu sedikit. Beneran deh, aku aja gak puas liatnya. "Yaaaah, kok udah tamat siiih. Kurang greget niiih, kurang asin, kurang garam. Tambahkan garam secukupnya ya, jangan  lupa pancinya harus selalu diaduk." #malah ganti acara masak-memasak.

Yah, mungkin itu kelemahan nya sinetron dibandingin sama drama korea. Drama korea itu rata-rata cuma 20 episode. Walopun ada juga sih yang panjang, tapi gak banyak dan biasanya gak aku tonton. Tapi, dengan waktu singkat cuma 20 episode, drama korea tu gak pernah berakhir mengecewakan. Tiap habis nonton drama, pasti rasanya puas. Sinetron Indonesia stripping sih, jadi ceritanya suka kemana-mana ampe keluar dari alur cerita.

Jangan judge kita jadi orang rendahan dulu ya  yang hobinya nonton sinetron. Karena, ternyata di kampus ada fans based Azof. Kyaaa, gue langsung jadi anggota mereka deh. Tuh kan, ternyata pecinta sinetron lumayan banyak. #ini fiksi belaka. Apabila ada kesamaan nama, tempat, dan tokoh, itu cuma perasaan mu ajaaa...

Ini beneran lho. Jangan  judge kita sebagai orang rendahan. Kenapa? Karena selain suka  nonton sinetron, kita juga suka nonton Stand Up Comedy 4 (SUCI 4). Nih lho kayak gue, tontonannya stand up comedy. Komedi cerdas, menggelitik, penuh kritik baik sosial maupu  politik.

Kalo kalian belum nonton stand up comedy, mending mulai dari sekarang kalian nonton deh. Bagus banget kok. Berisi. Kalian bakal ketawa terbahak-bahak dengan cara yang cerdas dan intelektual tinggi.

Nah, pas audisi SUCI 4, ternyata ada seorang cewek yang dateng ke audisi cuma buat ketemu Raditya Dika doang. Karena aku juga nge-fans berat sama Raditya Dika, my inspiration, aku jadi pengen ikut-ikutan cewek tadi. Ikut audisi SUCI biar ketemu Raditya Dika.

Aku cerita deh ke Izza, dan ternyata Izza juga liat episode itu. Izza juga ternyata sependapat sama aku. Yeee... taun depan beneran kejadian gak yaaa???

Dan, inilah bagian terakhir dari blogpost ku yang merupakan inti cerita:

Baru-baru ini Izza cerita sama aku perihal ide kita mau ikut audisi SUCI buat ketemu Raditya Dika.

Izza: Yuf, kapan itu aku cerita sama Yoga atau sama Adiel, kalo aku sama yufi pengen ikut audisi stand up comedy biar ketemu sama Raditya Dika. Nah, terus mereka komen gini yuf:
"Kalo kamu yang ikut audisi stand up comedy sih aku masih percaya za, lha kalo yufi? Orangnya datar gitu."

Huaaa, jahaaaat bangeeet. Aku kan jadi sedih. Yaudah deh, biar aja Izza yang ikut audisi. Aku ntar diluar aja nemenin dan mensupport Izza dari belakang. Lha terus, aku ketemu Raditya Dika nya gimana? Huhuhu, ilang deh harapanku buat ketemu inspirasiku..

Beberapa saat setelah izza cerita itu, aku ke kamar mandi, buang air kecil. Nah, tiba-tiba aku kepikiran jawaban yg tepat untuk kondisi di atas.

Pas aku ketemu izza lagi,
Aku: Za, tolong bilangin ke Yoga atau Adiel:
"kalian belum tau sih yufi kalo ngelucu gimana............. emang gak lucu."

(Muka datar)

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa