2017 Rewind -part 1

Assalamu'alaikum wr. wb.

Hari ini tanggal 1 Agustus 2018. Postingan terakhirku bulan Januari 2017. I didn't post way too long. Mianhae. Because a year has passed, let me write about 2017 rewind before post something else.

Hmm... *thinking hard*. Okay. Jadi, tahun 2017 ini bisa dibilang kuhabiskan untuk koas. Ga terlalu banyak yang aku lakukan, except being a coas.

Januari 2017. Bulan Januari diawali dengan stase Kulit. Salah satu stase yang paling enak dan menarik buatku. Dan aku dapet rumah sakit di Bethesda. Aku sebagai koas yang gak ambis, selo, seneng2 saja dapet Bethesda. Pulangnya siang, hahaha. Terus kami disana ketemu koas dari UKDW, akhirnya ketemu orang lain selain kelompok koas, wkwk. Lumayan, menjalani stase kulit bersama oppa-oppa (oppa jowo dan oppa beneran). Teruuus, aku di stase kulit ini bareng sama Vita. Jarang banget bisa bareng Vita. Kita sering banget ngendon di poli IMS (infeksi menular seksual) kalo di Sardjito, wkwk, tidak lain dan tidak bukan biar bisa sepoli sama residen piiiip. Enggak ding. Soalnya di Bethesda jarang banget dapet kasus IMS jadi kita cari di Sardjito deh. Bonusnya, sepoli sama residen kulit cowok yang kulitnya bening, wkwkwk.

(masih Januari 2017). Habis stase kulit pindah ke stase THT. Sebelum masuk stase THT kita ada libur 1 minggu. Nah, di libur ini aku sama Nida' jalan jalan dooong ke Bandung. It was superb! Sooooo much fun and food. Kita liburan ke Bandung berdua doang, selama 3 hari 2 malem, nginep di rumah sodara sepupuku, mbak Ima. Berangkat malem hari naik kereta, sampe di Bandung pagi-pagi. Terus kita kan pesen gocar ya. Gatau kenapa bapak gocar yang jemput itu lamaaaaaa bgt sampe nya. Sumpah lama biyanget. Dan naik gocar dari depan stasiun juga serem bgt karna dikejar kejar sama supir angkot. Asli sudah capek nungguin lama bgt, naik mobil saja horor di-julid-in bapak2 taksi -_- 

Sesampainya di rumah mbak Ima, kita langsung unpacking, mandi (dingiin cuy), sarapan, terus langsung buka website kiri.net (kalo ga salah sih itu) buat panduan naik angkot. Itinerary hari pertama kita adalah kota bandung! Kita naik angkot ke alun-alun Bandung, sholat di masjid sana, terus foto2 di alun-alun Bandung. Akhirnya kesampaian juga menginjakkan kaki di rumput hijau sintetis alun-alun dan taman nya yang kotak-kotak itu. Puas lah foto2 disana. Yang ga puas cuma kaos kaki jadi basah karna rumputnya ternyata basah, wkwk. Habis dari alun-alun kita jalan ke Jl. Asia Afrika, tempat shooting "Preman pensiun". Sebenernya ngidam banget ingin foto di depan tembok bertuliskan "Bumi pasundan lahir saat Tuhan tersenyum". Tapi gabisaa, bagaimana caranya, mobil lewat terus, rame, gagal sudah pokoknya. Habis itu kita lanjut ke Jl. Braga. Sudah lama bgt ingin kesini, akhirnya kesampaian. Kalo ga jalan sendiri, pergi ke Bandung sama keluarga, ga bakalan deh bisa ngebolang kesana kemari. Di jl. Braga banyak bgt kuliner, tapi ga mungkin dong kita cobain semua, jadi kita coba kuliner yang murah, yaitu es krim 10ribuan. Terus kita laper, jadinya kita mampir ke Mall Braga (lupa namanya) terus makan di Kios-K (ini juga ngidam bgt). Kenapa Kios-K? Menurutku, Kios-K itu foodcourt yang enak, karena kita tinggal duduk, dikasih menu dari semua stall makanan disana, pesen, terus bayarnya jadi 1. So ga perlu keliling buat milih mau makan apa, bayar sendiri2 sesuai stall nya. Aku beli mie kocok dan TAHU GEJROT! Ma Luv! Enak bgt tahu gejrot maaan, lo harus makan tahu gejrot! Habis itu kita lanjut kuliner ke roti bakar Gempol. Tadinya mau coba tahu kupat Gempol, tapi kalo sore ternyata sudah habis. Ke roti bakan gempolnya pakai nyasar2 dulu. Dan cuaca mulai gerimis. Perfect bgt dingin2, makan roti bakan anget! Mantap! Habis dari sana, kita lanjut jalan kaki ke cingu-chagiya korean restaurant. Tahu tempat makan ini gara-gara liat di tipi. Interiornya penuh sama pernak-pernik ala korea, poster k-drama, playlist of course k-pop, terus di dalem juga dibikin kayak food street begitu modelnya. Lucu anet deh pokoknya. Ga nyesel kesini. Terus kita dijemput sama mbak Ima, pulang deh ke rumah.

Itinerary hari kedua: Lembang. Pagi-pagi kita sudah mandi, siap-siap untuk cao ke Lembang. Kita naik gocar ke Taman Bunga Begonia. Lewat jalan2 sempit, akhirnya kita sampai dengan selamat dan hemat, wkwk. Taman nya ternyata ga terlalu luas, tapi puas bgt sih foto-foto disana. Cukup lah buat stok Instagram setengah tahun, wkwk. Habis dari taman bunga, kayaknya kita naik ojek ke Floating market. Disini kita juga foto2, tapi lebih banyak kulinerannya. Kita makan lumpia basah sama cuanki. Yum yum. Habis dari Floating market, cuss naik angkot ke Farm house. Disini dengan bayar tiket masuk, kita dapet susu. Enaaaak bgt susunya, lumayan banyak juga. Worth it bgt menurutku. Di sini spot fotonya banyaaak. Sayang pengunjungnya juga banyaak jadi ramee bgt. Bahkan Nida' bisa-bisanya ketemu rombongan IC (SMA nida'). Doi ngobrol2 deh sama guru2 IC. Oya, pas kita di farmhouse ini ada insiden domba-domba nya pada lepas, wkwk. Tapi untungnya, mereka ya cuma lari-lari saja. Lucu malah, hahaha. Setelah kesampaian foto di depan rumah Hobbit, kita dijemput bude Tanti. Malam ini kita nginep di Lembang.... Dingiiin brrr.

Itinerary hari ketiga, kita terpisah, huhuhu. Aku jalan-jalan sama bude Tanti dan bude Anti, sementara Nida' pergi ke Gramedia sama temennya, katanya mau baca komik. Dan memang hari ketiga ini sudah ga se-seru hari2 sebelumnya. Tapi seneng sih bisa ketemu si bule cantik Khansaa. Cantik banget ya Alloh.. Sorenya, waktunya untuk say good bye sama Bandung. Huhuhuhuhu. Nida' pulang ke Jakarta, aku pulang sendiri ke Jogja. Dan, makan malam favoritku di stasiun Bandung adalah Hokben paket hemat dengan isian Tori baga sama Chicken roll.

Sudah panjang uga ceritanya. Padahal baru mau masuk Februari 2017. Bulan ini aku masuk stase THT. Terus dapet rumah sakitnya di RSA. Dokter THT di RSA ada dr. Adi sama dr. Boni. Gile dr. Boni gaul banget meeen, rambutnya dicat putih, pakaiannya necis, selalu pakai apa itu namanya semacam headset yang dikalungin di leher. Dan top banget kalo ngajarin. dr. Adi juga baik, dokternya mirip salah satu tokoh di OK-jek, tapi aku lupa namanya. Pokoknya di OK-jek ini dia bukan jadi driver, tapi semcam manager dibawahnya mba Prima, terus orangnya rada nyebelin begitu soalnya strict sama aturan kantor. Lupa bgt namanya.

Nah, di bulan Februari ini aku melakukan suatu hal yang spesial, ikut Kelas Inspirasi!!! Bangga banget gue. Gue ikut sebagai videografer. Aaah, bahagia banget kalo sudah ngomongin bikin video. Dan ternyata ada residen saraf yang juga ikut acara ini sebagai Pengajar. Sayangnya ga sekelompok sama beliau. Residen nya ganteng soalnya, dr. Andri, wkwk. Di acara ini aku dapet SD Muh. Girikerto, nun jauh di Turi sana. Senang bisa kenalan sama Pak Condro, Pak Ismail, Pak Nimo, Bu Wikan, Mba Denis, Mba Vera, Mas Adam, Mas Furqan, Mba Mufid, Mba Dhita.. What a great experience! Video nya bisa diliat di yutub ya. Tapi ada banyak kedudulan dibalik pembuatan video ini. Pertama, aku pinjem kamera Pak Ismail. Kameranya berat meeen, tanganku pegel banget, besoknya langsung DOMS (delayed onset muscle sore). Terus, tampakan di layar kamera tu ternyata beda sama di layar laptop. Gambar yang aku ambil sebagian besar shine bright like a Diamond. Keterangen! Ampuuun deh. Untung gue dibantuin sama frienemy gue, pak kormasit kkn jadi ada stok video lain yang bisa dipake. Daaan, gue asal ambil gambar2 saja, belum ada bayangan alurnya mau kayak bagaimana. Jadi bikin videonya kebalik. Videonya sudah ada, trus dari video itu barulah kita bikin alur ceritanya. Untungnya dibantuin sama master Izza, jadi videonya pun berhasil release. Oiya, buat bikin video ini aku ketemu teman baru yaitu Adobe Lightroom yang diperkenalkan oleh Mas Arie, teman KKN izza yang suka makan dan hapal harga burger McD.

Maret-April 2017. Bulan Maret, bulan dimana gue ulang taun. Taun ini gue ulang taun di Klaten, sedang menjalani koas Anak. Stase besar pertama kita! Awalnya takut bgt masuk stase anak, tapi Alhamdulillah dapet RS Klaten, bersama Yayas dan Nida', gemelli terbaik! Alloh memang Maha Tahu, dan Alloh tidak memberi cobaan yang hamba-Nya tidak sanggup memikulnya. Seneng banget koas anak di Klaten selama 8 minggu. Sudah kayak KKN lagi. Beberapa kali disamperin sama Bu Ambar pondokan KKN, dikasih makanan banyaaak bgt. Terharu bgt ga sih :"

Stase anak di Klaten terbaek banget lah pokoknya. Ada dr. Nov yang lovable banget, nada dering hapenya kayak di stasiun, suka nempelin stetoskop ke jidat anak, ternyata suka nonton drama korea, dan suka diajak boomerang. Ada dr. Hendra dan dr. Arif yang pinteerr banget. Ada dr. Mus yang walau tampak galak tapi baik dan pinteeer banget. Terakhir, ada dr. Desi yang cantik, baik, dan pintar. Dokter penguji osler akuu. Baik bangeet nilainya ga ngerti lagii. Berbekal kesabaran tunggu beliau sampe sore, mungkin beliau kasihan akhirnya dikasih pasien yang enak, ga banyak ditanya, dan dikasih nilai bagus. Beruntungnya diriku :". Tapi, bukan stase anak kalo tanpa drama. Drama stase anak klaten dengan judul "Anton-Intan", wkwkwk. Terus ketemu residen anak super baik dr. Dicky. Dokternya kaloga jam kerja suka cuma pakai kaos, sudah begitu memang perawakannya kurus, jadi kadang suka ga nyangka itu beliau. Selalu senyum, dan ketawa khas dr. Dicky. The best lah.

Stase anak Klaten itu berarti makan ramen kare di Waroenk Ramen, makan sambel layah, soto alun-alun Klaten yang enaaak bgt, Star steak, sate IGD, terus apa lagi ya kok aku lupa? Aku ingetnya ramen kare, enak dan murah. Sayang, warung ramen nya ini suka tutup gasik. Kemaleman dikit sudah tutup dia. Oiya, aku pernah makan di rumah makan korea begitu, tempatnya mungil. Terus aku pesen jajangmyeon. Mohon maap ini jajangmyeon ter-fail, jajanan ter-fail yang pernah aku makan. Saus hitamnya ga ada rasanya, dan ada potongan2 kubus yang aku gatau itu apa, itu juga ga ada rasanya dan teksturnya agak keras. Aku anaknya gak picky kalo soal makanan, tapi untuk yang satu ini aku bilang ini ga enak. Ini cukup bikin aku trauma ga ingin makan jajanmyeon. Kayaknya sampe sekarang aku belum pernah menyentuh jajangmyeon lagi. Pernah juga malem2 pas jaga, jam 22.00 keluar makan sendiri beli nasgor di pinggir jalan. Sungguh indah untuk dikenang, namun tidak untuk diulang --> kalimat wajibnya koas.

Stase anak Klaten ini berasa lamaaaa bgt. Aku dan Nida' termasuk yang jarang pulang ke Jogja. Aku jadi ingetm hari pertama sampe Klaten, Yayas lupa bawa kunci koper. Jadi dia balik lagi pulang ke Jogja di hari pertama nyampe Klaten. Terus, Nida' si pengigau. Kalo tidur dia seriiing bgt ngigau yang ada hubungannya sama koas. Suka tiba-tiba bilang TTV lah, apalah lupa aku dia pernah ngigau apa. Pokoknya lucuu, hehehehe. Dan dia selalu tidur dengan kain Bali warna merah kebanggaannya. Kalo yufi mah paling sering ketiduran. Ketiduran di lantai lah, ketiduran gabisa dibangunin lah padahal belum garap tugas, ketiduran padahal masih pakai dead sea mask, dan bahkan pernah juga ketiduran bareng sampe ga Sholat Maghrib! Ckckck, bangun2 kita kelaperan, bingung mau makan apa sudah pada tutup semua. Oiya, aku juga pernah jaga IGD, tapi nyuri2 waktu pulang, terus ketiduran di kamar asrama, WKWK.

Aku pernah pulang ke Jogja, terus langsung ke JCM reuni sama ciwi2 SMA. Pernah juga pulang ke Jogja pagi hari selepas jaga, terus siangnya ngerayain ultah sama trio wek wek, dikasih hadiah foto dengan bingkai warna KUNING, terus malemnya balik lagi ke Klaten buat jaga. Pernah mau jaga malam, berangkat dari Jogja kehabisan tiket Prameks. Akhirnya dari stasiun Lempuyangan langsung gojek ke Janti buat naik bis. It is like my very first time naik bis sendiri ke Klaten. Jalanan nya macet, bikin stres. Mana sudah malem, gelap. Aku kan ga begitu apal ya rumah sakit dimana, jadi aku liatiiin terus jendela dan jalanan biar da keblabasan. Pas banget itu nyampe Klaten langsung jaga. Pernah juga pas minggu akhir di Klaten, aku sama Nida' jaga weekend, 2 shift non-stop! Jadi habis kelar jaga shift 1 langung tukeran sama Nida' lanjut jaga lagi. WKWK. Demi seminggu ke depan tidak jaga dan bisa fokus belajar. Daan, pas stase anak ini, karna stase besar pertama ya, sering kalo lagi sendiri di kamar asrama, mau jaga weekend nangis sendiri di kamar. Kalo inget rasanya jadi ingin nangis :"

Wuah, baru sampe sini tapi sudah panjang, dan sudah malam. Sudah bukan tanggal 1 Agustus lagi, sudah ganti hari. "Sudah malam, ikan bobok"

Lanjut ke postingan berikutnya ya, stay tuned. -to be continued

Hari terakhir di Bethesda makan Plate-O sama Vita

Hari pertama di Bandung, puas-puasin foto di alun-alun


Itinerary pertama hari ke-2: Taman Bunga Begonia

Floating Market rasa Jepang

Berkunjung ke rumah Hobbit, cari cincin

Stase THT with dr.Boni

My super-kelas inspirasi-team!

Pertama kali jaga weekend

Last day in asrama Klaten! Ready to go to Jogja! After this i bought King Wing and Haniki green tea Banana right after arrived in Jogja


Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa