Sekolah Artis

Kalo inget jaman-jamannya masih pake seragam putih biru tua, rasanya pengen ngekek sendiri. Dalam hati mbatin, "kok ya bisa-bisanya dulu aku semalu-maluin itu"

Waktu pertama kali masuk smp, kami anak-anak perempuan yang beranjak remaja rata-rata punya kebutuhan yang sama; teman, main, belanja, photo box, kakak kelas yang cakep.

Poin yang tak garis bawahi, entah kenapa bisa punya kekuatan magic yang bikin kita melting biar disimpen di freezer sekalipun. Aku dan teman-teman (Yersya, Maya, Lela, Dendra, Nindi, Flera), udah punya cimcimman masing-masing. Dan, tiap cowok kita sukai selalu kita kasih nama baru sesuka hati. Misalnya aja ada Mas Jeje, mas cantik, mas muka komik, dkk.

Gara-gara cimcimman yang bikin melting itu, kita kadang suka bareng-bareng ke kamar mandi yang notobene deket deretan ruang kelasnya anak kelas tiga itu. Soalnya, biasanya anak-anak kelas tiga tu pada suka nongkrong di depan kelas. Ada lagi. Kalo ada yang mau bayar SPP di ruang TU, kita pasti udah ngekor aja kayak lagi simulasi gempa. Masalahnya, kalo mau ke TU itu kita bakal ngelewatin lorong yang isinya ruang kelas tiga semua. Omo, pokoknya kita tu di sekolah niatnya bukan belajar lagi, tapi ngecengin anak kelas tiga.

Kalo cimcimman ku itu, vokalis band. Aku inget banget aku pertama kali liat dan denger suaranya, dia pas lagi nyanyi Up Town Girl. Dia juga skateboarder. Jadi aku suka nongkrong di depan aula ngeliatin dia seluncur sana seluncur sini. Tiap hari kerjaannya nongkrong. Tobaaaaaaaaaaat.

Disamping cimcimman kita masing-masing, ada seorang kakak kelas yang ngguanteng banget, inisialnya cnw. Kita yang punya cimcimman masing-masing pastinya usaha dong, biar bisa kenal sama mereka. Nah, cnw ini cimcimman kita bersama. Artinya, kita semua mengakui hitam di atas putih kalo dia tu emang ngguanteng. Kita so pasti punya nomer hp nya di kontak kita. Dan yang pasti, kita semua pernah sms dia.

Nah, lucunya, cnw ini cuma bakal bales sms kita kalo kita smsnya itu alay (ya bisa dibilang begitu. Tapi, jaman-jaman smp dulu kan alay emang trending topic number one. Jadi, kalo loe enggak alay, loe enggak usah deh jadi temen kita-kita). hehehe

KIta suka ngusilin cnw dengan sms-sms gak penting, yang contohnya kayak gini:
Kita liat cnw di kantin, beli gorengan. Kita sms
"Mas, suka makan mendoan ya".
Kalo inget, aku jadi pengen minta maaf sama semua mas-mas yang pernah kita usilin dan kita bikin risih dan ilfil. Mereka seharusnya bisa belajar dengan tenang, eh, kita malah nggangguin mereka.

Tapi, hebatnya kita, kita selalu up to date sama prestasi mereka lo. Jadi, di smp 5 setiap hari senin-rabu-jumat tu ada yang namanya Gladhi dan Gala. Gala tu semacam jam pelajaran tambahan buat membimbing murid-murid kela tiga untuk menyongsong uan dan Gladhi tu semacam evaluasi rutin yang hasilnya anti dijadiin patokan buat nentuin kamu bakal ada di kelas Gala mana. Kalo peringkatnya di atas, kita bakal masuk Gala 1. Tapi, kalo kita sampe jadi juru kunci, kita bakal nangkring di Gala 10 dan pastinya itu enggak enak banget.

Cimcimman kita itu selain ngganteng juga pinter. Cnw terutama. Dia mesti kalo enggak di Gala 3 ya Gala 4. Tiap ada Gala, kita pasti ikutan pulang sore. Kita suka ngintipin cnw yang emang hobi duduk di deket jendela. Wakakaka.

Pernah ada satu kejadian lucu, menurutku lucu, sekaligus memalukan.

Aku dan teman-teman lagi jalan-jalan, pas jam istirahat pastinya. Kita jalan di daerah deket kelas 9E, kelasnya cnw. Nah, bejonya kita, kita ketemu sama gerombolannya cnw and the gank.

A: Eh, berani manggil gak?
B: Berani, berani, manggil ya?
C: Ya, sana panggil.
A: Eh, minta fotonya sekalian sana.
C: Iya, cepet panggil selak jauh.
B: Mas C****!

Eh, cnw and the gank nengok semua. Si B, yang aku lupa siapa, langsung diem. Beberapa saat kemudian, aku sadar kalo telunjuknya nunjuk ke aku. Artinya, cnw taunya aku yang manggil.

Aku: Mas, boleh minta fotonya?

Aku enggak tau, mukaku pas ngomong kayak apa. Yang pasti, sekarang aku MALU banget pernah ngomong kayak gitu ke seorang kakak kelas. Mending kalo dia artis. Artis emang kerjaannya dimintai tanda tangan sama foto. Jadi, ya udah kewajiban mereka dan udah jadi hal yang umum. Bahasa sosiologinya, sebuah konformitas lah kalo kita minta foto sama artis. TAPI ini? Minta foto kakak kelas?

Cnw: Aku makan dulu ya dek. (cnw ngomong sambil meragain kalo dia mau makan. Tangannya kayak lagi pegang sendok sama garpu, terus disuapin ke mulutnya)

Aku: Hhe, iya.

Haduuuuuuuuuuuh. Aku enggak mbayangin betapa ilfil nya cnw. Aku enggak mbayangin sampe kapan temen-temennya cnw ngetawain kita. Ato malah, aku enggak bisa mbayangin betapa irinya temen-temen cnw gara-gara kita enggak minta fotonya. Ato, aku enggak mbayangin betapa bangganya mereka yang baru tau kao cnw itu sekarang udah jadi artis ibukota baru. Ato, aku enggak mbayangin sampe kapan mereka enggak mau makan gara-gara masih enek liat kelakuan kita.

Omooooooo.

Enggak cuma itu aja sih kejadian-kejadian lucu yang pernah kita alamin. Pernah, si M hampir nabrak taneman gara-gara pas jalan gak ngeliat depan, malah ngeliatin cimcimman nya yang ada di dalem kelas pas kita ngelewatin kelasnya.

Huaaaaaaaah. Jaman-jaman smp rasanya udah lamaaaaaaaaaaa banget. Kayak album foto yang udah berdekade-dekade gak dibuka. Sampulnya sudah berteman debu setebal 3 kilometer. Masalahnya, di sma ini sejak pertama kali masuk aku enggak ngecim kakak kelas satu pun. Paling paling ya mas ipang. Itu juga soalnya mas ipang itu satu-satunya cowok cakep di sana. Oase di tengah padang pasir gitu lah. Tapi, aku enggak berani sms ato apa gitu. Jadi, putih abu-abu ku no more malu-maluin di depan kakak kelas. Malu-maluin nya cuma di kelas aja.

TAPI, AKU KANGEN BANGET JAMAN-JAMAN PUTIH-BIRU TUA ITU. AKU KANGEN SEMUANYA.
PAWITIKRA JAYA!

:')

Comments

Popular posts from this blog

One Day Before My First Tentamen

Sweetest-2-months part2: Homesick, JJS naik mobil Bu Lurah, dan Bonding Nite Diketawain Abida

99 Naga di Langit Eropa