2017 Rewind -part 3

Assalamu'alaikum wr. wb.

Juli-Agustus 2017. Keluar dari mulut singa, masuk ke mulut harimau T___T
Setelah akhirnya stase obsgyn selesai, Alhamdulillah ujian osce nya lancar, langsung lah kita masuk ke stase anestesi. Karna pada dasarnya aku tipe yang engga suka tindakan, soalnya tanganku tremor dan orangnya ga tegaan, aku pastinya demam panggung doong masuk stase anestesi, huhuhu. Bener-bener idup rasanya ga tenang selama 4 minggu ini, ga bisa enjoy :(

Pas di Sarjito, tiap hari masuk paling lambat jam 6.30, langsung ikut Parade (semacam morning report, koas ga ngapa-ngapain sih, cuma duduk ndengerin, kalo lg beruntung malah suka ikutan ditanya tentang pasien yang kemarin divisite, huft). Selama 3 hari pertama masih aman sih, kegiatannya bimbingan koas alias biko-biko saja sampe siang terus pulang. Tapi, setelah 3 hari itu berakhir, mulailah kehidupan koas anestesi yang sesungguhnya.

Kelompok kami diawali dengan ke rs jejaring dulu, yaitu ke rs akademik. Dokter spesialis anestesinya baik-baik, ada dr, Kan dan dr. Dwi. Tapi ya bagaimana ya, namanya sudah ga enjoy jadi tiap hari tu rasanya selalu tertekan. Rasanya beraaat bgt berangkat pagi, apalagi kalo sudah sampe depan pintu ruang operasi. Selesai jadwal operasi, sore atau malamnya balik lagi ke rs buat visite pasien yang mau dioperasi. Di ruang operasi kadang-kadang disuruh pasang ET, pernah lewat mulut, pernah lewat hidung. Sisanya, duduk nglesor di bawah, nunggu operasi selesai. Kalo visite juga. Beraat bgt rasanya harus ke bangsal2, nanyain yang operasi ada berapa, terus ke kamar2 pasien buat periksa2. Kalo ada pasien yang belum dateng, paginya sebelum ke kamar operasi ke bangsal dulu buat nemuin pasien nya. Nah belum lg kalo dapet jadwal jaga icu. Gabut cuuy, ya mungkin sebenernya bisa belajar macem-macem si di sana, tergantung orangnya. Lha kalo gue kan pasif ya anaknya, bingung mau belajar apa, mau tanya apa. Yaudah deh, yang ada gabut, cuma liatin kalo misal ada tindakan2 apa ngikut, kalo ada dokter visit ngikut, wkwk. Kalo bahasanya anak UNS, nyiro (macam disamakan dengan shiro nya shincan). Tapi ini masih mending sih daripada di Sarjito...

Di Sarjito, seperti biasa paginya ikut Parade, habis itu biasanya ke ruang operasi. Di ruang operasi kerjaan nya nglesor lagi. Ini lebih nglesor lagi, karna di kamar operasi orangnya ada banyak, dari residen anes senior, residen anes junior, residen bedah, perawat, dokter bedah (kadang-kadang), wkwk. Dan koas anes mau apa? Kadang-kadang dikasih pasang ET sih, tapi selama di Sarjito gagal mulu pasang ET. Terus habis itu nanti sorenya ikut stase lapangan. Bisa tenis, sepak bola, bulutangkis. Kerjanya? Nglesor lagi di pinggir lapangan. Boleh sih ikut olahraga, tapi kan yakali gue olahraga. Habis lapangan, visite pasien. Bisa cepet, bisa lama. Daan, ada jadwal jaga malam IGD dan ICU.

Salah satu cerita di Anes yang aku inget itu waktu se kamar operasi sama Nida', 2 kali. Yang pertama, sama dr. DES, disuruh belajar topik apa gitu. Yaudah, belajarlah kita seadanya. Ee, pas di kamar operasi ternyata didiemin juga, bhay lah gatau kita mah nglesor aja. Terus kedua kalinya kita bareng, kita visite preop, dokternya baik-baik, dokter senior nya perempuan, terus yang juniornya cowok2. Aku sama Nida' sudah yakin begitu pas preop "ah ga dapet ET besok, pasien nya susah2 dan residen nya banyak". Eh, realitanya kita berdua dapet ET dong, tapi kita berdua gagal pasang ET semua, wkwk.

Pengalaman lain, pernah jaga IGD sama dr. WIL, terus pas sudah jam 11.00 malem aku kan ngantuk ya, dan aku kalo sudah ngantuk ya begitulah tak tertahankan lagi. Sampai ketiduran beberapa kali dan dibangunin sama adek minggu yang jaga igd juga. Eeh, terus ketauan sama dokternya, dokternya bilang "Kamu mau jadi dokter skincare ya jam segini sudah ngantuk". Ini juga pengalaman jaga igd tidur di mushola, karna kalo tidur di ruang resus bisa beku aku. Dan di mushola pun juga dingin.. Terus pernah jaga ICU bareng adek minggu lagi. Dia dibawain bekal McD sama ortunya, aku ikutan dibawain, hehe. Lumayana makan burger rendang gratis, makasih ya dek..

Pokoknya, lega banget kelar stase ini tu, lega banget! Kayak dah bebas, dah plong. Sudah lewat stase obsgyn dan anes, tinggal stase bedah ini yang belom.

Bersama dr. Yusmein, DPK anes terbaik yang juga ajar banyak ilmu :)) 
Terima kasih banyak dr. Yusmein..
Kelar stase anes kita liburan ke Semarang!! Hore!! Sebenernya aku sudah nyipain list tempat makan yang ingin aku datengin sih di Semarang, tapi karna waktunya mepet jadi enggak jadi disinggahi deh. Itinerary pertama kita yaitu foto-foto di Kota Tua. Banyak dan puaas bgt foto-fotonya, walaupun panas, ini badan sampai keringetan ga ngerti lagi, terus aku jadi bauu. Sowry. Habis foto2 dan jalan kaki muterin kota tua, kita makan di Eastman. Makan di sana gara2 aku pernah liat story nya Ssm makan smoothies bowl di sana, aku jadi ingin. Jadi, aku makan siang smoothies bowl pada hari itu. Habis dari Eastman kayaknya kita makan lagi, makan dessert di First Love. Kita makan kue di sana. First Love cake enak pakai banget!!! Enak bgt sumpah! Jadilah bungkus untuk dibawa pulang. Habis itu kita mampir beli lumpia semarang di (lupa namanya). Ini juga enak banget lumpianya! Asli enak banget! Habis kulineran, kita pergi ke Lawang Sewu untuk foto2. Waktu itu sekitar jam 16.00 apa 17.00an, pokoknya kita di Lawang Sewu sampe hari gelap, karna mau foto2 dengan latar belakang lampu2 Lawang Sewu. Selesai foto2 kita makan lagi, horee, di (lagi-lagi aku lupa namanya), pokoknya dia bukanya kalo malem saja, di gang pecinan, dan jual jajanan-jajanan kayak sunmor gitulah. Mantap. Waktu itu thai tea lagi booming bgt, jadilah aku beli thai tea. Sebenernya ada minuman mangga juga yang aku ingin, tapi booth nya tu kayak ga jelas ini beneran jualan mangga apa enggak, akhirnya ga jadi beli. Sama makan soto kalo ga salah. Karna seharian ini sudah cukup banyak keluar uang, aku ga lagi jajan2. Hemat broo. Setelah itu, kita pun pulang. Di jalan pulang sempat mampir ke rest area baru. Kak disto, Nadila, Nida' ngopi di starbuck. Hmm, nyampe Jogja sudah hampir tengah malem. Kak disto nganter kita ke rumah Yayas, terus aku sama Nida' pulang ke rumah naik motor. Wah, lumayan capek bgt sih, apalagi di mobil lumayan sempit spacenya karna kita duduk berempat, wkwk. Tapii, seneng banget lah pokoknya jalan-jalan ke Semarang ini!

Setelah puas foto2 di kota tua
Lawang Sewu, masih terang
Lawang Sewu, langit sudah gelap
Ini favorit banget! Begitu liat tempat ini di toilet Eastman, 
langsung minta tolong Nida' buat fotoin, hehe.
September-Oktober 2017. Akhirnya kita masuk ke stase besar ketiga kita yaitu IPD alias penyakit dalam. Masuk IPD ini hatinya lebih enteng daripada kedua stase sebelumnya karna ga banyak tindakan. Seminggu pertama biko-biko terus. Aku selalu bahagia selama seminggu pertama stase besar. Biko saja, gak ada jaga malam, ga ada jadi cicak2 di dinding atau nglesor di bawah. Terus habis itu minggu keduanya kita langsung ke luar kota yaitu Banjarnegara.

Penyakit dalam di Banjarnegara super duper ENAK! Dokter spesialisnya, dr. Thomas, baiiik bangeet. Dokternya kalau sudah selesai ngomong sama kita, suka pamit sambil bungkukin badan sedikit. Kita langsung ikut bungkukin badan juga otomatis, jadi kayak orang Jepang. Dr. Thomas terlalu baik :")

Dan di Banjarnegara jadwalnya selo siih, cuma bangsal2 saja, pagi visit pasien, terus ikut muter visit sama residen, terus terakhir visit sama dr. Thomas. Habis itu pulang, yeeay. Terus kita kulineran, terus bobok siang, wkwk. Malamnya kita bikin template buat diisi keesokan harinya setelah periksa pasien. Kadang bisa ikut poli juga, tapi kita gak jadi cicak. Kita beneran dikasih ruang, yang biasanya diisi residen sih buat periksa pasien2 baru. Beneran kayak jadi dokter beneran. Terus nanti dr Thomas dateng buat ngecek kita tulis apa saja. Tanpa ada perasaan terintimidasi sedikitpun.

With dr. Thomas terbaik
Pulang dari rumah sakit ke kos. Ini juga ini yang bikin betah di Banjarnegara, kosan bu Mimin! Kos nya enak banget doong, bentuknya rumah begitu (memang apa kalo bukan rumah? sawah?), bersih, dan fasilitasnya komplit. Ada dapur, mesin cuci, setrika, kalo mandi bisa pakai air panas (aku ga pernah mandi air panas sih tapi), dan di ruang tamu ada kasur yang empuk dan banyak bantal2. Aku bisa banget ini bobok di sini. Tapi di sini cowok cewek campur, jadi aku harus jaga sikap sih, jangan sampe ketiduran di sembarang tempat. Pokoknya the best banget lah kosan bu Mimin. Cuma sayangnya di sana ada.....kodok! Suatu malam ada insiden kodok masuk rumah. Aku pernah sih kayak ngeliat bayangan begitu di tempat sholat, tapi aku gatau kalo itu kodok. Alamak itu pengalaman paling menakutkan selama di kosan bu Mimin. Mana kodoknya tu lincah banget, dia bisa loncat tinggi terus nemplok di tembok, bagaimana gue ga histeris. Aku langsung banget sembunyi di kamar sambil ngintip2 kodoknya sudah berhasil dikeluarin belum. Dan tahu ga siapa yang berhasil ngeluarin kodoknya? Iik! Sama dia dipegang doong kaki kodoknya, terus dibuang ke luar. Huhuhu, harusnya dibuangnya lebih jauh lagi ya. Sejak saat itu aku jadi takut dan parno buat buka jendela kamar, takut kodoknya bisa masuk lewat jendela kamar, kan berabe. Kata Eyangnya yayas, kodok kecil nan lincah ini namanya kedindang. Sudah, gara-gara ini aku batal mau internship di Banjarnegara dan ngekos di bu Mimin. Terus beberapa waktu setelah itu aku liat update-an Choo di Instagram. Jadi ceritanya dia ngekos di bu Mimin, dia ngepost video, si kedindang ini lagi berenang di bak mandi. Terus Choo ada ngomong juga di comment ini kedindang pernah masuk bajunya Ocep. Lemes aku nak, fix lah gamau lagi ke sana.

Oiya, waktu di Banjarnegara aku pernah sendirian di rumah itu. Anak kos yang lain sudah pada balik ke Jogja, terus Yayas dijemput ke Purwokerto. Mas-mas yang lagi internship juga pada di Jogja. Karna di Banjarnegara ini kita cuma 2 minggu, jadi aku memutuskan untuk stay saja di sini ga ikut balik Jogja, ingin explore banjar sajaa. Hal pertama yang aku lakukan adalah cari makanan2 hits Banjarnegara di Instagram. Kalo untuk resto2, kita sudah datengin beberapa sama Yayas, kak disto, iik, sm kak subi. Yang paling aku suka itu ada tempat makan Jepang yang murah, ramen nya lumayan enak dan memuaskan. Setelah browsing di Ig, sore harinya aku makan di cafe kecil (aku lupa namanya) pas di perempatan. Cafenya lucu, jadi langsung menarik perhatianku. Selama explore malem minggu ini aku berbekal jalan kaki dan Google maps. Di cafe ini aku pesen burger sama smoothies apel. Burgernya kecil, kurang sesuai ekspektasi, huhu. Tapi minumannya enak. Nah habis dari cafe ini, aku jalan, Sholat Maghrib dulu di Masjid. Habis itu jalan lagi, ngelewatin alun-alun cari martabak. Jalan ke martabaknya lumayan sih. Aku beli martabak taro keju. Habis beli martabak, pulang deh. Nah, pas pulang ini aku kan lewat jalan yang berbeda dari jalan pas berangkat. Ada jalan yang, sebenernya jalan raya nya besar, tapi gelap. Aku jalan di sebelah kanan, pas aku noleh ke kanan, ternyata ada rumah yang kayaknya kosong begitu. Dan ga cuma 1, sebelahnya juga kayak rumah kosong, itu kenapa jalan nya gelap. Karna menurutku itu spooky banget, takut beneran aku, aku jalan nya mepet2 ke jalan raya, ga berani jalan di trotoar. Terus aku jalannya cepet, biar segera bisa melewati area itu. Itu pengalaman yang horor. Kalo ga salah, pas sebelum nyampe rumah aku mampir dulu minum ronde buah di deket rumah sakit, lucu ronde nya ada macem2. Ronde buah, ronde dawet, unik lah pokoknya. Habis itu, pulang deh.

Ini ini best ramen in town! Kota Banjarnegara

Woiya, ternyata namanya Epic cafe
Di rumah, like a boss banget, enak bisa menguasai rumah ini sendiri. Walau masih merasa spooky, aku langsung nyalain lampu, ngunci pintu, dan nyetel tv. Makan martabak sambil tidur2an di kasur ruang tamu. Nyaman banget malem minggu ku... Bahagia. Eeh, pas sudah agak malem begitu, ternyata mas Rama (sedang internship) pulang! Kaget juga aku, kirain bakal menghabiskan weekend sendiri, ternyata mas Rama balik ke kosan. Karna takut ketiduran lagi di ruang tamu, aku pun masuk ke kamar. Paginya, hari Minggu pun tibaa.. Mas Rama sudah sibuk saja sama laptopnya, katanya itu kerjaan dia. Aku nawarin mau nitip sarapan enggak tapi mas Rama gamau. Aku keluar deh, jalan kaki lagi, beli bubur ayam (sudah sering liat papan nya, jadi memang merencakan mau sarapan disana). Setelah kenyang makan bubur ayam, aku pulang mampir beli mendoan dulu. Aku lupa pagi itu aku ngapain, entah ngendon di kamar atau di ruang tamu atau kerja (re: nyuci dan setrika). Siangnya, waktunya makan siang, aku keluar lagi jalan kaki buat makan siang. Aku nawarin mas Rama lagi, tapi mas Rama gamau. Yauda aku ke alun-alun deh. Aku sudah ngidam bgt ingin makan mie aceh di alun-alun. Eeh, sampe sana, sudah kucariin mie acehnya ga ada! Huft. Yaudah deh, karna pas menuju alun-alun aku liat warung sop snerek, aku makan lah disana. Setelah makan sop, aku menuju destinasi berikutnya, kayak cafe kecil yang jual minuman susu begitu lho bisalah buat nongkrong beberapa jam sambil belajar. Eeh, pas sudah dicariin, lagi-lagi dia tutup! Yaudahlah akhirnya balik lagi ke kosan :(

Bubur ayam

Sop Snerek (hehe, dulu story belum bisa di-highlight)
Kalo sudah minggu sore, artinya weekend sudah berakhir :( minggu malam sudah harus nemplate lagi. Mana aku ketiduran lagi, jadi yayas tunggu dibukain pintunya lama bgt. Maaf yayas :(
Menjalani kehidupan di Banjarnegara yang menyenangkan selama seminggu, habis itu pulang. Pas lewat Wonosobo mampir dulu makan mie Ongklok. Yum!

Oiya, sebelum pulang dari Banjarnegara, kita sempet main ke Purwokerto. Jadi ceritanya waktu itu adalah libur Idul Adha. Aku, kak Disto, dan Kak Subi pergi ke Purwokerto, Iik pulang ke Tegal, Yayas juga ke Purwokerto tapi nginep di rumahnya. Kalo kami, nginep di Vila nya nadila. Ga cuma kami bertiga, tapi ketambahan 5 personil anak IPD Banyumas (Nadila, Nida', Husni, Aldo, Meor). Pas ke Purwokerto, kami bertiga mampir di Rita Supermall, belanja semangka, sosis sama kentang goreng kalo ga salah. Dari Rita supermall kita meluncur ke rumah Nadila untuk makan malam yang amat sangat lezat. Malemnya, di Villa nya Nadila kita masak2 lagi, wohoo! Masak tahu aci, kentang, dan sosis. Sambil main board game. Seruuu banget! Ini pertama kalinya main Monopoly Deal. Belum ngerti apa apa. Tapi sekarang, ketagihan banget kalo main Monopoly Deal, ga bisa berhentii. Enak banget di Villa Nadila, boleh lah kapan kapan kita nginep di sana lagi, hehehe. Keesokan harinya, kita Sholat ied, terus makan besaaaar di rumah Nadila. Terima kasih keluarga Nadila.. Pas Sholat ied ada insiden para lelaki yang naik mobilnya kak disto, tapi duduknya di bak belakang. WKWK. Diliatin orang tiap lewat, kocak bgt lah. Perjuangan ya guyss. Habis itu kita main ke Baturaden. Puas main di Baturaden, siangnya sebelum balik ke Banjarnegara mampir dulu ke Cherry beli yogurt dan cemilan2. Sorenya tim Banjarnegara harus berpisah deh sama tim Banyumas.. :((

After Sholat ied di GOR... apalah lupa namanya, wkwk

Selamat Idul Adha, from Banjarnegara & Banyumas with Love

Jalan-jalan @Batu Raden
Kalo kehidupan IPD di Sarjito, ga terlalu banyak yang bisa diceritain. Weekend jaga, paginya laporan pagi, terus ke poli/bangsal/iccu, bisa pulang siang, atau lanjut jaga sampe malem or sampe dini hari keesokan harinya. Lumayan seru kalo pas laporan pagi atau jaga, karna bareng kelompok yang lain jadi lebih rame. Ada Amgah, Vincent, Kak Fadli, Justi, Arta, dkk. Kalo awal2 jaga biasanya kita segerombolan koas muterin bangsal, cari harus lapor sama siapa, kalo sudah terus ke kamar jaga. Deket2 waktu Maghrib, pesen gofood, makan malam. Habis itu muter lagi cari residen buat tentiran. Kalo lagi bejo, dapet tentiran nya ga kemaleman, habis itu bisa balik lagi ke kamar jaga, pindah tidur. WKWK. Tenang, gak se-ngale itu kok pada prakteknya. Pernah juga pas jaga iccu, hari pertama jaga sih santai. Kita bisa numpang tidur di kamar jaga bangsal, paginya baru turun lagi. Tapi, yang kali kedua jaga iccu, agak hectic. Kita sih sebenernya ga ngapa-ngapain, tapi ada pasien nya yang agak gawat. Jadi kita ikutan standby. Bahkan, McD yang sudah kita pesen sampe dingin karna ga sempat-sempat dimakan. Pas jaga yang kedua ini aku juga awalnya ngantuk banget, sampe beli kopi dan minum kopi. Setelah akhirnya bisa makan McD di kamar jaga atas, sekitar jam 10an, kita turun lagi ke iccu. Kita diajarin macem-macem sama residen yang super baik dan pintar, dr. Asa. Kita baru tidur di atas jam 1 kayaknya. Dan, tidur di musholla. Paginya bangun kedinginan, langsung diajak diskusi lagi sama dr. Asa. Panutan memang.

Waktu stase bangsal di Sarjito, aku, Yayas, sama Iik dapet bangsal Dahlia 4. Kita dapet residen dr. Darwis. Sebenernya tadinya kita berharap ga sama beliau, tapi ternyata stase bangsal sama beliau itu terbaiiik. Stase bangsalnya jadi bukan cuma lewat doang, tapi dapet ilmu karna diajarin. Ngajarin nya juga enak banget, sayang waktu belajar sama beliau kurang banyak, kurang banyak terpapar ilmu-ilmu beliau. Tapi, ilmu ini ga gratis dong pastinya, selama 4 hari di bangsal ini kita harus berangkat pagi, sekitar jam 6an untuk ikut residen visit pasiennya. Bangsal lain mah mana ada follow up pagi sama residen. Ini hanyalah, khusus, untuk koas di bangsalnya dr. Darwis. Tapi gapapa, aku dapet residen dr. Mirza, dokternya suka njelasin tentang pasien nya dan ngasih PR, jadi aku terpicu untuk belajar dan cari tahu. Cuma, sayang bgt, suatu hari aku kayak kezel abis gituu. Jadi ini ya, pagi hari pas lagi follow up pagi jam 6an, setelah selesai muter pasien, aku dimintain tolong untuk nganter sampel darah ke UPTD (buat sampel donor darah begitu). Dari lantai 4, aku turun ke lantai 1, keluar gedung bangsal menuju UPTD. Setelah selesai aku balik lagi ke bangsal lantai 4. Baru saja nyampe, tiba-tiba ada tugas lagi untuk nganter sampel ke laboratorium yang letaknya tetanggaan sama UPTD. Urgh, yang bikin kezel tuuu kenapa ga sekalian tadii.. gue kan barusan balik, naik turun tangga ke lantai 4. Yaudah, ini kayaknya gue gak ikhlas ya, wkwk, gue anterin lah ke laboratorium habis itu balik lagi ke bangsal lantai 4 (harus ditulis lengkap ya lantainya, wkwk). Baru habis itu gue bebas tugas dan ikut kegiatan laporan pagi seperti biasa. Yaah, gapapalah itung-itung olahraga pagi.

Nah kalo pas stase poli umum di Sarjito, aku seneng banget ini karna dapet pembimbing dr. Putut, dokter favorit aku, yang aku datengin setiap bulan buat minta resep Sebivo, hehe. Dokternya selalu inget sama aku coba, bahkan pas aku lagi ditangani sama dokter lain, dr. Putut suka tiba2 nimbrung. Tapi, beliau sudah nanyain "Sekarang dimana?" 2 kali, dan jawabannya masih sama "Masih tunggu penempatan bulan November dok". Huhu, maaf ya dok, saya bukan murid yang bisa dibanggakan :"
dr. Putut ini jadwal poli hari Senin dan Rabu. Hari Senin, aku sama Yayas sengaja ikut poli beliau sekalian janjian untuk tutorial. Pas hari Senin itu ada juga dr. Fahmi, dokter yang lagi ambil profesi subspesialis gastro. Baru masuk poli sama beliau, beliau langsung ngasih tahu aplikasi tentang hepatitis, duh lupa lagi namanya apa, tapi aplikasi ini cuma bisa dipake kalo punya STR/SIP begitu. Kan sedih ya batal bisa belajar. Soalnya belum kelar kita liat aplikasi itu di hp beliau, pasien mulai berdatangan. dr. Fahmi ini juga favorit aku sama Yayas, karna beliau humble sekaliiii, sama pasien dan sama koas. Pernah beliau ngelakuin perkusi (?) tapi pakai semua jari, hehe, bingung ya, begitu deh pokoknya, lucu. Terbaik lah dr. Putut dan dr. Fahmi ini. Pas hari Selasa, kita ganti coba masuk poli hipertensi. Keliatannya pasien nya sedikit dan polinya sepi. Tapi gataunya satu pasien bisa lamaaa bgt nanganin nya karna harus tunggu konsulan. Duh, salah masuk poli banget, kita pulangnya jadi kesiangan (di atas jam 2). Hari Rabu, masuk poli rheumatologi. Eeh, belum lama kita di poli rheumato, Yayas ngeliat dr. Putut manggilin pasien nya sendiri. Kan kita ga tega ya, akhirnya karna pas itu poli rheumato jg lagi ga ada pasien, kita pindah ke poli gastro (lagi). Lumayan banyak pasien hari itu di poli gastro. Tapi aku senang sekali bisa membantu dr. Putut dan dr. Fahmi, ya walopun cuma manggil pasien dan bantu nulis2 :))

Setelah 3 minggu di Sarjito, kami berlima pindah ke RSA. Top banget penyakit dalam di RSA, dokternya baik baik banget bak malaikat. Ada dr. Putu, dokter yang baik banget, kayak malaikat, kalau bicara halus sekalii.. Sayang beliau sangat sibuk jadi cuma sempat ngajarin kita di hari terakhir. Tapi, kalo ikut poli beliau memang harus bisa nahan ngantuk sih, hehe. Terus ada dr. Eko, dokternya kocak, kalo ada pasien yang ngerokok sering dibilang "Uang rokoknya itu bisa buat beli Expander lho kalo ga dibuat beli rokok. Ini saya carikan gambarnya, Toyota (?) Expander." Dr. Eko ini pokoknya humble sekali dengan pasien dan suka bilang obat dengkulpenak (diklofenak). Anaknya masih kecil2, sekolah SD begitu, dan sekolahnya deket RSA. Jadi anaknya pulang sekolah suka nyusulin ke RSA. Lucu banget. Lalu ada dr. Agit, wah the best sih ini. Dokternya sering banget ngasih PR untuk keesokan harinya dibahas dan ditentir. Ngajarinya top banget, mudah dipahami dan realistis. Cuma aneh saja kadang di poli beliau kita cuma duduk saja kerjanya. Oiya, di poli penyakit dalam RSA ini ada kursi untuk koas. Bahagia banget ga sih ga perlu jadi cicak, bisa duduk, kakinya gak pegel. Terbaik (sudah berapa kali aku tulis terbaik, terbaik mulu daritadi). Dan yang terakhir, ada dokter... duh aku lupa namanya karna saking jarangnya ketemu beliau. Pasien beliau ini paling banyak, jadi kita ga mesti bisa masuk ke poli beliau. Tapi beliau ini sosok yang sangat pintar, keibuan, kalo sama pasien juga humble, ramah (humble sama ramah apa bedanya), ngemong. Dan di waktu yang sangat singkat bisa ketemu beliau, beliau sempat2nya tentir kita ilmu beliau yang berharga :"

Setelah 2 minggu di RSA, balik lagi ke Sarjito seminggu, lalu ujian. Oiya, pas di RSA kita sempet nonton bareng film IT. Hahahaha, gokil sih itu filmnya. Scene awalnya saja serem banget, scene paling serem menurutku. *ingin mengumpat* karna seremnya. Pas badutnya itu niruin suara popcorn, "pop, pop, pop" (kok malah kayak iklan permen hot hot pop) itu serem banget cuuy. Scene awal itu pokoknya, dimana gue belum expect itu serem, malah jadi serem banget (ngomong apa sih). Stase poli paru seminggu di Sarjito diskip saja ya, ga ada kejadian yang cukup menarik.

Dan di minggu terakhir, kita pun ujian. Alhamdulillah, setelah deg-deg-an banget pas dapet pengumuman dokter penguji ujian praktek dan lisan, aku sama Yayas dapet dr. Susan, Sp.PD-KHOM. Duh sempurna sekali beliau. Dokternya cantiiik, dan baiiik hati. Alhamdulillah kita bisa ujian dengan lancar, ga ditunda-tunda, dan nilainya juga, beliau terlalu baik memberi kita nilai yang baik :"

Alhamdulillah.. sekian dulu, tinggal stase bedah yang kurang. to be continued...

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa