2017 Rewind -part 2

Assalamu'alaikum wr. wb.

April 2017. Melanjutkan cerita kemarin, setelah stase anak harusnya kami langsung masuk stase obsgyn. Tapi ternyata kita malah dikasi libur seminggu. Bukan dikasi cuma-cuma, itu sebenernya adalah libur setelah obsgyn, kalo ga salah, yang dipindah jadi libur sebelum obsgyn. Huff. Bersenang-senang dahulu bersakit-sakit kemudian. Tapi yaudahlah ya. Daaan, liburan kali ini aku ke Bandung (lagi)!!! Kali ini ke Bandung nya dalam rangka nganter adek yang mau asrama Olimpiade Kimia di Bandung.

Tapi aku agak2 lupa. Kayaknya kita berangkat ke Bandungnya pagi deh, nyampe Bandungnya sore. Di stasiun dijemput mba Ima, terus ke rumah mba Ima, unpacking dan mandi, terus diajak makan ke cinggu-chagiya lagiii, horee!! Kali ini bisa makan daging doong, soalnya disponsori oleh mba Ima. Aku makan daging, terus ramyeon, sama bubble drink rasa honeydew (I love honeydew). Semuanya ENAK! Tapi, aku sampe kekenyangan, yang mana itu perut sudah kenceng banget, aku sampe ke kamar mandi karna kondisi darurat. Tapi ku senang sekalii. Sambil pulang tadinya kita mau lihat air mancur warna-warni yang pandai bernyanyi, tapi ternyata malem ini mereka ga main, wkwk. Jadinya yaudah cuma liat2 gedung sate di malam hari saja.

Pagi harinya kita naik ke Bukit Moko. Serem juga sih karna naik pakai city car tapi Alhamdulillah sampai dengan selamat. Aku sudah agak-agak lupa sama mba Ima kemana saja. Pokoknya ke Bukit Moko, terus ngemil di warung Podjok yang kala itu hits banget setelah dipopulerkan oleh bude Anti, dan diajak juga sarapan bubur yang kalo piringnya dibalik buburnya ga tumpah. Oiya, pas malem aku sama yafi nginep di rumah mba Ima, kita jalan2 berdua doang. Pertama makan burger "brother John" deket rumah mba Ima. Burgernya enak, enak bgt, ingin bgt makan itu kalo ke bandung lagi. Dan toiletnya lucu bgt karna dindingnya cermin semua, jadi bisa bikin efek seribu bayangan. Pas aku mau instastory-in itu toilet, videonya malah kekirim ke ipeh sama ke siapa begitu, wkwkwk. Habis makan burger kita gojek ke PVJ. Baru kali ini gue naik gojek ke PVJ, terus lewat jalan tikus yang sempet bikin deg degan, "ini gue ga diculik kan?" Sesampainya di PVJ, jajan lagi beli Domino pizza, terus beli tas buat oleh-oleh Fadhil, terus ke Daiso, terus jalan lagi sampai capek kakinya terus pulang naik gocar.

Nah di hari terakhir, kita ditransfer tu ke bude Tanti. Sama bude Tanti kita dianter beli batagor dan siomay titipan anak kelompok koas, makan siang disana, terus Yafi dianter bude ke tempat asrama. Oiya, paginya kita sempet jalan-jalan di Teras Cihampelas, foto2 disana. Habis Yafi dianter ke asrama, bude nemenin aku ke Baltos, beli baju disana. Selesai deh liburan di Bandung untuk kali kedua. Balik ke Jogja naik Lodaya, makan malamnya Hokben seperti biasa.

Mei-Juni-Juli 2017. Stase Obsgyn! Haduh, tulis stase obsgyn saja aku sampe menghela nafas. Memang stase ini tu traumatik bgt buat kami sekelompok. Lucunya di stase ini DPK nya diacak. Jadi aku se-DPK sama Vita dan Ngeni, random bgt kan. Terus dapet DPK super duper baik dr. Andanu. Terbaek banget memang! Teruuus, yang kagetnya lagiii, aku dapet jejaring mana coba?? Pati! Jejaring yang terkenal dengan "partus party" nya alias bakal dapet banyak banget ibu lahiran di sana. Astaga :O

Sebelum ke Pati, aku dengan gemeli baru Husni menjalani stase di Puskesmas Jetis selama 2 minggu. Astagaa, walopun di Puskemas ini seloo, kami berdua jaga ding-dong dooong. Sehari jaga malam, sehari enggak, lusanya jaga lagi. OMG! Tiring bgt cuuuy. Ya, walopun gabut tapi kan capek ya di PKM terus. Sudah kayak anaknya bidan disana kita, lebih tepatnya kita menginvasi mereka sih. Tidur di ruang bidan, buka bersama, sahur bersama, kadang dibagi makanan juga. Enaknya di PKM pas buka dan sahur sering dibikinin minum, teh anget, sama yang suka nyiapin makanan disana. Lumayan lah, dan ada tv juga jadi ada hiburan lah. Di PKM ini bidan nya ada banyaaaak bgt. Ada bidan senior, bidan magang, mahasiswa kebidanan, mahasiswa keperawatan. Pusing ga itu. Seneng bgt sama bidan-bidan magangnya, ada mba Tami, mba Yayang, mba Tesa, mba Dina, dkk. Terus seneng juga kalo jaga malam ada temennya mahasiswa akbid/akper. Jadi banyak bgt teman nya, walopun mereka masih muda-muda, cuman ga tukeran kontak kita. Aku cm follow2an Instagram sama sherlyn.

Selama di PKM ini aku berangkat pulang selalu naik gojek. Terus pas itu lagi bulan puasa :( Buka puasanya beli pakai gofood. Kadang bareng mba bidan, kadang pesen sendiri. Terus aku sama Husni tu pencitraan jadi anak rajin ke dokter umum yang jadi PJ kita disana, dr. Kristin. Kita tidak pernah membolos dan selalu standby. Pas kita sudah akhir-akhir stase di PKM, ada drama dooong. Jadi disana ada 2 bidan yang paling senior, salah satunya dipanggil "nenek". Nah tapi kalo dari senioritas kerja, bidan senior satunya itu lebih superior dibanding nenek. Aku sama Husni ya gatau masalah nya apa.. Cuman pas siang kita standby, nenek ini nelpon anaknya, katanya nenek merasa sudah ga diperluin lagi dan mau pensiun awal, nenek mau pensiun, ASAP. Aku, Husni, sama bidan magang yang lagi ada disana cuma bisa tatap-tatapan doang.

Dan ada lg ceritan yang kocak. Jadi ada mba bidan disana, namanya mba Tesa. Mba-nya ini pakai wig. Kan kita sudah sering ketemu ya selama 2 minggu. Terus, pas sudah akhir2, Husni tu bilang, "kok rambutnya mba Tesa ada yang aneh ya"
"Aneh kenapa?", kataku.
"Aneh, soalnya bisa liciiiin gituuu"
"Lah, kan pakai wig. Ya memang kayak begitu"
"Hah? Pakai wig?"
"Hah, kamu gatau hus kalo itu wig?"
Wkwkwk, kok bisa-bisanya Husni tu gatau kalo itu wig, ckckck.

Setelah 2 minggu, akhirnya pergilah kita ke Pati :(
Yaampun cuy, kalian tahu ga sih, hari pertama di puskesmas dan hari pertama di Pati tu aku langsung jaga malam! Bayangkan langsung jaga malaaam :(( Aku sama Husni jadinya jaga ding-dong sebulan penuh!!! Ya walopun akhirnya bisa dilalui juga, tapi aku jadi bayangin dulu kuat banget ya sebulan ding-dong. Sudah begitu 2 minggu ke depan masih saja jaga malam tiap 3 hari sekali.

Di Pati ini kalo siang panas bgt. Kamar kosan nya standar sih, nyaman lah. Dan masih dapet puasa disini. Jadi tahun 2017 aku lebaran di Pati, tidak bersama keluarga :(

Karna jaga nya ding-dong, otomatis bakal capek kan ya, jadinya aku cukup menjaga pola makan (aku kalo kepaksa jadi bisa hidup sehat, tapi kalo lagi santai sudah ga kekontrol lagi makannya). Aku selalu beli buah, biasanya jeruk sama kiwi. Tiap hari makan buah. Tapi, hampir tiap hari juga makan mie instan kalo ga ada makan buat sahur, hehe. Alhasil selama 4 minggu di Pati bisa survive. Cuma sempet beberapa hari sakit perut kayak masuk angin begitu.

Di Pati ini selain kami ada koas dari Untar. Seneng banget tapi ada anak Untar, kita jaganya rame banget! Jaga malam minimal 3 orang, maksimal bisa 5 orang kali. Sering diajak makan diluar sama anak untar, karna mereka bawa mobil (nadila sama iik juga bawa mobil ding). Ada anak untar yang baiknya keterlaluan, hehe, namanya Eca. Ga ngerti lagi dia baik bgt. Seneng bgt kalo jaga sama dia, karna dia bakal ngajarin banyak hal. Dia baik sama temen, sama pasien, bidan, sama semua orang. Selalu ceria, tersenyum, nyapa. Yaampun, malaikat bgt. Ga tau deh dia kok ga ada capeknya. Kalo kuotaku cuma 1gb, kuota Eca 16gb kali ya belum lagi bonus-bonusnya. Terbaik memang. Oiya, di Pati ini aku berangkat berlima: aku, Husni, Nadila, Iik, dan Flo. Dan karna bawaanku "wangi" ya, jadi selama aku jaga yang namanya partus party tu ga ada, wkwk. Dan, karna jaga ding-dong itu, tiap bisa tidur di kamar kosan tu rasanya enak banget cuy, surga dunia! Matiin lampu, nyalain AC, tidur nyenyak. Karna saking capeknya, aku pernah habis jaga malam ponek, paginya pulang, aku KETIDURAN coba! Ngawur banget aku ketiduran sampe jam 9. Habis itu aku langsung mandi dan berangkat ke poli. Fiuh, untungnya ga ketauan sama dokter spesialisnya.. Parah banget sih itu.

Pokoknya, momen bisa pulang ke kosan, tidur di kosan, tidur siang (?) itu adalah momen terindah selama koas di Pati. Pernah waktu itu hari Senin aku jaga malam, eh hari Selasa nya ada maju kasus dan semua koas harus ikut. Itu sampe jam 10 malem coba. Dan lanjut makan bakmi sampe jam 11an. Makan bakmi nya gapapa sih tapi, hahaha. Momen lain yang menyenangkan yaitu main board game sama Kevin Harlan, jalan-jalan ke Kudus sama kevin dan Widy, nonton korea sama Widy, dan kulineran (apalagi kalo ditraktir dokternya, hehe). Kulineran nya makan bandeng bakar, sate kambing, tahu telor, nasi goreng, bandeng bakar lagi, tahu telor lagi, soto kemiri. Yang belum aku cobain itu nasi gandul (parah bgt sih ini khas Pati tapi belum pernah makan) sama sate kerbau. Makanan deket kosan ada tahu telor (favorit) terus ada kayak Coffee shop mungil juga yang jadi tempat nongkrong aku sepulang tarawih. Tiap ga jaga malam, apalagi pas 10 hari terakhir, aku usahain bgt buat tarawih di masjid. Deket masjid situ ada yang jual buah, dan kalo pulang suka beli kopi sama roti bakar dulu. Pernah juga iseng mau explore daerah deket kosan. Jalan kaki cari tempat makan baru. "Makan, makan sendiri, tidur, tidur sendiri"

Oiya, waktu itu ada kejadian lucu. Aku nongkrong di tempat kopi mungil itu, terus Husni sama Flo nyusulin aku. Flo ceritanya ingin ngemil, dia pesen roti bakar. Tahu ga? Mas nya habis itu keluar, pulang-pulang bawa kresek isi roti tawar, WKWK. Semungil itu tempat ini sampe ga nyetok roti tawar. Dan, satu lagi momen yang paling aku elu-elu-kan, momen yang bikin bertahan 4 minggu di Pati adalah sesi curhat di kamar kos dengan Husni dan Nadila. Akhirnya kita bisa ngomong apaa saja bertiga, saling sedih, capek, curhat lah pokoknya. Aku sm Husni yang sama sama introvert dan sudah bersama sejak di puskesmas sering merasakan hal yang sama. Sering capek karena kuota sosialnya terbatas, hehe. Pokoknya, sesi curhat di kamar kos ini yang aku kangenin bgt dari stase obsgyn Pati.

Habis ini stase anestesi. Huff. Ini lagi, sama2 traumatik kalo buat aku. Lanjut di part berikutnya saja yaa.. to be continued


Teras Cihampelas

Honeydew ma Luv!
Warung modjok yang hitsss
Bubur yang kalo piringnya dibalik, ga tumpah!
Burger brother john's!!! Enak banget!!!
Ini toilet yang banyak cermin nya
Last day in puskesmas jetis, kembaran pakai baju biru!
Lebaran 2017 di Pati
Terima kasih dr. Ide, kami boleh lebaran di rumah dr. Ide :)
Harlan dan pacarnya yang jago cover dance kpop
Tempat ngopi mungil deket kosan

Mirror selfie @kosan, after telat masuk poli jam setengah 10! Parah memang, ckck
LAST DAY IN PATI. WE SURVIVED GUYS! THANKYOU

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa